Home Administrasi Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

by Lara Nifa
ilustrasi cara cek tagihan listrik

Di zaman kolonial Belanda yang berjalan sekitar 3 abad lamanya, masyarakat Indonesia menyediakan layanan pasokan listrik di sekitaran abad ke-19 serta membuat sebuah generator tenaga listrik pertama kali. Sampai saat ini listrik kehadirannya sudah semakin penting dan metode-metode pembayarannya pun juga semakin maju dan canggih hingga cara cek tagihan listrik juga bisa dilakukan secara online.

Dulunya generator tenaga listrik tersebut hanya digunakan untuk keperluan pabrik teh dan gula namun seiring perkembangan zaman serta kebutuhan pokok ikut meningkat membuat tenaga listrik juga dipakai untuk sektor lain.

Sesudah negara Indonesia berhasil mengibarkan bendera di tanggal 17 agustus 1945 serta sudah lepas sepenuhnya dari jajahan Jepang, semua pekerja di perusahaan listrik berusaha keras supaya perusahaan tersebut bisa sah dimiliki oleh negara Indonesia.

Di tahun 1961, sebuah perusahaan gas dan listrik yang didirikan presiden Soekarno 27 oktober 1945 diganti menjadi BPU-PLN (Badan Pemimpin Umum Perusahaan Listrik Negara. Kemudian empat tahun setelahnya, BPU-PLN terbagi menjadi dua yaitu PLN dan juga perusahaan Gas Nasional.

Nah, saat ini tentu keberadaan listrik juga semakin dibutuhkan guna untuk menopang berbagai macam aktivitas masyarakat Indonesia. Baik itu keperluan industri, rumah tangga dan lain sebagainya. Metode pembayaran pun juga bisa melalui offline dan online lewat berbagai sarana yang sudah tersedia, dan untuk cara mengecek tagihan listrik secara online juga bisa melalui cara-cara seperti:

Cara Megecek Tagihan Listrik PLN Pascabayar di Hotelmurah.com

Agar bisa mengecek tagihan lewat hotelmurah.com tergolong mudah dan simpel untuk dicoba serta dapat Anda ikuti instruksinya seperti dibawah ini:

  • Menuliskan nomor ID pelanggan serta nomor Hp Anda di kolom atas pada halaman tersebut di kolom Tagihan Listrik
  • Lalu klik bagian lihat tagihan
  • Kemudian tagihan listrik Anda akan muncul serta lanjutkan pembayaran apabila Anda Anda ingin melakukan pembayaran tagihan listrik melalui hotelmurah.com2.

Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN Prabayar di Hotelmurah.com

  • Pertama tuliskan nomor ID pelanggan serta nomor Hp Anda pada kolom atas di halaman tersebut atau di kolom Token Listrik
  • Kemudian pilihlah jumlah token yang Anda inginkan, nominal paling kecil yakni 20 ribu maksimal 1 juta
  • Berikutnya Anda hanya perlu mengikuti instruksi pembayaran yang disediakan.

 Cara Mengecek Tagihan Listrik Melalui Apk PLN Mobile

Menjadi salah satu aplikasi populer serta merupakan aplikasi yang langsung di pegang oleh pihak PLN yaitu PLN Mobile. Aplikasi ini bisa Anda unduh dengan sangat mudah di play store ataupun IOS serta bisa melakukan pengecekan tagihan listrik dan lain sebagainya.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Melalui Android pada Aplikasi PLN Mobile

Untuk Anda pengguna android yang ingin melakukan pengecekan tagihan listrik lewat aplikasi PLN Mobile tentu sangat mudah, sebab pengguna aplikasi perangkat android jauh lebih banyak daripada pengguna IOS. Terkait cara pengunduhan aplikasi hingga pengecekan tagihan listrik juga terbilang mudah, Anda hanya perlu mengikuti tahapan seperti dibawah ini:

  •         Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi PLN Mobil
  •         Jika sudah pilihlah daftar apabila Anda belum mendaftarkan akun di aplikasi tersebut
  •         Sesudah terdaftar Anda login lalu pilihlah menu informasi
  •         Kemudian pilihlah informasi Tagihan Listrik
  •         Lalu masukkan nomor meteran atau ID
  •         Tekan Cari
  •         Nanti Jumlah total tagihan listrik akan ditampilkan

Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN Melalui Email

Metode untuk pengecekan tagihan listrik yang terbilang jarang dilakukan para pelanggan yakni mengecek tagihan melalui email. Hal tersebut mungkin disebabkan cara tersebut terlalu repot serta tidak begitu populer di mata masyarakat.

cek tagihan listrik

Untuk Anda yang mau mencoba cara ini tentu tidak sulit sebab hanya membutuhkan email lalu daftar ke halaman situs resmi dari PLN yang nantinya pihak PLN segera mengirimkan email setiap bulannya terkait nominal tagihan listrik ke para pelanggan. Namun pihak PLN sudah mengubah halaman situsnya sehingga saat ini jika ingin mendaftarkan diri di situs resmi PLN perlu bertanya ke pihak CS terlebih dahulu.

Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN Melalui Telepon

Terakhir merupakan cara yang tergolong mudah serta banyak dilakukan oleh para pelanggan dan tentunya dapat dilakukan dengan mudah oleh seluruh kalangan usia yakni mengecek tagihan listrik lewat cara menelpon. Hal tersebut dikarenakan hanya perlu menghubungi CS PLN dan dapat menanyakan langsung mengenai tagihan listrik dan hal lain.

Pertama-tama Anda hanya perlu menekan 123 untuk bisa terhubung ke pihak CS dan pastinya wajib menambahkan kode area. Contoh seperti kode area Jakarta 021 makan tekan angka 021 kemudian 123. Jika sudah, pihak operator nantinya akan memberi petunjuk dan Anda hanya perlu mengikuti setiap instruksi yang disampaikan. Nah jika Anda ingin mengetahui cara cek tagihan listrik, cara tersebut sangatlah mudah.

Related Posts