Home Perencanaan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dan Persyaratannya

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dan Persyaratannya

by Lara Nifa
daftar bpjs kesehatan online

Penyakit atau jatuh sakit adalah cobaan bagi kita semua, atau juga keadaan darurat yang tidak diinginkan siapapun. Akan tetapi, jika Anda ditakdirkan untuk jatuh sakit, maka tidak ada yang bisa menolaknya. Sayangnya, jika suatu penyakit menyerang, tidak semua orang siap membayar biaya pengobatan. Inilah peran BPJS Kesehatan yang dapat membiayai pengobatan peserta yang terdaftar dan membayar iuran kepesertaan BPJS. Tidak semua orang tahu BPJS, termasuk tips dan cara daftar BPJS kesehatan online yang sebetulnya cukup mudah. 

Oleh karena itu, kali ini akan membahas lebih banyak informasi mengenai cara dan syarat bikin BPJS kesehatan.

Mengenal BPJS

BPJS sendiri mempunyai kepanjangan yaitu badan penyelenggara jaminan sosial, yang merupakan badan hukum publik yang dibuat oleh pemerintah untuk mengadakan program jaminan sosial. BPJS sendiri ada dua jenis yang telah kita ketahui tentunya, yaitu BPJS Kesehatan dan juga BPJS Ketenagakerjaan tentunya.

BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang didirikan untuk mengelola program jaminan kesehatan untuk masyarakat. Sementara itu BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum yang dibuat dengan tujuan menyelenggarakan program jaminan ketenagakerjaan untuk para pekerja.

Sedangkan tujuan dari diselenggarakannya BPJS Kesehatan itu sendiri sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan yang terjamin bagi semua orang dari berbagai lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Sementara itu tujuan adanya BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk memberikan jaminan ketenagakerjaan untuk seluruh pekerja yang ada di Indonesia.

Untuk dapat memperoleh layanan dari BPJS, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Baik untuk BPJS sehat maupun untuk ketenagakerjaan, cara daftar BPJS kesehatan online sangatlah mudah, Anda tidak perlu datang untuk mendaftar BPJS.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

BPJS kesehatan online

Di jaman kemajuan teknologi seperti sekarang ini, sangat memungkinkan untuk mengajukan BPJS secara online. apalagi untuk sekarang ini, metode daftar BPJS secara offline alias konvensional sudah tidak efisien lagi. Ini karena prosesnya memakan waktu lama dan perlu antri.

Syarat bikin BPJS kesehatan online dapat dilakukan dengan langkah langkah seperti berikut:

  • Mengunjungi Website BPJS

Hal paling awal yang perlu Anda lakukan untuk daftar BPJS Kesehatan online adalah mengunjungi website atau situs resmi dari BPJS Kesehatan. Situs resmi BPJS yang perlu Anda kunjungi adalah https://daftar.bpjs-kkes.go.id. Sementara itu, Anda juga dapat melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan secara online melalui ponsel melalui aplikasi pendaftaran BPJS Kesehatan secara online.

Sebelum Anda mulai mendaftar, BPJS akan memberitahu Anda mengenai prosedur serta syarat bikin BPJS kesehatan dengan cara Anda hanya perlu untuk memberi tanda centang pada setiap kotak yang tersedia di halaman tersebut. Jika Anda telah menyelesaikan bagian tersebut, maka bisa dilanjutkan untuk tahap selanjutnya.

  • Mengisi Data Diri

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam rangka mendaftar BPJS secara online adalah dengan mengisi data diri yang lengkap dan apa adanya, seperti KTP / KK, nomor NPWP, alamat domisili Anda, dan nomor handphone. Kemudian, centang kotak pernyataan untuk mengonfirmasi bahwa alamat yang digunakan atau yang Anda isi telah sesuai/sama dengan alamat KTP.

  • Memilih Kelas dan Fasilitas Kesehatan

Setelah Anda menyelesaikan tahap sebelumnya dan data diri sudah lengkap, pilih jenis fasilitas kesehatan yang akan diberikan, pemilihan rumah sakit yang direkomendasikan dan lampiran terakhir untuk WNA yang ingin mendapatkan manfaat dari BPJS Kesehatan.

Anda dapat memilih kelas dari Kelas I hingga Kelas III sesuai dengan kebutuhan Anda, karena setiap kelas tentu akan berbeda pula iuran yang akan Anda bayarkan setiap bulan.

  • Mengecek Email 

Biasanya, BPJS Kesehatan akan mengirimkan nomor rekening virtual melalui email. Maka dari itu, Anda perlu rutin mengecek email dan melihat lampiran yang dikirimkan oleh BPJS. Jika cara pendaftaran BPJS secara online sudah selesai pada tahap ini, yang harus Anda lakukan hanyalah membayar ke bank. Setelah pembayaran selesai, Anda juga dapat mengunduh tombol e-ID.

  • Pembayaran Iuran

Langkah dari pendaftaran BPJS selanjutnya yaitu Anda perlu membayar iuran kepesertaan. Anda perlu membayar biaya keanggotaan terlebih dahulu melalui Bank yang dipilih dengan menggunakan akun virtual yang dikirim melalui email Anda. Kemudian cetak dan simpan bukti pembayaran iuran yang sudah Anda lakukan. 

  • Pengambilan Kartu

Langkah atau cara terakhir untuk mendaftar BPJS secara online adalah dengan mendapatkan kartu BPJS di cabang terdekat tempat tinggal Anda. Ambil kartu dengan melampirkan formulir pendaftaran, nomor rekening virtual, dan sertifikat pembayaran kepada pejabat.

Itulah pedoman cara daftar BPJS secara online yang dapat Anda lakukan secara mudah dan cepat. Anda akan bisa mendapatkan kartu BPJS jika sudah menyelesaikan pendaftaran dan melengkapi Cara daftar BPJS kesehatan online yang cukup mudah dilakukan.

Related Posts