Home Perencanaan Cara Daftar Online BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar Online BPJS Ketenagakerjaan

by Lara Nifa

BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah salah satu lembaga pemerintah yang meman bertujuan untuk melindungi para tenaga kerja baik itu sipil ataupun swasta. Dengan mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya. Untuk bisa bergabung, Anda bisa daftar online BPJS Ketenagakerjaan.

Melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan cara online sendiri diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk bisa mendapatkan semua fasilitas yang disediakan lembaga ini. Sebelum mengetahui cara daftar BPJS Ketenagakerjaan, maka hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jenis program apa saja yang ada di BPJSTK ini.

Jenis Program yang Diberikan BPJS Ketenagakerjaan 

Secara utama, ada 4 program yang diberikan sebagai jaminan oleh BPJSTK ini, di mana setiap programnya sendiri mempunyai tujuan yang sedikit berbeda. Berikut ini adalah beberapa program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan: 

  • Jaminan Kecelakan Kerja 

Sebelum daftar BPJS Ketenagakerjaan, maka sudah harus mengenal program apa saja yang diberikan. Di mana Jaminan Kecelakaan Kerja adalah salah satunya. Jaminan ini sendiri akan melindung setiap tenaga kerja agar tidak kehilangan pendapatan yang diakibatkan oleh kecelakaan atau sakit yang berakibat cacat atau meninggal. 

Dengan adanya program ini sendiri, para peserta memiliki jaminan yang akan diterima ketika sudah tidak bekerja karena alasan-alasan khusus seperti yang sudah disebutkan tadi. Selain dapat melindungi diri, jaminan ini juga akan memberikan jaminan kesehatan dan juga keselamatan. Tentu saja, pengusaha juga harus membayarkan iuran sesuai angka yang ditetapkan pemerintah.

  • Jaminan Hari Tua 

Jika Jaminan Kecelakaan Kerja adalah untuk melindungi tenaga kerja ketika kehilangan pendapatan karena hal social, maka untuk Anda yang daftar BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua ini akan melindungi Anda dari resiko yang berhubungan dengan social dan ekonomi. Nantinya pihak peserta atau keluarga akan menerima jaminan yang akan membantu mereka. 

  • Jaminan Kematian 

Program berikutnya yang bisa Anda pilih di BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Kematian. Program ini sendiri akan memberikan santunan berupa uang atau bantuan pemakanan bagi peserta yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja. Di mana penerimanya sendiri adalah ahli waris dari BPJS Ketenagakerjaan ini. 

  • Jaminan Pensiun 

Program yang banyak sekali dipilih oleh tenaga kerja adalah Jaminan Pensiun. Di mana jaminan yang satu ini sendiri akan diberikan ketika peserta tidak lagi bekerja, sehingga setiap bulannya akan masih ada pendapatan untuk menyokong ekonomi dari peserta tersebut. Dana pensiun ini sendiri juga akan diberikan pada ahli waris seperti keluarga jika peserta meninggal sebelum pensiun. 

daftar BPJS online

Dengan adanya pemahaman program yang disediakan BPJS untuk para tenaga kerja tersebut, maka Anda dapat memilih mana program yang tepat dan terbaik untuk Anda ikuti. Di bawah ini sendiri ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk bisa daftar BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar Online BPJS Ketenagakerjaan 

Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan melalui online ini sendiri diharapkan dapat membantu para tenaga kerja yang memang tidak punya banyak waktu untuk melakukan pendaftaran secara offline. Berikut ini adalah cara untuk mendaftar BPJSTK dengan cara online: 

  • Kunjungi website BPJS Ketenagakerjaan 

Cara daftar BPJSTK online yang pertama adalah dengan mengunjungi website resmi di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Jika sudah masuk, maka Anda tinggal cari menu “daftarkan saya” dan klik menu tersebut. 

  • Pilih Jenis kartu 

Jika sudah, maka Anda selanjutnya akan dibawa ke halaman baru untuk memilih kartu BPJSTK yang sesuai dengan profesi. Ada 4 jenis kartu yang ada yaitu untuk Pemberi Kerja, Pekerja BPU, Migran dan juga Jasa Konstruksi. Piliha salah satu yang sekiranya sesuai dengan profesi Anda saat ini. 

  • Masukan Data yang Diminta 

Apabila sudah, maka cara daftar BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya adalah dengan mengupload dokumen dan data diri yang diminta. Isilah semua data diri dengan benar serta sesuai, jangan ditambah-tambahi atau berbeda dari dokumen asli. 

  • Email dan nomor telepon 

Nanti, pihak dari BPJSTK juga akan meminta email dan nomor telepon yang masih aktif. Di mana jika Anda sudah mengisi formulir yang ada, maka akan ada balasan ke email yang Anda daftarkan. Di email ini sendiri akan menerangkan lagi langkah selanjutnya yang perlu Anda ikuti. 

Jika sudah mendapatkan email balasan, maka nantinya Anda akan diminta untuk datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan domisili Anda. Di mana nantinya, Anda perlu untuk menyiapkan syarat-syarat dokumen yang diperlukan. 

Dengan cara daftar online BPJS Ketenagakerjaan di atas, diharapkan semua tenaga kerja di Indonesia memiliki jaminan keselamatan, kesehatan dan juga tunjangan hari tua. Di mana hal ini tentu saja akan membantu semua tenaga kerja untuk bekerja dengan perasaan dan mampu bekerja dengan lebih baik lagi.

Related Posts