Home Featured Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan dan Pembayarannya secara Online

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan dan Pembayarannya secara Online

by Lara Nifa
Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan dan Pembayarannya secara Online

Mengecek tagihan BPJS bisa menjadi kegiatan baru bagi beberapa orang. Karena ada banyak orang yang mempunyai asuransi di negara ini. BPJS Kesehatan merupakan salah satu lembaga yang memberikan program jaminan kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan salah satu perusahaan asuransi kesehatan masyarakat terbesar kedua. Kemudian ada sejumlah layanan kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh BPJS Kesehatan, antara lain:

  1. Pelayanan kesehatan jenjang pertama, misalnya pelayanan kesehatan non spesifik.
  2. Rumah sakit atau pelayanan kesehatan rujukan lanjutan termasuk pelayanan rawat inap dan rawat jalan. 
  3. Layanan bersalin. Pelayanan ini dapat dilakukan pada faskes tingkat pertama atau tingkat selanjutnya. Tetapi, layanan ini hanya menjangkau anak ketiga dan tidak menghitung anak yang masih hidup atau yang sudah meninggal. 
  4. Layanan ambulans Ini untuk pasien yang memerlukan rujukan ke fasilitas kesehatan.
  5. BPJS Kesehatan juga dapat dipakai untuk hampir semua jenis penyakit. Tidak hanya rawat inap dan biaya pengobatan saja yang ditanggung, tetapi bisa menanggung biaya operasi. Berikut penyakit yang bisa ditanggung oleh pihak dari BPJS antara lain: gagal ginjal, bronkitis, asma, diabetes melitus, leukimia, tumor, hipertensi, stroke, kanker, jantung, dan sejumlah penyakit lainnya. 

Manfaat menggunakan BPJS Kesehatan 

BPJS Kesehatan adalah asuransi kesehatan yang secara langsung di kelola oleh pihak pemerintah yaitu sebuah  layanan asuransi yang  lebih terjangkau bagi masyarakat. Ternyata BPJS Kesehatan memiliki beberapa manfaat antara lain: 

  • Seluruh penyakit bisa dicover dengan BPJS Kesehatan 

Manfaat pertama bisa Anda rasakan yaitu saat memakai layanan BPJS kesehatan merupakan semua penyakit dicover oleh layanan ini. Anda bisa menikmati fasilitas kesehatan dengan kelas yang sesuai tertera di kartu BPJS Anda.

  • Membayar iuran sesuai kemampuan 

Terdapat sejumlah kelas yang iurannya bervariasi. Anda dapat menentukan kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. BPJS Kesehatan juga menjadi salah satu asuransi yang terbilang murah. Hal ini disebabkan karena diberikan subsidi silang oleh pemerintah yang menjadikan seluruh biayanya murah daripada dengan jenis asuransi lainnya. 

  • Jaminan seumur hidup 

Umumnya premis asuransi memiliki batas waktu, dilihat dari kebijakan setiap perusahaannya. Tetapi, di BPJS Kesehatan ini jaminannya seumur hidup tetapi dengan syarat Anda harus patuh untuk ketentuan yang berlaku dan juga memenuhi kewajiban. 

  • Pembayaran iuran mudah dilakukan 

Keunggulan lain dari BPJS Kesehatan yaitu akses pembayaran yang mudah sekali. Bpjs telah bekerja sama dengan banyak bank, e-commerce, dan dompet digital untuk memudahkan akses pembayaran iuran asuransi kesehatan. Pembayaran iuran BPJS juga dapat dilakukan di kantor pos terdekat maupun dilakukan secara langsung ke cabang BPJS terdekat.

Tarif BPJS kesehatan 

BPJS Kesehatan tentunya tidak gratis sama hal nya dengan asuransi kesehatan yang lainnya. Untuk Anda yang ini mempunyai jaminan kesehatan BPJS ini terdapat iuran yang wajib Anda bayarkan di setiap bulannya. Tarif iuran nya seperti berikut ini: 

  1. Kelas 1 = Rp 150 ribu 
  2. Kelas 2 = Rp 100 ribu 
  3. Kelas 3 = Rp 35 ribu

Lalu, iuran ini juga akan disubsidi langsung dari pemerintah senilai Rp 42 ribu. 

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan 

Untuk  tarif BPJS kesehatan yang kami tawarkan, Anda bisa merujuk pada tagihan BPJS kesehatan sebagai berikut. 

Website resmi BPJS 

Cara pertama untuk meninjau tagihan BPJS kesehatan yaitu melalui situs resmi  BPJS. Langkah-langkah:

  • Akses website BPJS menggunakan browser yang ada di ponsel atau perangkat Anda. 
  • Klik menu “cek iuran” 
  • Masukkan data yang diperlukan misalnya nomor kartu BPJS kesehatan, tanggal lahir dan kode pengaman atau captcha. 
  • Lalu, pilih “cek”. 
  • Tunggu hingga upload selesai, lalu lihat  layar yang menampilkan daftar tagihan lengkap yang wajib Anda bayar, khususnya denda bila Anda terlambat membayar. 

Cek dari ATM 

Selanjutnya Anda bisa mengecek nya dari mesin ATM di beberapa bank yaitu BCA, BNI, BRI dan Bank Mandiri yang mempunyai layanan untuk mengecek tagihan BPJS. Berikut ini caranya: 

  1. Masukkan kartu ATM Anda 
  2. Masukkan PIN ATM 
  3. Klik opsi “transaksi lain”, lalu pilih “pembayaran” 
  4. Selanjutnya Anda dapat mengklik “lainnya” dan pilih tulisan “BPJS” dan pilih “BPJS Kesehatan”
  5. Masukan nomor VA BPJS yang dimiliki. Lalu, klik “Benar”
  6. Tunggu beberapa saat maka Anda bisa melihat tagihan BPJS nya. 

Aplikasi JKN Mobile

Selain di situs resmi dari perusahaan kesehatan bpjs, Anda juga dapat mengecek tagihan BPJS memakai aplikasi JKN mobile. Untuk melihat tagihan BPJS secara online: 

  1. Download dan install aplikasi JKN Mobile di smartphone yang Anda gunakan terlebih dahulu. 
  2. Buka aplikasi JKN Mobile yang telah terinstal di smartphone Anda dan login menggunakan nomor BPJS Kesehatan Anda. 
  3. Kemudian klik menu “cek tagihan” dan pilih premium untuk tahu berapa jumlah invoice yang wajib Anda bayarkan. Tidak hanya faktur, tetapi informasi tentang denda yang wajib Anda bayar jika telat membayar. 

 

Related Posts