Cara Cek NIk KTP Secara Online

Bagaimana caranya mengetahui Nomor Induk Kependudukan tersebut apabila disatu waktu kita membutuhkannya, namun lupa membawa KTP atau kartu identitas tersebut hilang? Tenang, Anda tidak perlu

Lara Nifa

[addtoany]

cek NIK KTP secara online

Bagaimana caranya mengetahui Nomor Induk Kependudukan tersebut apabila disatu waktu kita membutuhkannya, namun lupa membawa KTP atau kartu identitas tersebut hilang? Tenang, Anda tidak perlu panik untuk buru-buru pergi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Karena sekarang, cukup cek NIK KTP secara online.

Cara Mengecek NIK KTP Secara Online

Nik atau Nomor Induk Kependudukan yang sering Anda lihat dalam KTP (Kartu Tanda Pendudukan), adalah susunan angka unik yang dimiliki oleh seluruh warga negara. Nomor unik tersebut merupakan identitas atau berisi data diri dari setiap orang yang sudah secara sah menjadi Warga Negara Indonesia. Berikut dibawah adalah cara cepat untuk mengecek NIK KTP yang Anda miliki melalui online :

  • Cek melalui Email

Cara pertama adalah melalui email, Anda hanya perlu mengirimkan data sesuai dengan format yang mereka minta, yaitu #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telepon#Keluhan.

Setelah Anda selesai mengirimkan data tersebut, Anda hanya tinggal menunggu jawaban dari pihak terkait. Biasanya mereka akan membalas email tersebut dalam waktu 24 jam, jadi harap bersabar dan selalu cek kotak masuk email Anda.

  • Cek melalui media sosial

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil saat ini juga telah memiliki akun resmi untuk media sosial, yaitu Twitter dan Instagram. Anda dapat melakukan pengecekan secara mandiri melalui kedua sosial media mereka di @dukcapilkemendagri.

Anda juga dapat mengirimkan direct message ke media sosial mereka yang nantinya akan dijawab oleh seorang admin yang bertugas. Selain Twitter dan Instagram, Anda dapat menghubungi Kemendagri melalui akun Facebooknya.

  • Cek melalui SMS atau pesan singkat

Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah mengirimkan SMS atau pesan singkat ke nomor ponsel 0815-3636-9999 dengan format pesannya Cek#KTP#NIK, nomor tersebut merupakan nomor resmi milik Disdukcapil Kementrian Dalam Negeri.

Bila sudah mengirimkan pesan sesuai dengan format yang diminta, Anda hanya perlu menunggu hingga mendapatkan balasan tentang hasil dari pengecekan NIK milik Anda.

  • Cek NIK via WhatsApp

Selain melalui SMS, bisa juga melalui WhatsApp. Anda cukup mengirimkan data yang berisi KTP, NIK sertakan pula kecamatan, kelurahan dan kota/kabupaten seperti yang tertera pada data diri Anda. Silahkan kirim seluruh data tersebut ke nomor 0813-2691-2479.

Setelahnya Anda hanya perlu menunggu balasan dari pihak Kemendagri tentang hasil pengecekan. Melakukan cek NIk melalui WhatsApp akan sedikit lebih lama daripada Anda menelepon call center.

  • Cek melalui situs web milik Kemendagri

Cara berikutnya adalah dengan membuka situs website milik Kemendagri melalui laman dukcapil.kemendagri.go.id bila sudah masuk, selanjutnya pada halaman beranda Anda harus mencari menu e-KTP, lalu isikan Nomor Induk Kependudukan milik Anda pada kolom yang telah disediakan.

Apabila nomor kependudukan Anda valid atau dapat ditemukan, selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman yang berisikan data lengkap sesuai yang ada di KTP.

  • Cek NIK via call center milik dukcapil

Anda dapat menghubungi 1500-537 yang merupakan nomor call center milik dukcapil. Ini memang tidak bisa dikatakan sebagai cara online, tapi setidaknya Anda tetap tidak perlu datang langsung ke kantor dinas catatan sipil hanya untuk bertanya tentang NIK KTP.

Anda hanya perlu menyiapkan Nomor Induk Kependudukan dan nomor yang tercantum di Kartu Keluarga, nanti petugas akan meminta Anda untuk menyebutkan kedua nomor tersebut. Apabila ada ketidakcocokan, maka Anda dapat langsung meminta petugas untuk melakukan sinkronisasi data.

Arti dari NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada di KTP

cek NIK penduduk KTP secara online

Mungkin masih banyak dari Anda bingung atau bertanya-tanya maksud dari 16 (enam belas) digit angka yang biasa kita sebut Nomor Induk Kependudukan (NIK) tersebut, ternyata jejeran angka itu ditaruh pada KTP bukan untuk pajangan semata, melainkan memiliki arti tersendiri.

Berikut dibawah ini adalah 6 (enam) arti dari 16 (enam belam) digit angka tersebut :

  1. 6 angka pertama adalah kode dari wilayah provinsi, kota atau kabupaten serta kecamatan tempat Anda tinggal ketika mendaftar.
  2. 6 angka kedua merupakan tanggal, bulan serta tahun kelahiran Anda. Lalu khusus bagi perempuan, pada bagian tanggal lahir akan ditambah angka 40.
  3. 4 angka terakhir adalah nomor urut dari penerbitan NIK yang diproses otomatis dengan SIAK.
  4. NIK ini berlaku untuk seumur hidup, tidak akan dapat dirubah sekalipun Anda pindah domisili.
  5. NIK hanya akan diterbitkan setelah adanya pencatatan data diri dari penduduk, data tersebut kemudian akan digunakan sebagai dasar untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK), KTP serta Akta-akta pada catatan sipil dan dukcapil setempat.
  6. Apabila nantinya saat Anda mengecek NIK dan data tidak ditemukan atau tanggal lahir, bulan juga tahun berbeda, maka yang dapat diperbaharui hanyalah data kelahiran bukan Nomor Induk Kependudukan.

Itulah tadi 6 (enam) cara yang dapat Anda lakukan untuk cek NIK KTP secara online serta maksud dari jejeran angka pada NIK, cukup mudah dan tentunya Anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengantri di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda semua.

Related Post