Home Perencanaan Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK dan Cara Lainnya

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK dan Cara Lainnya

by Lara Nifa
Cek BPJS Kesehatan

Ketika Anda sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka Anda akan mendapatkan kartu yang menjadi bukti kepesertaan. Kartu BPJS ini sendiri harus Anda jaga, di mana ketika ingin berobat pakai kartu ini akan dijadikan bukti kepesertaan Anda. Tapi ,ketika Anda menghilangkan kartu maka tidak perlu takut. Karena ada beberapa cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK.

BPJS sendiri menyediakan banyak layanan untuk memudahkan masyarakat untuk bisa tetap mengetahui nomor BPJS. Salah satunya adalah hanya dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan atau nomor KTP dan juga bisa menggunakan Nomor Kartu Keluarga. Hal ini sendiri memang untuk mengantisipasi jika peserta kehilangan kartu atau kartu BPJS rusak. 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa mengecek nomor BPJS, di mana Anda bisa memilih salah satu caranya. System yang dibuat BPJS sendiri sudah sangat memudahkan Anda untuk selalu mengetahui segala informasi yang Anda butuhkan. 

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK 

Ilustrasi cek BPJS Kesehatan

Jika Anda memang kehilangan kartu BPJS dan ingin mengetahui nomor kepesertaan, maka Anda bisa cek akun BPJS hanya dengan menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Berikut ini adalah cara-caranya: 

  • Lewat SMS 

Cara pertama agar Anda bisa mengetahui nomor BPJS adalah dengan lewat SMS. BPJS kesehatan sendiri membuka fasilitas SMS Gateway ini agar bisa memudahkan masyarakat untuk mengetahui apa saja informasi yang berhubungan dengan BPJS Anda. 

Caranya sendiri sangatlah mudah, di mana Anda hanya perlu mengirim pesan dengan format NIK<spasi>Nomor KTP lalu kirim ke 087775500400. Nantinya BPJS aka membalas pesan Anda dengan informasi nomor BPJS serta tagihan yang perlu untuk Anda bayarkan. 

  • Lewat Aplikasi BPJS Kesehatan

Selain dengan melalui SMS Gateway yang disediakan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi BPJS yang bernama JKN. Di mana aplikasi ini dapat Anda download di Google Play Store dan App Store. 

Jika sudah pernah mendaftar maka Anda hanya perlu memilih jenis kartu, dalam hal ini adalah NIK Anda. Masukan nomor dengan benar, kemudian klik tombol Cari. Secara otomatis nanti akan muncul nomor BPJS Anda beserta dengan informasi lainnya. 

Apabila Anda belum pernah mendaftar di aplikasi mobile JKN, ada baiknya melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Caranya sangatlah mudah dan cepat, di mana Anda juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas lain yang disediakan di aplikasi JKN tersebut. 

  • Lewat Website Resmi BPJS Kesehatan 

Cara selanjutnya agar bisa mengecek nomor BPJS Kesehatan adalah dengan melalui website resmi. Anda hanya perlu membuka situs www.bpjs-kesehatan.go.id, dimana nanti Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang nomor BPJS yang terdaftar. 

Ketika Anda sudah masuk ke laman situs BPJS Kesehatan, maka selanjutnya Anda dapat memilih menu Cek Iuran Peserta. Di dalam menu ini nanti Anda akan diminta untuk memasukan nomor NIK atau nomor BPJS keluarga Anda yang sudah terdaftar. Pastikan nomor yang Anda masukan sudah benar. 

Apabila sudah, maka Anda akan diminta untuk memasukan tanggal lahir yang tertera di KTP. Selanjutnya Anda bisa memasukan nomor validasi yang sudah tertera, pastikan juga bahwa Anda memasukan nomor validasi ini dengan benar. Jika sudah, maka Anda hanya perlu menekan tombol OK. 

Nantinya website akan ke laman baru yang berisi semua informasi yang Anda butuhkan termasuk nomor BPJS Kesehatan Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mendapatkan informasi berapa tagihan yang perlu dibayarkan serta status keaktifan anggota. 

  • Langsung ke kantor BPJS 

Untuk bisa cek BPJS kesehatan selanjutnya adalah Anda bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat dari domisili. Anda hanya perlu datang pada jam buka atau jam kerja kantor BPJS, selanjutnya Anda bisa mengambil nomor antrian dan menunggu hingga nomor dipanggil. Apabila nomor sudah dipanggil, Anda bisa memberi tahu ke petugas apa maksud kedatangan Anda. 

Jika Anda ingin mengetahui nomor BPJS, maka nantinya petugas akan meminta KTP Anda yang masih berlaku. Nantinya, petugas akan memberi tahu nomor kepesertaan BPJS Anda. Jika Anda memang kartu hilang atau rusak, Anda bisa meminta tolong ke petugas agar mendapatkan kartu baru. 

Itulah beberapa cara cek akun BPJS Anda, dimana secara garis besar BPJS Kesehatan memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat mengetahui segala jenis informasi yang berhubungan dengan lembaga ini. Jadi, memang Anda tidak perlu khawatir ketika kehilangan kartu BPJS Kesehatan. 

Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK adalah solusi yang paling baik. Namun, bagi Anda yang juga kehilangan KTP, Anda juga tidak perlu khawatir karena Nomor Kartu Keluarga juga bisa menjadi solusi. Sangat disarankan bagi Anda untuk segera mengurus berkas-berkas penting yang berhubungan dengan BPJS, jika memang berkas pendukung tersebut hilang atau rusak. 

 

Related Posts