Home Belanja Cara Cepat Cek Tagihan Listrik Secara Online Beserta Cara Menghitung Tagihan

Cara Cepat Cek Tagihan Listrik Secara Online Beserta Cara Menghitung Tagihan

by Greg Pascal
cek tagihan listrik

\Kehidupan masa ini tidak dapat dipisahkan dengan listrik. Listrik bergeser menjadi kebutuhan primer, meskipun di beberapa tempat di Indonesia belum terjangkau olehnya. Bahan bakar penghasil listrikpun kini juga sangat beragam. Untuk Indonesia sendiri yang paling banyak digunakan adalah batu bara, karena dianggap murah sehingga tidak membebani masyarakat saat cek tagihan listrik.

Hal tersebut menjadi perdebatan bagi pihak industri dan pencinta alam. Dan penyaluran listrik nasional dipegang oleh PLN. Dan PLN kini memiliki 2 jenis listri prabayar dan paska bayar. Berikut merupakan perbedaan antara layanan listri prabayar dengan paska bayar.

Perbedaan Listrik Pasca Bayar Dan Prabayar

1. Pasca bayar

Listrik ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Di mana pelanggan dibebaskan penggunaan selama sebulan itu, kemudian total pemakaian akan di tagih di akhir bulan. Apabila pelanggan tidak/ telat membayar maka pihak PLN setempat akan menerbitkan surat tagihan. Dan ketika sudah mendapatkan tagihan 3 kali, pihak PLN akan mencaput listrik di rumah anda.

Bagi anda yang ingin melihat tagihan penggunaaan listrik selama satu bulan sebelum surat tagihan tersebut datang, bisa mengakses secara online atau menanyakan ke pihak PLN langsung. Namun, untuk pembayarnnya harus melalui transfer. Karena kini PLN tidak melayani pembayaran secara tunai.

2. Prabayar

Ini merupakan hasil pembaruan dari sistem sebelumnya, dan mulai di pasang di tahun 2010. Sebagian orang menyebutnya dengan sistem pulsa. Di karenakan sistem pembelian listrik yang ada seperti ketika anda membeli pulsa. Namun, bedanya nominal dikeluarkan untuk membeli berbeda dengan jumlah nilai yang terlihat di meteran anda. Jika nilai tersebut sudah menipis, maka secara otomatis meteran tersebut akan berbunyi.

Sebenarnya bunyi dari meteran tersebut dapat dihentikan dengan menekan salah satu angka yang ada secara bebas. Namun, hal itu ditakutkan membuat listrik di rumah anda mati tanpa pemberitahuan. Dan jika sudah begitu alarm tersebut tidak dapat atau sulit untuk dinyalakan ulang.

Bagi anda yang menggunakan listrik pascabayar dan bingung bagaimana jumlah tagihannya, terdapat beberapa cara yang dapat dipilih. Dan yang paling mudah dengan melakukan pengecekan secara online. Berikut cara melihat berapa jumlah listrik yang dibayar bagi mereka yang menggunakan pasca bayar secara online.

cek tagihan listrik

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Melihat Tagihan Listrik

Cara Melihat Tagihan Listrik Secara Online Dengan Website

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, yaitu koneksi internet dan smartphone atau laptop
  2. Mencari cek tagihan listrik di internet
  3. Setelah bisa masuk pilih menu yang top up dan tagihan
  4. Setelah itu pilih cek tagihan listrik
  5. Masukan nomor meter anda, biasanya tertera langsung pada meteran yang terpasang atau kartu ID pelanggan, jika tidak anda dapat mengubahnya dan memasukan ID pelanggan
  6. Kemudian checkout untuk melihat total tagihan listrik yang harus dibayarkan.

Cara Melihat Tagihan Listrik Secara Online Dengan Aplikasi PLN Mobile

  1. Download aplikasi PLN Mobile di play store atau tempat lain yang serupa
  2. Klik top up dan tagihan
  3. Kemudian klik tulisan cek tagihan listrik
  4. Masukan nomor meter dan ID pelanggan, hal ini biasanya ada di kartu ID pelanggan yang diberikan PLN saat pertama melakukan pemasangan meteran, atau jika hilang dapat melihatnya di meteran rumah anda secara langsung
  5. Kemudian pilih checkout untuk melihat total tagihan yang dikenakan selama satu bulan ini.

Selain cek jumlah pengeluaran listrik, anda juga bisa mendapatkan banyak informasi dan melakukan pembayaran listrik prabayar pada web dan aplikasi yang sama. Selain itu, pengetahuan akan listrik memiliki peranan yang penting, jadi tidak ada salahnya jika membacanya. Sebenarnya ada juga cara yang dapat anda coba untuk mengetahui jumlah tagihan yang anda miliki.

Menghitung Jumlah Tagihan

  1. Cari tahu golongan tarif atau batas daya yang terpasang pada listrik anda
  2. Lihat berapa biaya beban per bulan yang ada pada golongan tarif anda
  3. Hitung berapa banyak kwh yang telah anda gunakan
  4. Setelah itu kalikan jumlah kwh yang digunakan dengan tarif per kwh yang dikenakan
  5. Jika sudah tambahkan antara beban per bulan dengan hasil biaya jumlah kwh yang digunakan

Golongan tarif yang disediakan oleh PLN juga beraneka ragam tergantung dengan kebutuhan konsumen tersebut berapa. Untuk memasang aliran listrik di rumah pertama kali, maka jumlah nominal yang dikeluarkan juga lumayan tergantung daerah dan golongan tarif yang dipilih. Untuk itu, akan jauh lebih baik jika anda mempertimbangkannya secara benar berapa banyak kebutuhan listrik yang diperlukan.

Untuk mempertimbangkannya anda bisa menambahkan total peralatan yang menggunakan listrik yang membutuhkan waktu bersamaan. Semakin tinggi golongan tarif maka akan berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan. Jangan sampai memilih golongan tarif besar namun sia-sia tidak begitu digunakan atau memilih golongan tarif rendah sehingga daya listrik tidak kuat dan meteran mati.

Untuk itu bijak dalam memilih dan menggunakan listrik sangat diperlukan. Selain untuk mengantisipasi jumlah membludak saat cek tagihan listrik, juga untuk menjaga bumi. Karena listrik kita berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Related Posts