Home Tips Cara Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Cara Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

by Lara Nifa
bijak menggunakan kartu kredit

Zaman sekarang banyak orang lebih menyukai menggunakan credit card, karena dianggap mudah, praktis, efektif dan efisien. Apalagi bila Anda sedang tidak memiliki uang cash atau akhir bulan, memang kartu ini bisa menjadi bantuan tersendiri.

Namun, seperti pisau dengan mata dua. Walaupun memberikan banyak kemudahan dalam membantu kehidupan Anda, namun credit card bisa menjadi momok menakutkan bila Anda tidak bisa mengatur penggunaannya.

Alhasil, Anda jadi tidak dapat membayar cicilan, dikejar-kejar debt collector hingga nama Anda menjadi jelek dan di blacklist oleh BI. Bila sudah begitu tentu akan mendatangkan beban tersendiri, lalu bagaimana caranya agar terhindar dari semua itu? Silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Tips agar Anda bijak dalam menggunakan credit card

Tentunya Anda tidak mau bila harus mengalami kredit macet hingga terblacklist oleh pihak BI dan menyebabkan Anda menjadi kesulitan ketika ingin melakukan cicilan lainnya. Berikut adalah tips supaya lebih bijaksana dalam menggunakan credit card :

Hindari hutang

Credit card bukanlah fasilitas pinjaman yang akan diberikan pihak bank secara gratis. Jadi, pahami sebaik mungkin cara kerja dari kartu kredit dan perlu diingat setiap transaksi yang Anda lakukan menggunakan kartu tersebut, merupakan hutang yang wajib dibayar.

Jangan menggunakan banyak credit card

Semakin banyak Anda memiliki credit card, artinya hutang Anda akan semakin banyak. Lagipula memiliki terlalu banyak CC hanya akan membuat Anda semakin tergoda untuk menggunakannya, bahkan bisa jadi Anda tidak sadar bila sudah melampaui kemampuan membayar. Pilih satu atau dua CC yang terbaik dan memberikan Anda banyak manfaat.

Pilih limit yang sesuai dengan penghasilan

Pastikan bila kartu kredit yang Anda miliki, limitnya tidak lebih besar dari penghasilan bulanan. Karena bila hal tersebut sampai terjadi, Anda akan mengalami kesulitan dalam mengontrol penggunaan dan berakhir sulit membayar. Hindari juga menggunakan lebih dari limit yang diberikan.

Tutup kartu kredit yang tidak dipakai

Bila Anda saat ini memiliki kartu kredit lebih dari dua, sebaiknya ditutup salah satunya. Gunakan saja yang memberikan manfaat dan keuntungan paling besar. Sebagai bahan pertimbangan sebelum menutup :

  • Besaran bunga
  • Fitur dan promo
  • Biaya yang dibebankan
  • Keuntungan yang Anda dapatkan

Tutup secara bertahap

Apabila Anda menggunakan kartu kredit lebih dari dua dan ingin menutupnya, lakukanlah hal tersebut secara bertahap. Karena bila Anda melakukannya sekaligus, dapat memberikan pengaruh buruk pada BI checking.

Pilihlah credit card yang memiliki suku bunga rendah

Bila Anda baru ingin menggunakan kartu kredit, carilah credit card yang suku bunganya rendah. Hal ini penting, apalagi bila Anda termasuk orang yang lebih suka mencicil daripada langsung melunasi.

Lunasi tagihan

Biasakan untuk selalu melunasi hutang dari penggunaan transaksi belanja serta biaya-biaya yang menyertai, contohnya seperti biaya tahunan. Jangan biarkan sampai menumpuk atau menunggak., karena nanti skor kredit yang Anda miliki menjadi buruk.

Bayarlah cicilan sebelum jatuh tempo

Hal yang terkadang membuat hutang menjadi bengkak adalah karena Anda membayarnya lebih dari tempo yang ditetapkan. Hindari hal tersebut, karena saat itu Anda tidak hanya membayar pokok namun juga denda. Jadi, biasakan diri Anda untuk membayar tagihan tepat waktu atau akan lebih baik bila sebelum jatuh tempo.

Buatlah anggaran

Ada baiknya bila Anda membuat catatan anggaran bulanan, isinya bisa tentang daftar belanja, daftar tagihan wajib dan lainnya. Walau limit credit card Anda besar, bukan berarti bisa sembarangan dalam penggunaannya. Anda tetap harus memberikan batasan, supaya biaya yang harus dibayar masih dalam batas wajar.

Hindari membayar tagihan menggunakan jumlah minimum

Apabila Anda termasuk pengguna kartu kredit lama, pastinya sudah mengetahui bila ada fasilitas pembayaran minimum. Artinya Anda dapat mencicil pembayaran tagihan dan tidak perlu langsung melunasinya.

Memang dengan begini akan memudahkan dan membuat Anda merasa ringan. Namun, sebenarnya bila Anda menggunakan cara ini, nantinya malah menimbulkan masalah baru di masa mendatang. Karena jangka waktu pelunasan akan semakin lama dan bunga akan terus terakumulasi.

Karenanya hindari cara pembayaran ini, lebih baik langsung melunasinya dan terkena biaya yang cukup tinggi dibandingkan harus mencicil dan malah menumpuk hutang baru lagi. Karena itu belajarlah untuk mengelola keuangan Anda serta pisahkan dana untuk membayar hutang.

Hindari tarik tunai

Sekarang credit card telah difasilitasi tarik tunai agar memudahkan penggunanya ketika dalam keadaan mendesak. Namun, Anda harus tahu bila setiap melakukan penarikan, akan ada biaya dan bunga sebesar 2,5 persen yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Jadi, lebih baik tidak melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit agar terhindar dari biaya besar tersebut.

Demikianlah tips atau cara bijak bagi Anda dalam menggunakan kartu kredit agar tidak mengalami gagal bayar. Biasakan diri Anda untuk tidak mudah tergoda dengan produk atau penawaran-penawaran menggiurkan lainnya.

 

Related Posts