Home Pinjaman Cara Cerdas Melunasi Hutang yang Menumpuk

Cara Cerdas Melunasi Hutang yang Menumpuk

by Lara Nifa
melunasi hutang

Saat situasi ekonomi yang menurun, Anda akan dituntun supaya bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan. Agar dapat menekan pengeluaran setiap bulan supaya tidak menggunung serta membebani kondisi finansial Anda sendiri.

Apalagi bila sedang terlilit oleh hutang dan disi lain juga masih banyak sekali pengeluaran wajib dipenuhi, Anda tentunya harus sesegera mungkin memutar otak agar dapat keluar dari permasalahan finansial yang ada. Sebenarnya bila Anda dapat berpikir lebih bijak dan tenang, ternyata ada solusi terbaik supaya bisa terlepas dari hutang yang menumpuk. Simak cara cerdas dibawah ini terkait melunasi hutang yang sudah menumpuk.

1.       Menyimpan Uang Kembalian

Anda bisa mencari wadah yang bisa dijadikan tempat untuk menyimpang uang recehan dari hasil kembalian setelah berbelanja sesuatu. Salah satu cara untuk melunasi hutang yang sudah menumpuk yakni tidak meremehkan atau mengabaikan kebiasaan mengumpulkan duit receh.

Cara tersebut sangat mudah, Anda hanya butuh mengumpulkan seluruh uang receh dari kaleng bekas atau wadah yang bisa dijadikan celengan. Bila sudah berhasil terkumpul, Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk mencicil utang.

2.       Berinisiatif Melakukan Yard Sale

Apakah Anda tahu bahwa seluruh sampah ekstrak yang terdapat di dalam atau di sekitar rumah Anda adalah dana yang menunggu untuk dicairkan. Lantas bagaimana itu bisa terjadi?

Itu artinya, untuk memperoleh dana tambahan, Anda dapat membongkarnya atau memilih pakaian yang ada di dalam lemari, mainan, peralatan rumah tangga, sampai perabotan serta melakukan yard sale. Pastinya hasil penjualan ini dapat Anda manfaatkan untuk mencicil atau melunasi hutang yang sudah menumpuk.

3.       Mencairkan Uang Tambahan Lewat Aset yang Dimiliki

Tidak ada salahnya untuk Anda memperhatikan harta atau barang dirumah yang telah tidak terpakai. Ketahui juga, menyewakan atau menjual barang tersebut dapat menjadi alternatif jitu untuk memperoleh dana demi mengangsur utang.

Misalnya, peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai, menyewakan mobil atau motor, sampai menyewakan kamar kosong atau ruangan yang tidak terpakai di rumah Anda, semua itu bisa Anda lakukan agar bisa memperoleh penghasilan tambahan yang dapat digunakan untuk mencicil hutang yang ada.

Jangan lupa juga, bila Anda sudah terlanjur memesan tiket konser, hotel ataupun pesawat, sebaiknya untuk membatalkannya. Anda dapat memperoleh uang pengembalian dari hasil refund tersebut, walau mungkin terkena potongan. Akan tetapi jauh lebih baik dibanding uang tersebut terbuang percuma.

 

4.       Melakukan Mediasi untuk Menyelesaikan Utang

Apabila Anda gagal mendapatkan solusi lewat pihak pemberi pinjaman uang, maka melakukan mediasi perbankan dengan menempatkan posisi Bank Indonesia sebagai penengah yang netral dapat Anda tempuh

Sebagai penengah pada posisi netral, pihak Bank Indonesia akan memotivasi dan mengarahkan dua belah pihak. Entah itu debitur dan juga kreditur untuk memperoleh penyelesaian utang yang ada. Pastinya, keputusan yang telah diambil bersifat win-win solution dan dapat menjadi cara terbaik yang harus Anda terapkan.

5.       Mengurangi Pengeluaran

Anda harus percaya bahwa mengganti skema pengeluaran dapat membantu Anda keluar dari  berbagai masalah hutang yang menggunung dengan cepat. Contohnya, bila selama ini Anda menghabiskan antara 50 sampai 70 persen pendapatan untuk kebutuhan konsumsi , lalu sisinya dapat dipakai untuk mencicil hutang yang ada. Oleh sebab itu, untuk Anda menambahkan porsi pembayaran utang menjadi lebih besar.

Caranya dapat dengan melakukan metode penghematan dan meminimalisir konsumsi perhari. Contoh penghematan yang dapat dilakukan, seperti berpindah tempat tinggal bila memang harga sewa tempat tinggal Anda tergolong mahal, atau contoh lainnya dimana Anda lebih memilih menggunakan saputangan atau handuk untuk menekan biaya pembelian tisu.

Tidak hanya itu, Anda dapat memakai transportasi umum atau menggunakan sepeda untuk berangkat ke kantor, dan memasak sendiri serta membawanya sebagai bekal makanan dari rumah, atau berhenti berlangganan TV kabel, Netflix, Spotify dan pengeluaran lain yang sekiranya bisa dipangkas atau bahkan di lepas sepenuhnya.

6.       Mencari Penghasilan Tambahan

Jika upah bulan dari pekerjaan utama Anda benar-benar tidak cukup untuk melunasi atau mencicil utang yang ada. Maka inilah saatnya untuk mencari pendapatan tambahan. Anda harus yakin bahwa Anda dapat menjual kemampuan untuk memperoleh uang tambahan.

Contohnya menjadi seorang gurus musik, melukis, berenang dan lain-lain. Selain itu Anda juga dapat berprofesi sebagai seorang sopir taksi online atau ojek online, menawarkan jasa penulis artikel, fotografi dan penerjemah.

Seperti misalnya menjadi guru les musik, berenang, ataupun melukis. Bisa juga dengan menjadi sopir ojek/taksi online, menjual jasa sebagai penerjemah atau penulis artikel, hingga desain dan fotografi.

Selain menawarkan jasa seperti ini, Anda juga dapat melakukan  berbagai bisnis sederhana lainnya tidak memerlukan modal besar. Contohnya seperti menjual makanan via online, menjual pakaian, membuka kedai kopi di rumah ataupun menjual pulsa.

 

Related Posts