Home Perencanaan Cara Cerdas Untuk Atur Keuangan Pribadi, Dijamin Aman

Cara Cerdas Untuk Atur Keuangan Pribadi, Dijamin Aman

by Lara Nifa

Saat sudah menginjak umur yang sudah bukan remaja lagi, kamu sudah pada tahap usia dewasa di mana semua hal nyata mulai terbuka. Salah satunya adalah dengan mengatur keuangan pribadi agar tidak boros dan tetap aman. Apalagi kamu sudah dalam rencana ingin membangun masa depan lebih cerah setelah mulai bekerja dan rutin memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. 

Tidak itu saja, kamu sudah ingin memiliki keuangan yang lebih stabil di tengah-tengah kebutuhan yang semakin banyak membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Memang untuk cara mengatur finansial bagi para masing-masing pribadi berbeda satu sama lain. Namun, secara umum tentu bisa disesuaikan dan sama saja.

Tips Mengatur Keuangan yang Tepat dan Dijamin Aman

Dalam kehidupan sekarang kamu harus menyiapkan segalanya demi masa depan yang cerah. Salah satunya bekerja dan memiliki penghasilan rutin setiap bulannya, kemudian bisa mengatur keuangan dengan teratur baik pemasukan dan pengeluaran, menabung. 

Semua itu dilakukan demi keuangan yang stabil dan juga memiliki masa depan. Agar kamu mudah memahaminya, berikut ini adalah tips mengatur keuangan dengan tepat dan bisa dijamin aman. Simak dan perhatikan yuk!

Rutin Menabung

Pertama yang harus diperhatikan adalah menabung demi menjaga keuangan kamu tetap aman. Usahakan untuk menabung secara rutin, sedikit terlebih dahulu tidak masalah. Namun, lebih baik ambil sedikit dari penghasilan yang baru kamu terima, atau menabung di awal bulan dan hidup hemat. 

Menabung sangat penting karena di masa depan tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Apalagi jika menyangkut dengan kebutuhan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setidaknya dengan menyiapkannya di masa sekarang, di masa depan kamu tidak akan kesulitan atau harus mengajukan pinjaman.

Menyusun Rencana Pengeluaran dengan Detail

Tips selanjutnya yang harus kamu ikuti adalah menyusun rencana pengeluaran dengan detail. Bisa dengan pos untuk setiap bulan, itu ada tujuan pentingnya yakni kamu jadi tahu dengan detail bahwa penghasilanmu akan dikeluarkan untuk membeli apa saja dan berapa jumlahnya. 

Sebagai contohnya, kamu akan menggunakan uang/penghasilan bulanan untuk membayar cicilan, kebutuhan setiap harinya, hiburan, tabungan, dan masih banyak yang lain. Semua itu harus kamu catat. 

Usahakan mencatatnya dalam bentuk fisik atau dalam buku, karena untuk jaga-jaga jika file hilang atau menulis catatan secara langsung dalam bentuk fisik dinilai lebih terasa pengeluarannya.

Coba Untuk Investasi

Demi menjamin keuangan yang aman dan mudah diatur dengan stabil, salah satunya adalah dengan cara mulai investasi. Jika menabung adalah mengumpulkan uang dari menyisihkan berapa persen dari penghasilan setiap bulan maka konsep itu sedikit menyerupai dengan konsep investasi. 

Namun, jika menabung bisa dikatakan uang yang kamu simpan tidak akan bertumbuh. Sedangkan investasi, katakanlah kamu menyimpan uang dan uang itu bisa tumbuh dan beranak. Jika kamu masih sangat pemula, kamu bisa mulai dari instrumen investasi yang minim resiko saja. 

Instrumen investasi ada beberapa yang bisa kamu pilih adalah saham, reksadana, obligasi dan masih banyak. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kondisi keuangan, kemudian usahakan untuk memilih yang minim resiko saja agar tidak membuat kamu khawatir karena masih sangat pemula. Mungkin awalnya akan terasa berat, tetapi jangan khawatir karena itu bisa membantumu di saat kamu dalam keadaan darurat. 

Utamakan Melunasi Semua Cicilan dan Hutang Secepatnya

Dalam suatu kondisi memang akan ada banyak hal yang tidak diduga yang mengharuskan kamu harus mengajukan pinjaman atau kredit. Namun, perlu diperhatikan bahwa jika kamu memiliki hutang dan segala macam cicilan, usahakan melunasinya terlebih dahulu secepat mungkin. 

Jangan sampai ada yang bolong (bayar dengan penuh) atau membayarnya terlalu lama. Karena, bunga akan semakin tinggi jika kamu terlalu lama melunasinya, bisa-bisa uang kamu hanya habis untuk membayar bunga saja. Dengan begitu, kamu juga bisa terjauhi dari sifat belanja yang sangat konsumtif.

Menyiapkan Dana Darurat

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, bahwa tidak akan ada yang bisa mengetahui apa saja yang akan terjadi di masa depan. Maka dari itu, untuk mengantisipasinya kamu harus menyiapkan dana darurat dengan baik. Dana darurat akan sangat berguna ketika kamu membutuhkannya. 

Sebab, jika kamu tidak menyiapkannya kamu hanya akan kesulitan saat sedang menghadapi kondisi darurat. Agar kamu mudah memahaminya, sebagai contoh ketika ada kecelakaan kamu harus dirawat di rumah sakit dengan biaya yang semakin lama semakin tinggi tentu saja kamu akan kesulitan jika tidak menyimpan dana darurat. 

Namun, masalah akan segera teratasi jika kamu mengalami masa-masa sulit atau darurat yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, kamu harus mengikuti tips-tips yang sudah disebutkan sebelumnya agar mencapai keuangan yang aman dan lebih stabil.

 

Related Posts