Home Bisnis dan Usaha Cara Dagang Sukses dengan Modal Sedikit

Cara Dagang Sukses dengan Modal Sedikit

by Lara Nifa
dagang modal dikit

Untuk beberapa orang, mimpi menjadi pengusaha sukses dan hebat merupakan mimpi yang wajib diwujudkan. Namun, hanya sedikit yang dapat mewujudkan mimpi ini. Karena, menumbuhkan bisnis besar dari nol tidak semudah yang dibayangkan. Tapi tahukah Anda jika Anda dapat memulai bisnis dengan modal kecil? 

Baik itu bisnis perusahaan maupun rumahan, pasti akan sulit bila Anda memiliki modal kecil. Tidak hanya soal modal saja, yang penting Anda tidak cepat menyerah dan memiliki mental baja dan harus siap putus asa. Tapi tidak perlu khawatir, terdapat sejumlah tips yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda.

1. Tentukan jenis bisnis 

Cara pertama yang perlu Anda ambil yaitu menentukan usaha apa yang tepat untuk Anda jalanan. Pastikan untuk memilih bisnis yang sesuai dengan selera dan minat Anda. Sehingga, Anda tidak merasa gugup dan berat untuk melakukannya. Jika hobi Anda selama ini adalah tentang menghabiskan uang, ini adalah tempat lain yang baik untuk mulai memikirkan cara menghasilkan uang dari hobi Anda. 

Contoh paling sederhana adalah jika Anda hobi traveling, Anda bisa membuat biro perjalanan, layanan tiket, pemandu wisata, fotografer, dan lainnya untuk memulai bisnis Anda.

2. Lakukan riset 

Riset pasar membantu Anda menentukan kesempatan peluang di bisnis Anda. Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui apa yang sedang dicari orang dan apa yang mereka butuhkan. Oleh sebab itu, perusahaan Anda hadir untuk menjadi solusi dari permasalahan yang muncul. Riset pasar juga dapat membantu Anda mengetahui para  pesaing Anda. Anda tidak perlu takut dengan pesaing Anda sebab Anda dapat belajar bagaimana menganalisis keuntungan Anda kepada pesaing Anda.

3. Mengalokasikan modal dengan benar 

Harus diingat jika ada dua cara untuk mengalokasikan modal dalam berdagang. Yang pertama yaitu penanaman modal, dimana modal dipakai untuk membeli peralatan, perlengkapan dan bahan baku. 

Misalnya, apabila Anda mulai berbisnis laundry, pembelian pengering, mesin cuci dan sabun cuci sudah termasuk dalam biaya ini. Kedua, biaya proyek, yaitu biaya proyek seperti sewa, tagihan listrik, dan gaji karyawan. Dengan mengalokasikannya secara  tepat, Anda dapat menggunakan sedikit modal dengan efektif. 

4. Gunakan peralatan yang ada 

Jika Anda ingin memulai bisnis, Anda tidak selalu memakai alat-alat yang canggih dan baru. Anda dapat memakai alat bekas apa saja untuk menekan modal yang keluar. Setelah itu, jika bisnis Anda berkembang dan Anda tidak dapat lagi menggunakan alat yang ada, yang dapat Anda lakukan hanyalah membeli peralatan yang lebih canggih dan baru. Beginilah cara Anda memulai bisnis jika hanya memiliki modal pas-pasan.

5. Pilih lokasi yang strategis 

Lokasi menjadi pertimbangan terpenting ketika memulai bisnis. Memilih tempat yang tepat untuk sibuk dapat membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Jangan ragu untuk menggunakan ruang kosong di sekitar rumah Anda untuk startup seperti teras atau garasi rumah. Misalnya seperti  Google, Apple, Amazon, Microsoft, dan lainnya adalah contoh perusahaan terbesar di dunia yang berasal dari garasi. 

6. Gunakan sosial media untuk promosi 

Dengan media sosial, Anda dapat memakai kecanggihan media sosial sekarang dengan membuat promosi secara gratis untuk menjangkau banyak orang menjadi pelanggan Anda baik di dalam dan luar pulau. Mulailah dengan gambar lucu dan promosikan setiap hari. Pelanggan akan datang ke toko Anda sebab penasaran. Pemasaran media sosial gratis ini sangat membantu Anda membangun bisnis dengan sedikit modal.

7. Bijak menggunakan modal 

Jangan membeli apa yang menurut Anda tidak Anda butuhkan. Jika modal Anda sendiri tidak terlalu besar, jadi jangan sampai kehabisan modal untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu penting untuk bisnis Anda. Supaya tetap aman, Anda dapat membuat rencana pembelian yang detail untuk menghindari salah langkah saat menggunakan modal usaha Anda nantinya.

8. Libatkan orang terpercaya 

Libatkan orang-orang di dekat Anda misalnya suami, saudara kandung dan sahabat Anda dalam berwirausaha. Mengundang orang berikutnya tidak akan merugikan Anda. Nantinya, ketika bisnis yang Anda rintis tumbuh dan berkembang, Anda dapat mempekerjakan orang dari luar dengan menggunakan sejumlah syarat yang dapat Anda tentukan sendiri.

9. Cerdas membagi waktu 

Ketika Anda mengembangkan bisnis Anda, Anda harus dapat menggunakan waktu dengan baik, efisien menguntungkan dan efektif. Jika perlu, Anda dapat membuat jadwal untuk menghindari pemborosan waktu. Harus diingat jika Anda memindahkan pekerjaan Anda, modal Anda akan terus digunakan tanpa konsekuensi yang terlihat dan Anda mungkin kalah dari pesaing yang membuat bisnis seperti Anda.

10. Selalu berinovasi 

Pada dasarnya semua pelanggan akan merasa mudah cepat bosan. Mereka selalu ingin produk yang berinovasi. Tentu saja, ketika konsumen bosan, mereka pindah ke tempat lain yang lebih menarik. 

Misalnya, di Warung Bakso, Anda bisa mencoba berbagai inovasi bakso yang unik saat ini, antara lain bakso bakar, bakso beranak dan balungan bakso. Hal tersebut pastinya menjadikan para konsumen penasaran dengan bakso tersebut. Untuk itu diperlukan inovasi produk bagi siapa saja yang ingin mengembangkan dan bertahan dengan usahanya.

Related Posts