Home Bisnis dan Usaha Cara Dapat Pupuk Subsidi dari Pemerintah Pakai Kartu Tani

Cara Dapat Pupuk Subsidi dari Pemerintah Pakai Kartu Tani

by admin
Cara Dapat Pupuk Subsidi dari Pemerintah Pakai Kartu Tani (pixabay/peggymarco)

Info Usaha – Simak cara dapat pupuk subsidi dari pemerintah menggunakan Kartu Tani, di sini.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Kebumen, Indonesia terdapat dua harga pupuk yaitu pupuk subsidi dan pupuk non subsidi. Keduanya memiliki harga yang jauh beda dan untuk kualitas tak jauh beda. Naturalisasi akan membeikan informasi terbaru terkait pupuk subsidi dan non subsidi yang baru-baru ini menjadi trending topik dunia pertanian.

Pupuk subsidi adalah pupuk yang mendapatkan potongan harga baik dari pemerintah maupun swasta. Pupuk subsidi yang berasal dari pemerintah Indonesia memiliki syarat ketat untuk mendapatkannya seperti harus memiliki kartu tani agar penyalurannya tepat sasaran dan stok mencukupi.

Pupuk non subsidi adalah pupuk yang harga jualnya normal, tidak mendapat potongan harga dari pemerintah maupun swasta. Harga Pupuk Non subsidi terbilang cukup tinggi hampir 2 kali harga pupuk subsidi.

Bagaimana cara mendapatkan pupuk subsidi?

Cara petani mendapatkan pupuk bersubsidi cukup mudah, petani harus memenuhi syarat yang telah dibuat oleh pemerintah. Apa syaratnya?

1. Petani harus memiliki kartu tani

2. Petani harus terdaftar dalan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) pupuk bersubsidi

Ini artinya, bagi petani yang tidak mempunyai kartu tani juga dapat menikmati harga pupuk bersubdi tanpa kartu tani alias cara manual. Dengan cara ini distribusi pupuk bersubsidi semakin mudah dan penyalurannya tepat sasaran.

Bagaimana cara membeli pupuk bersubsidi?

Sementara ini teknis pengambilan pupuk dengan menggunakan kartu tani dengan datang ke kios resmi yang telah dilengkapi mesin EDC (Eletronic Data Capture). Kartu tani digesekkan ke alat EDC kemudian petani memilih pupuk subsidi yang diinginkan sesuai kuota yang telah diisi.

Tenang saja, pemilik kios akan memandunya sampai proses pembelian selesai. Pastikan kartu telah terisi kuota sesuai yang akan dibelinya.

Pembelian pupuk bersubsidi tanpa kartu tani, penerima harus sudah terdaftar pada kelompok RDKK dan mengambilnya di kios resmi.

Itulah cara dapat pupuk subsidi dari pemerintah menggunakan Kartu Tani.****

Related Posts