Home Perencanaan Cara Bijak Mengelola Keuangan Supaya Gaji Tidak Numpang Lewat

Cara Bijak Mengelola Keuangan Supaya Gaji Tidak Numpang Lewat

by Lara Nifa

Untuk Anda yang telah memiliki pekerjaan pastinya menantikan datangnya hari gajian, sebab pada akhirnya seluruh usaha dan tenaga yang sudah dikerahkan selama sebulan dibayar dengan pundi-pundi rupiah di rekening pribadi. Tetapi, tanpa Anda sadari perasaan senang tersebut bisa membuat Anda lupa dan menghambur-hamburkan uang. 

 

Anda akan membeli sepatu dan baju baru atau jalan-jalan serta makan di restaurant mewah bersama teman-teman. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut, asalkan Anda mengerti cara bijak mengelola gaji agar uang Anda tidak cepat habis. Nah, ada beberapa cara bijak untuk mengatur gaji yang bisa Anda terapkan seperti berikut ini. 

  • Buat daftar pengeluaran 

Anda sendiri tentunya tahu apa saja pengeluaran selama satu bulan. Anda hanya harus membuat jadwalnya, lalu Anda kurangkan dengan jumlah gaji yang diterima. Sebab pengeluaran tersebut sifatnya tetap, Anda tidak dapat mengganggu gugat jumlahnya. 

 

Pengeluaran tersebut misalnya biaya transportasi, biaya sewa kost, kuota, servis kendaraan, biaya asuransi dan lainnya. Ingat jika asuransi adalah hal penting yang wajib Anda miliki saat dewasa dan menjadi salah satu investasi yang dapat membantu Anda bila terkena musibah. 

  • Buatlah daftar kebutuhan 

Daftar ini berisi kebutuhan Anda bukan keinginan. Yang artinya Anda harus mendahulukan membeli barang yang dibutuhkan. Biasanya untuk Anda yang masih ngekos, tentu memiliki daftar barang-barang belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, untuk Anda yang masih tinggal dengan orang tua, tentunya memiliki kebutuhan barang pribadi meskipun tidak sebanyak mereka yang tinggal sendiri. 

 

Lalu, daftar kebutuhan ini wajib Anda buat dengan detail. Anda pun harus bisa menentukan berapa jumlah yang akan dibeli dan perkiraan harga barang-barang tersebut, sehingga Anda dapat mengetahui jumlah maksimal yang harus dikeluarkan untuk belanja bulanan. Biaya belanja ini juga dapat Anda buat tetap jumlahnya, sehingga Anda dapat masukan ke daftar alokasi pengeluaran bulanan. 

  • Simpan uang untuk menabung 

Cara selanjutnya agar uang gajian Anda tidak cepat habis yaitu dengan menyimpan uang untuk ditabung. Gaji yang ingin Anda tabung dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada baiknya bila Anda dapat menyisihkan uang dengan jumlah yang banyak supaya tabungan Anda terkumpul dengan cepat. 

 

Supaya uang tabungan tidak tercampur dengan uang untuk sehari-hari, maka Anda dapat membuat dua rekening yang berbeda. Satu rekening khusus tabungan dan yang lainnya untuk kebutuhan sehari-hari. Pastikan untuk tidak menggunakan uang tabungan untuk kebutuhan sehari-hari Anda. 

  • Bawa uang secukupnya 

Anda tidak perlu membawa banyak uang cash di dalam dompet. Bawa uang secukupnya saja dan isi kembali uang cash di dalam dompet Anda hanya saat uang sudah habis. Anda akan berpikir lagi untuk membeli barang-barang saat Anda membawa sedikit uang. 

 

Cara ini cukup relevan untuk Anda yang malas gerak sebab Anda menjadi malas jika harus pergi mengambil uang ke ATM dan lebih memilih untuk tidak membeli barang tersebut. Sehingga secara tidak langsung Anda juga melakukan penghematan. 

  • Buat jadwal keinginan 

Barang-barang seperti sepatu, tas, baju dan barang fashion lainnya akan menjadi pengeluaran paling besar untuk sebagian orang. Padahal nyatanya barang tersebut bukanlah kebutuhan yang wajib dibeli setiap bulannya karena sifatnya yang tahan lama. 

 

Oleh karena itu, Anda dapat menjadwalkan pembelian barang-barang tersebut dua bulan sekali. Namun, Anda harus tetap menentukan jumlah maksimal uang yang harus dikeluarkan. Jangan menghambur-hamburkan uang Anda. Untuk tas dan sepatu, Anda bisa membeli yang baru jika memang tas dan sepatu yang Anda miliki sudah rusak. 

  • Berteman dengan orang sederhana 

Apabila Anda berteman dengan orang yang senang pergi ke restoran mahal, maka Anda juga terbawa untuk mengikutinya, sehingga otomatis pengeluaran Anda menjadi membengkak. Nah, bila Anda berteman dengan orang-orang sederhana, maka otomatis biaya bergaul dengannya tidak akan mahal. 

 

Memilih teman bisa menjadi investasi untuk kehidupan sosial Anda dan juga untuk dompet Anda. Oleh karena itu, pilihlah teman dengan cermat agar Anda tidak terjerumus ke pergaulan yang mahal. 

  • Buatlah daftar pengeluaran harian 

Ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengelola keuangan. Catat semua pengeluaran Anda selama sehari, dapat Anda lakukan dengan cara mencatatnya di smartphone atau secara manual di notebook. Dari catatan tersebut Anda dapat melihat berapa rata-rata pengeluaran Anda dan juga dapat menentukan berapa batas maksimal uang yang boleh Anda keluarkan selama sehari. 

  • Jangan boros di awal bulan 

Hal mendasar yang satu ini sangat penting untuk Anda ketahui agar gaji tidak cepat habis ketika baru menerimanya. Saat Anda berpikir jika Anda sedang memiliki uang yang banyak, maka Anda pun akan berpikir Anda dapat membeli barang apapun dengan uang tersebut. Itulah yang membuat uang gajian Anda habis dengan cepat. Mulai saat ini buang pikiran tersebut jauh-jauh agar gaji Anda bisa sampai akhir bulan. 

 

Demikianlah beberapa cara mengatur uang gajian agar awet yang bisa Anda terapkan mulai sekarang. Selamat mencoba!

Related Posts