Home Administrasi Cara Cek Tilang Elektronik

Cara Cek Tilang Elektronik

by Lara Nifa
cek tilang elektronik

Kemajuan teknologi yang ada pada saat ini memang memberikan banyak manfaat di beberapa aspek. Salah satunya adalah adanya tilang elektronik yang saat ini sudah diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia. Adanya sistem baru ini memang memudahkan pihak kepolisian, hanya saja jika Anda melanggar peraturan lalu lintas maka Anda tidak akan mengetahuinya. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara cek tilang elektronik.

Cara Cek Tilang Elektronik

Anda dapat mengecek tilang elektornik ini dengan cara online. Di mana Anda hanya perlu beberapa langkah saja untuk mengetahui apakah Anda terkena tilang atau tidak. Berikut ini adalah cara untuk memeriksa tilang elektronik:

  • Masuk Situs ETLE

Pertama, Anda hanya perlu membuka situs ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement. Setiap kota mempunyai situs yang berbeda-beda. Apabila Anda di Jakarta dapat membuka alamat situs etle-pmj.info. Sedangkan untuk kota lain masih belum ada informasi lengkap, karena sebagian masih melakukan percobaan untuk peraturan tilang eletronik ini.

  • Cek data

Apabila Anda sudah masuk ke situs tersebut, maka pilihlah menu Cek Data. Letaknya ada di atas pada bagian sisi kanan. Nanti Anda akan masuk pada laman menu baru, di mana Anda perlu melakukan pengisian data seperti nomor plat kendaraan, nomor pada mesin kendaraan serta nomor pada rangka kendaraan yang tertulis dalam STNK kendaraan yang Anda miliki.

  • Data akan muncul

Setelah itu, Anda hanya tinggal klik saja tombol Cek Data tersebut. Apabila Anda pernah melakuan pelanggaran lalu lintas dan sudah tercatat, maka secara otomatis data akan muncul. Mulai dari tanggal, waktu, jenis pelanggaran dan besaran denda yang harus dibayarkan. Tapi, jika Anda tidak melakukan pelanggaran maka yang muncul adalah tulisan No Data Avaible.

Meski beberapa daerah sudah menerapkan sistem tilang elektronik, tapi sepertinya masih belom ada informasi lengkap dari setiap daerah bagaimana cara untuk melakukan pengecekan. Meski begitu, sistem ini sudah ada di Jakarta dan lebih baik Anda pahami cara untuk mengeceknya.

Besaran Denda Tilang Elektronik

ilustrasi cek tilang elektronik

Setelah mengetahu bagaimana cara memeriksa apakah Anda terkena tilang elektronik, maka ada baiknya Anda tahu berapa besaran denda yang harus dibayarkan jika melanggar peraturan lalu lintas. Hal ini sendiri akan membuat Anda semakin berhati-hati ketika berkendara, karena besaran dendanya terbilang besar. Berikut ini adalah dendanya:

  1. Apabila Anda melanggar rambu lalu lintas serta marka jalan, maka besaran denda yang dikenakan adalah 500 ribu rupiah atau maksimal 2 bulan kurungan.
  2. Jika Anda tidak menggunakan sabuk pengaman ketika sedang berkendara, besaran denda yang dikenakan adalah 250 ribu rupiah atau maksimal 1 bulan kurungan.
  3. Selanjutnya jika Anda berkendara sambil menggunakan ponsel, maka besar denda yang akan dikenakan adalah 750 ribu rupiah atau maksimal 3 bulan kurungan.
  4. Jika Anda menggunakan kendaraan dengan plat nomor tidak asli atau palsu, maka besaran denda yang dikenakan adalah 500 ribu rupiah atau maksimal 2 bulan kurungan.
  5. Apabila Anda berkendara menggunakan motor dan tidak memakai helm dengan standar SNI, denda yang akan dikenakan adalah 250 ribu rupiah atau maksimal 2 bulan kurungan.
  6. Bagi Anda yang melanggar peraturan ganjil dan genap, maka besaran denda yang dikenakan adalah 500 ribu rupiah atau maksimal 2 bulan kurungan.
  7. Apabila Anda tidak membawa STNK kendaraan, maka Anda bisa dikenakan denda sebesar 500 ribu rupiah atau maksimal 2 bulan kurangan.
  8. Jika Anda mengendarai motor dan berboncengan 3, maka denda yang akan dikenakan denda sebesar 250 ribu rupiah.
  9. Bila Anda melakukan pelanggaran melawan arus, maka besaran denda yang akan dikenakan adalah 500 ribu rupiah atau maksimal kurungan 2 bulan.
  10. Pelanggaran pembatasan untuk jenis mobil, motor atau kendaraan tertentu, maka akan dikenakan denda mulai dari 500 ribu rupiah atau maksimal kurungan 2 bulan.

Sudah dapat Anda lihat, bahwa besaran denda yang diterapkan untuk pelanggaran-pelanggaran tersebut sangatlah besar. Maka dari pada itu, lebih baik Anda tidak melanggar peraturan lalu lintas. Selain menghindari pelanggaran dan denda, Anda juga menjamin keamanan saat berkendara.

Pada saat ini tilang elektronik sudah berlaku di beberapa daerah semenjak tanggal 23 Maret 2021. Beberapa daerah yang sudah menerapkannya adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Riau, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Sulawesi Utara, Jambi, DI Yogyakarta, Banten dan Sumatera Barat. Meski begitu sepertinya penerapannya masih belum bisa 100%.

Itulah informasi bagaimana cara cek tilang elektronik yang bisa Anda lakukan. Sayang, untuk daerah lain masih belum ada informasi lengkap bagaimana cara mengeceknya. Tapi, jika Anda melakukan pelanggaran di beberapa daerah yang belum bisa mengecek secara online, maka akan datang surat tilang yang dikirimkan ke rumah Anda. Apabila kendaraan ternyata sudah berpindah tangan atau dijual, maka Anda dapat langsung melaporkannya ke kantor polisi lalu lintas setempat.

Related Posts