Home Perencanaan Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

by Lara Nifa
kartu asuransi kesehatan bpjs

Jaminan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk memberikan asuransi diri terhadap berbagai resiko dalam kehidupan. Untuk menjadi anggota atau member peserta dapat melakukan proses pendaftaran melalui offline atau online. Selanjutnya bisa langsung cetak kartu BPJS kesehatan online

Adanya kartu BPJS kesehatan sebagai langkah utama untuk memberikan bukti kalau Anda telah menjadi anggota aktif dan dapat memanfaatkannya. Tetapi terkadang beberapa hal kartu yang dimiliki hilang dan lupa meletakkannya, sehingga membutuhkan cetak ulang untuk Kartu BPJS tersebut. Apabila Anda merasakan hal tersebut, berikut ini cara melakukan cetak ulang kartu. 

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online

cetak kartu bpjs

Untuk melakukannya bisa Anda ajukan secara online tanpa harus langsung datang ke kantor BPJS, prosesnya pun cukup sederhana dan Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda pahami, simak ulasan lengkapnya. 

  • Download Aplikasi BPJS Kesehatan 

Hal ini menjadi langkah utama untuk bisa melakukan cetak kartu BPJS, karena melalui aplikasi ini semua kebutuhan yang berkaitan dengan BPJS dapat dilakukan dengan tepat. Apalagi aplikasi ini sudah bisa Anda nikmati melalui Android atau iOS. Jika Anda ingin melakukan cetak ulang, pastikan miliki langsung aplikasi BPJS kesehatan online satu ini. 

Kegiatan ini sangat mudah untuk dilakukan, terpenting Anda memiliki akses internet yang baik dan prosesnya akan sangat praktis untuk melakukannya. 

  • Membuka Aplikasi 

Jika proses download sudah selesai, maka langkah berikutnya Anda tinggal langsung membuka aplikasi BPJS Kesehatan Online dan langsung login pada akun terdaftar. Untuk melakukan login Anda tinggal langsung menggunakan email yang telah terdaftar sebelumnya. Tentunya ini akan lebih permudah dan tidak begitu sulit untuk melakukan cetak kartu BPJS. 

Apabila Anda belum memiliki akses, maka tidak bisa masuk sembarangan dan harus memiliki akun yang terdaftar lebih dahulu untuk mendapatkannya. 

  • Memilih Menu Peserta

Setelah Anda berhasil masuk pada aplikasinya, maka langkah berikutnya Anda tinggal langsung memilih menu peserta. Melalui menu tersebut Anda bisa melakukan pengecekan, perubahan, dan lain sebagainya untuk melihat semuanya secara menyeluruh. Kegiatan inilah membuat Anda akan lebih mudah untuk memastikan kalau data yang ada sudah jelas dan benar. 

Ketika kartu BPJS kesehatan ini dicetak ulang sudah memiliki daftar data dan informasi yang jelas untuk memenuhi kebutuhan Anda kedepannya. 

  • Memilih Peserta BPJS 

Apabila semua data yang dilihat sudah benar dan jelas, maka langkah selanjutnya Anda tinggal memilih untuk penggunaannya. Prosesnya Anda tinggal menyesuaikan dengan Cetak kartu BPJS mandiri atau lainnya yang tergantung dengan penggunaan dan kebutuhan masing-masing. 

  • Mengklik Bagian Ikon Email 

Jika semuanya telah dilakukan, maka untuk kebutuhan cetak ulang tersebut kartunya e-ID nya akan dikirimkan melalui email. Untuk langsung mendapatkan notifikasi, Anda harus terlebih dahulu mengklik ikon email pada aplikasi tersebut. Langsung saja memilih pilihan “YA” untuk langsung permudah aksesnya secara jelas dan lengkap. 

  • Langsung Buka Email 

Ketika selesai melakukan proses tersebut, maka Anda dapat langsung melihat dan memastikannya pada kotak masuk email yang telah dicantumkan tersebut. Langsung saja pilih subjek yang ada dan bertuliskan kartu e-ID BPJS kesehatan. Apabila sudah menemukannya, langkah berikutnya Anda dapat langsung mengunduhnya dan langsung melakukan cetak kartu BPJS

  • Langsung Cetak Kartu BPJS 

Apabila semua proses pengunduhan telah selesai, maka proses cetak kartu baru BPJS dapat langsung dilakukan dan Anda tinggal mempersiapkan printernya. Setelah itu, kartu BPJS Kesehatan  e-ID dapat Anda gunakan dan manfaatkan. Hal ini membuat prosesnya sangat mudah dan praktis untuk melakukannya dan Anda tidak begitu sulit untuk melakukannya. 

Langkah Mencetak kartu BPJS Secara Langsung 

Apabila Anda ingin melakukan cetak kartu datang langsung ke kantor BPJS terdekat dengan tempat tinggal Anda, prosesnya pun akan hampir sama dan tidak ada persoalan. Ketika Anda sudah berada di kantor BPJS, maka langsung saja meminta pengajuan pada pihak BPJS untuk melakukan cetak kartu BPJS yang baru. 

Untuk proses ini biasanya akan lebih mendetail, karena untuk mengajukan cetak kartu tersebut membutuhkan surat kehilangan dari kepolisian dan materai 6000 sebagai bentuk legalitasnya. Tidak lupa juga untuk menyertakan dan memberikan dokumen pendukung lainnya sebagai bukti sah yang jelas dan lengkap dalam memenuhi kebutuhan untuk cetak ulang kartu BPJS yang baru. 

Dokumen pendukung tersebut Anda harus menyertakan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat kehilangan dari pihak kepolisian, dan kartu keluarga (KK).  jika Anda sudah melengkapinya, maka pihak BPJS akan langsung memprosesnya. Biasanya kegiatan ini memakan waktu sehari penuh, tergantung dari kebijakan masing-masing kantor BPJS yang ada di seluruh Indonesia. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara cetak kartu BPJS kesehatan online yang dapat Anda coba dan lakukan jika terjadi permasalahan atau kehilangan kartu yang ada.

Related Posts