Home Regulations Cara Daftar Efin DJP Online

Cara Daftar Efin DJP Online

by Lara Nifa
daftar Efin

Setiap negara pasti mengenakan pajak kepada rakyatnya, termasuk di Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, maka Anda pun harus membayarkan pajak sesuai dengan aturan yang berlaku. Bagi Anda yang ingin membayar pajak, sekarang ini tidak perlu lagi repot karena Anda dapat membayar pajak secara online. Untuk bisa membayarnya pun Anda harus sudah terlebih dahulu daftar Efin di DJP online. Bagi Anda yang belum pernah mendaftar, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk mendapatkan Efin.

Manfaat Efin untuk Wajib Pajak

Sebelum mengetahui caranya, maka ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa manfaatnya Efin ini. Berikut ini adalah manfaatnya:

  • Tidak perlu antri

Manfaat pertama mengaktifkan Efin ini adalah wajib pajak tidak perlu lagi untuk mengantri di kantor Dirjen Pajak. Karena seluruh aksesnya dijalankan dengan online, maka Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengantri ketika ingin melaporkan SPT tahunan. Sistem ini sendiri selalu online 24 jam, sehingga Anda tidak perlu bingung mencari-cari waktu.

  • Data terjamin

Manfaat selanjutnya dari Efin ini adalah jaminan keamanan data pajak Anda. Pemerintah sudah menjamin bahwa data Anda akan sangat aman dan tidak akan bocor, sehingga Anda tidak perlu lagi takut untuk membayar pajak secara online ini.

  • Data terekam

Ketika Anda mengaktifkan Efin ini, maka data pajak Anda akan terekam oleh sistem. Hal ini akan memudahkan Anda pada tahun-tahun selanjutnya, di mana Anda tidak perlu lagi melakukan pengisian data dari awal. Mempersingkat waktu dan juga tidak menyulitkan Anda.

Dengan adanya manfaat tersebut, maka Anda bisa melakukan pelaporan SPT tahunan dengan lebih mudah dan cepat. Sehingga Anda tidak akan bingung jika lagi ketika waktu jatuh tempo pelaporan sudah dekat. Karena pelaporan SPT atau pajak yang telat akan berakibat adanya denda yang cukup besar.

Denda yang Dikenakan jika Telat Lapor SPT Online

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa akan ada denda yang dikenakan jika Anda telat melaporkan pajak. Besaran denda yang dikenakan di SPT online dengan manual pun sama, berikut ini besaran dendanya:

  1. SPT PPh akan dikenakan denda Rp. 100.000,-
  2. SPT PPn akan dikenakan denda Rp. 500.000,-
  3. SPT Tahunan badan akan dikenakan denda Rp. 1.000.000,-

Melihat besaran denda yang dikenakan bisa menjadi pengingat bagi Anda agar selalu melaporkan SPT tepat waktu. Sehingga adanya SPT online dan Efin ini akan membantu Anda supaya tidak lagi telat dalam pelaporan pajak.

Cara Daftar Efin di DJP Online

Apabila Anda ingin membayarkan pajak dengan cara online, maka Anda perlu memiliki nomor Efin atau Electronic Feeling Identification Number. Nomor Efin ini hanya bisa diberikan oleh Direktorat Jendral Pajak dan diperlukan ketika Anda akan melaporkan STP dan juga kode billing pembayaran pajak. Untuk bisa mendaftarkan Efin ini, maka tahapan di bawah inilah yang harus Anda jalani:

  • Unduh formulir pendaftaran

Pertama-tama, Anda perlu untuk mendownload terlebih dahulu formulir pendaftaran di situs Dirjen Pajak.

  • Isi formulir

Apabila sudah Anda unduh, print dan isilah formulir tersebut dengan data yang diminta.

  • Lengkapi dokumen

Lalu, Anda perlu melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan seperti KTP asli serta fotokopi dan NPWP asli serta fotocopi. Untuk WNA, harus membawa KITAS asli serta fotokopi.

  • Bawa ke kantor DJP

Setelah itu, Anda tinggal datang saja ke kantor DJP terdekat dengan membawa formulir dan dokumen yang sudah disiapkan.

Aktivasi Nomor Efin

pajak daerah

Setelah Anda sudah mendapatkan nomor Efin, bukan berarti bisa langsung digunakan. Anda perlu melakukan aktivasi yang dilakukan secara online. Berikut ini adalah cara aktivasinya:

  1. Masuklah ke situs resmi dari DJP di alamat https://djponline.pajak.go.id/resendlink.
  2. Setelah login, maka masukan nomor NPWP Anda.
  3. Kemudian masukan nomor Efin yang sudah didapatkan.
  4. Anda akan melihat adanya kode yang tertera di bawah kolom Efin, lalu Anda masukan kode tersebut. Pastikan kode itu sudah benar.
  5. Lalu, Anda hanya perlu klik Submit.
  6. Ceklah email yang sebelumnya sudah Anda daftarkan. Di mana nanti ada balasan email yang berisikan tautan verifikasi dan juga password sementara.
  7. Klik tautan yang sudah dikirimkan, lalu gantilah password yang bisa Anda ingat dengan mudah. Pastikan password bukan tanggal lahir. Buatlah password yang tergabung dari angka dan hurur agar keamanan lebih terjamin.

Itulah cara daftar Efin di DJP online serta cara mengaktifkan nomor Efin. Anda juga sudah mendapatkan informasi lengkap manfaat apa saja yang akan didapatkan dengan mendaftarkan nomor Efin. Di mana Anda tidak perlu lagi repot lagi untuk datang ke kantor pajak dan mengantri. Anda bisa melaporkan SPT kapan saja, selama memiliki jaringan internet.

Related Posts