Home Perencanaan Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak dan Besaran Tagihan

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak dan Besaran Tagihan

by Lara Nifa

Bagi Anda yang menggunakan BPJS, mungkin saat ini sedang kesulitan karena lama tidak membayar tentu tidak mengetahui status keanggotaan Anda. Ketika Anda sudah lama tidak membayar, memang ada baiknya segera melakukan pengecekan. Di mana dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara cek BPJS kesehatan apakah masih aktif dan tidak. 

Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak 

Ilustrasi cek BPJS Kesehatan

Agar mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan milik Anda, memang ada baiknya segera mengeceknya. Di mana ada beberapa cara untuk bisa cek bpjs kesehatan masih aktif atau tidak. Berikut ini adalah caranya: 

  • Melalui Website BPJS Checking 

Cara pertama untuk bisa melihat status keanggotaan di BPJS adalah melalui website BPJS Checking. Anda bisa membuka situs https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-cheking. Jika web sudah terbuka, maka Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data di kolom yang kosong. Data yang perlu diisi adalah nomor BPJS, tanggal lahir dan validasi yang ada halaman tersebut. 

Apabila semua sudah terisi, maka selanjutnya Anda tinggal mengklik tombol “Check”. Secara otomatis nanti akan semua keluar informasi yang berhubungan dengan kepesertaan Anda di BPJS, jumlah tanggungan dalam satu keluarga serta jenis BPJS yang digunakan. Nanti akan terlihat apakah kartu BPJS Anda masih aktif atau tidak. 

  • Melalui Aplikasi BPJS Kesehatan 

Demi kemudahan masyarakat untuk melakukan cek BPJS Kesehatan, lembaga ini pun memiliki aplikasi yang dapat digunakan. Jika Anda ingin mengecek status keanggotaan, maka Anda bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi BPJS Kesehatan di Google PlayStore atau IOS. Jika sudah terdownload, maka selanjutnya Anda bisa memasukan nomor BPJS dan juga email aktif. 

Tapi pastikan bahwa Anda sudah terdaftar di aplikasi tersebut. Apabila Anda belum pernah mendaftar, maka Anda bisa klik tombol Register. Anda hanya tinggal mengisi data yang diminta seperti nomor pada kartu BPJS, email dan nomor telepon. Pastikan nomor dan email yang Anda gunakan masih aktif. 

Setelah itu, nanti ada kode yang dikirimkan ke email dan bisa Anda paste ke kolom yang tersedia dan klik verify. Jika kode sudah benar, maka secara otomatis akan muncul informasi kepesertaan Anda di BPJS Kesehatan apakah masih aktif atau tidak. 

  • Menggunakan Chat Assistant dan Voice Interactive 

Anda juga bisa melakukan pengecekan keaktifan anggota Anda melalui Chatting di WhatsApp dan Telegram di nomor 08118750400. Anda juga bisa chat di Messenger Facebook BPJS Kesehatan resmi. 

BPJS Kesehatan juga menyediakan Voice Interactive yang merupakan mesin penjawab otomatis. Di layanan voice interactive ini, Anda bisa melakukan cek status BPJS kesehatan. Di mana Anda bisa menghubungi ke nomor BPJS Kesehatan Care Center di 1500 400.

  • Melalui Petugas BPJS Kesehatan 

Untuk memudahkan masyarakat yang sekiranya tidak familiar dengan ketiga cara diatas, BPJS sendiri menyediakan satuan petugas BPJS Satu atau lebih dikenal dengan BPJS Siap Membantu di rumah sakit. Di mana Anda dapat melakukan pengecekan langsung kepada petugas yang ada di rumah sakit terdekat dari domisili Anda. 

Dengan memilih salah satu cara di atas, maka Anda bisa mengetahui status kepesertaan Anda di BPJS kesehatan. Apabila Anda sudah mengetahui apakah status Anda masih aktif atau tidak, maka selanjutnya adalah mengetahui jumlah tagihan yang perlu Anda bayarkan. 

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan 

Ketika Anda telat membayar iuran BPJS Kesehatan, maka tentu saja ada konsekuensinya. Di mana BPJS biasanya akan menonaktifkan keanggotaan Anda hingga pelunasan bisa terselesaikan. Lalu, bagaimana cara cek tagihan BPJS ini? Caranya sendiri sangatlah mudah. 

Anda bisa menggunakan website seperti yang dijelaskan pada poin untuk melihat status keaktifan. Dimana nanti pada bagian bawah setelah informasi tentang kepesertaan BPJS Kesehatan akan muncul jumlah tagihan yang perlu dibayarkan. 

Selain dari website, Anda juga dapat menggunakan SMS Gateway yang disediakan oleh BPJS Kesehatan . Anda hanya perlu menyiapkan satu data penting, seperti Nomor Induk Kependudukan, Nomor BPJS Kesehatan atau Nomor Induk Pegawai yang Anda miliki. Di mana Anda dapat memilih satu dari ketiga data tersebut.

Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengirim SMS dengan format teks yang telah ditentukan. Semisalnya Anda menggunakan Nomor BPJS maka Anda dapat mengirim pesan dengan format Tagihan<spasi>Nomor BPJS Kesehatan dan kirim ke nomor 087775500400.Nantinya dari BPJS akan membalas pesan tersebut dengan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. 

Ada juga cara dengan menggunakan aplikasi dari BPJS Kesehatan. Di mana jika Anda belum mendaftar bisa melakukan registrasi terlebih dahulu seperti cara yang sudah disebutkan pada cara mengecek status BPJS. Apabila sudah masuk ke aplikasi, maka Anda hanya tinggal memilih menu Tagihan dan pilih Premi. Secara otomatis akan muncul berapa biaya yang perlu dibayarkan. 

Itulah beberapa penjelasan cara cek BPJS Kesehatan apakah masih aktif atau tidak dan juga cara mengecek tagihan yang harus dibayarkan. Dapat disimpulkan bahwa BPJS kesehatan selalu memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengecekan tentang keanggotaan.

 

Related Posts