Home Investasi Cara efektif terhindari dari investasi bodong

Cara efektif terhindari dari investasi bodong

by Lara Nifa

Investasi kini menjadi gaya hidup bagi para kaum milenial yang sudah melek finansial. Banyak hal yang menjadi tujuan dari berinvestasi mulai dari sekedar mencari keuntungan, hingga sebagai tabungan yang dipersiapkan untuk masa depan agar bisa pensiun dengan nyaman dan merdeka secara finansial. 

Banyak sekali ragam dari produk investasi yang bisa dicoba untuk memulai berinvestasi. Mulai dari investasi emas yang minim resiko, property, hingga saham, obligasi, reksa dana dan produk investasi lain yang memiliki resikonya masing-masing. Semua produk investasi tersebut memiliki jangka waktu, keuntungan, serta resikonya masing-masing yang bisa kita pelajari dan kita pertimbangkan dalam melakukan investasi. 

Dalam melakukan investasi, kita acapkali mendapatkan banyak sekali tawaran untuk berinvestasi dengan berbagai macam keuntungan. Tak sedikit pula yang menawarkan keuntungan yang cukup fantastis dan menggiurkan. Walaupun menarik, kita harus waspada karena bisa saja ternyata penawaran tersebut databf dari penipu yang menawarkan investasi bodong yang tentu saja pada akhirnya akan menimbulkan kerugian bagi para investornya.   Lalu bagaimana cara untuk menghindari investasi bodong yang bisa menimbulkan kerugian? Yuk mari kita simak tips yang efektif untuk menghindarinya.

Cara efektif terhindari dari investasi bodong

  • Keuntungan besar dan tidak masuk akal? Waspada!

Keuntungan besar dengan tempo yang relative cepat pasti sangat menggiurkan. Tapi ketika pola perhitungan return sudah tidak masuk akal dan juga penawaran yang terlalu membuai, kita harus waspada! Sangat mungkin itu adalah investasi bodong yang bertujuan untuk menipu memanfaatkan orang-orang yang memang mengejar keuntungan besar dari berinvestasi. Hindarilah tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan yang tidak masuk akal walaui dalam jumlah investasi yang kecil dan tempo yang cukup singkat. 

  • Cek dulu izin dan legalitasnya

Semua lembaga atau badan usaha yang berhubungan dengan keuangan terutama yang bergerak pada pengelolaan keuangan milik orang banyak harus memiliki legalitas yang jelas dan juga izin resmi dari pihak yang berwenang yang ditunjuk oleh pemerintah. Hindarilah berinvestasi pada perusahaan yang tidak terdaftar secara resmi dan juga OJK. Kita bisa melakukan pengecekan di portal website BAPPEBTI untuk memastikan apakah perusahaan yang memberikan penawaran investasi tersebut memiliki izin resmi dari pemerintah atau tidak. Apabila perusahaan tersebut menyebutkan izin dari OJK, kita bisa mengecek keaslian izin tersebut lewat portal website yang disediakan oleh OJK. Apabila tidak ditemukan perusahaan tersebut pada BAPPEBTI dan juga OJK, kita lebih baik menghindari berinvestasi pada perusahaan tersebut.

  • Lihat rekam jejaknya

Hal terpenting berikutnya yang harus kita lakukan adalah mencari rekam jejak dari perusahaan tersebut. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, kita bisa dengan mudah melihat rekam jejak dari sebuah perusahaan dengan mengandalkan internet. Dek semua testimony dan juga perkembangan dari perusahaan tersebut. Cek juga sumber-sumber yang mengulas perusahaan tersebut. Jangan sampai kita terjebak oleh review dan testimony palsu dari web-web yang tidak jelas hanya untuk menaikkan traffic dan juga penilaian dari perusahaan investasi bodong. Fokuslah pada review buruk yang ditemukan untuk menjadi pertimbangan apakah perusahaan investasi ini aman atau tidak untuk berinvestasi. 

  • Pelajari tentang perusahaan dan cara pengelolaan dananya

Setelah mencari info tentang izin perusahaan dan juga mengecek rekam jejaknya, kita juga harus melihat dan mempelajari perusahaan tersebut hingga ke cara pengelolaan uangnya. Kita bisa mengecek seberapa besar asset investasi yang dimiliki serta bagaimana pola yang dilakukan dalam pengelolaan investasi serta transparansi dari investasi. Yang harus kita ingat adalah resiko investasi selalu berbanding lurus dengan besarnya keuntungan investasi yang dilakukan.  Lebih baik kita menghindari berinvestasi pada perusahaan investasi tersebut apabila kita tidak bisa melihat pola investasinya secara transparan terlebih lagi yang menawarkan proguk investasi tanpa resiko dengan keuntungan besar. Banyak perusahaan investasi bodong yang memang sudah cukup hebat dalam mempersiapkan semuanya, membangun kepercayaan dengan mempersiapkan perijinan hingga memperkuat review dan testimony tapi pada akhirnya menghilang dan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi para investornya. Dengan melihat pengelolaan keuangannya yang kita komparasikan dengan rekam jejak serta umur dari perusahaan tersebut, kita bisa mempertimbangkan aman tidaknya perusahaan investasi tersebut sebelum kita memutuskan untuk berinvestasi.

  • Jangan latah berinvestasi!

Ini faktor yang ada dari diri kita. Kebiasaan orang-orang pasti akan tergiur ketika melihat orang-orang di sekitarnya mendapatkan angka yang luar biasa dari investasi dan tergerak ingin mencoba tanpa berpikir panjang. Banyak investasi bodong yang memang memulai semuanya dengan sangat baik. Memancing orang-orang untuk berinvestasi dengan menggunakan keuntungan yang besar di awal secara real agar orang-orang mau berinvestasi dan terus memperbesar investasinya, dan ketika investasi yang didapat sudah sangat besar, bisa saja perusahaan investasi tersebut tiba-tiba saja menghilang raib dan meninggalkan investornya tanpa melakukan pengembalian investasi. Jangan pernah tergiur dan latah untuk berinvestasi sebelum melakukan pengecekan dan menggali semua informasi terkait investasi tersebut untuk menghindari semua kemungkinan klerugian yang bisa ditimbulkan. 

Itulah beberapa tips yang harus dilakukan agar kita tidak terjebak pada investasi bodong. Jangan sampai kita jadi mengalami kerugian yang besar hanya karena tergiur dengan keuntungan besar yang ditawarkan oleh asuransi bodong. 

Related Posts