Home Perencanaan Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

by Lara Nifa
perlindungan bpjs ketenagakerjaan

Bagi Anda yang masih aktif bekerja ataupun sudah mau pensiun, melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan mungkin sangatlah penting. Mengingat saldo ini nantinya akan bisa dicairkan apabila Anda membutuhkannya. Ada pun cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, di mana lembaga ini memberikan banyak alternatif cara yang dapat dipilih. 

Merunut dari peraturan pemerintah, di mana semua tenaga kerja baik yang bekerja dalam negeri maupun di Negara lain, setidaknya menjadi peserta di BPJS Ketenagakerjaan. Dengan bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka semua tenaga kerja dari Indonesia akan memiliki perlindungan yang mumpuni. Dengan selalu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sendiri akan memberikan motivasi untuk Anda. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan 

iuran bpjs ketenagakerjaan

Bagi Anda yang ingin cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sendiri dapat menggunakan beberapa cara. Tidak perlu khawatir, karena caranya sendiri sangatlah mudah dan cepat. Berikut ini adalah cara agar bisa melihat saldo di BPJS TK Anda: 

  • Website BPJS Ketenagakerjaan 

Cara pertama untuk cek BPJS Ketenagakerjaan adalah dari website resminya. Anda bisa mengunjungi situs  www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Jika sudah masuk ke dalam website, maka selanjutnya siapkan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda yang tertera di kartu yang Anda miliki. Selanjutnya Anda hanya tinggal pilih menu Layanan Peserta. 

Kemudian pilih lagi menu Pilih Tenaga Kerja, dimana nantinya akan ada dua pilihan menu yaitu BPJSTKU dan Antrian Online. Untuk cek saldo, maka Anda bisa memilih BPJSTKU dan Anda akan masuk ke halaman website baru. Di halaman tersebut akan ada beberapa menu, Anda hanya tinggal memilih cek saldo saja. 

Maka secara otomatis akan keluar informasi saldo untuk BPJS Ketenagakerjaan Anda. Apabila Anda belum pernah mendaftar di website miliki BPJS ini, Anda dapat melakukan pendaftaran. Caranya sendiri sangatlah cepat, di mana Anda hanya tinggal menyiapkan nomor BPJS TK dan juga KTP yang masih aktif. Lalu ikuti semua cara yang ada di website tersebut. 

  • Aplikasi BPSJTKU 

Selain menggunakan website, Anda juga bisa cek saldo dengan menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda download terlebih dahulu di Google PlayStore atau IOs. Jika sudah memilikinya, maka Anda hanya perlu untuk memilih menu cek saldo yang sudah tersedia. Apabila Anda merupakan pengguna baru, maka Anda dapat mendaftar terlebih dahulu. 

Cara bagi Anda yang masih baru menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Pertama, Anda hanya perlu mendaftar terlebih dahulu dengan klik “Pendaftaran Pengguna Baru”, apabila Anda sudah mendownload aplikasi. Selanjutnya, Anda pilih kepesertaan yang ada, di mana ada 3 jenis peserta. 

Setelah memilih, maka Anda hanya tinggal masukan data diri yang tertera di KTP dan juga nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda. Selanjutnya, Anda tinggal memasukan email dan juga nomor telepon yang masih aktif. Di mana pihak aplikasi akan mengirimkan kode verifikasi ke ponsel. Jika sudah selesai, maka Anda hanya tinggal memilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

  • SMS Gateway 

Cara selanjutnya untuk cek saldo di BPJS Ketenagakerjaan Anda selanjutnya adalah melalui SMS. Untuk mengecek lewat SMS ini, Anda juga perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika sudah pernah mendaftar maka Anda hanya perlu mengirimkan pesan teks dengan format “SALDO<spasi>Nomor BPJS TK ke nomor 2727. 

Setelah mengirimkan pesan tersebut, tunggulah beberapa saat. Nanti pihak BPJS akan membalas dengan jumlah saldo yang ada di BPJS Anda. Untuk mendaftar pertama, adapun formatnya teks tersendiri, di mana pastikan bahwa Anda telah memegang nomor BPJS, nomor KTP, dan juga menggunakan nomor yang aktif.

  • Menggunakan ATM 

ATM juga bisa menjadi salah satu cara untuk Anda bisa cek BPJS Ketenagakerjaan. Di mana caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi ATM bank yang Anda gunakan. Carilah menu cek saldo BPJSTK lalu tekan ok. Jika sudah nanti pada layar ATM akan muncul keterangan berapa jumlah saldo di akun BPJS Anda. 

  • Datang Langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan 

Cara terakhir untuk bisa melihat isi saldo di BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mendatangi kantor BPJS. Anda dapat mengunjungi kantor BPJS pada jam kerja lalu mengambil nomor antrian. Setelah itu, Anda tinggal menunggu hingga nomor Anda dipanggil. 

Ketika nomor Anda terpanggil, nanti Anda akan diarahkan ke petugas yang memang menangani masalah ini. Anda tinggal memberitahu maksud kedatangan, di mana Anda ingin cek BPJS Ketenagakerjaan dan juga saldonya. Petugas akan senang hati membantu Anda. 

Itulah beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, di mana Anda dapat memilih salah satunya. Apabila memang dari semua cara tersebut, Anda tidak bisa melakukan pengecekan maka ada baiknya Anda mengunjungi kantor BPJS terdekat untuk menanyakan masalah tersebut. Petugas BPJS sendiri akan siap sedia membantu Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Related Posts