Home Investasi Cara Berinvestasi di Pasar Modal Agar Cepat Kaya Raya

Cara Berinvestasi di Pasar Modal Agar Cepat Kaya Raya

by Lara Nifa
Cara Berinvestasi di Pasar Modal Agar Cepat Kaya Raya

Investasi adalah kegiatan yang paling banyak disarankan untuk saat ini. Dimana memang banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan berinvestasi. Anda pasti tahu bahwa investasi berkaitan erat dengan saham yang bisa dibeli dan dijual di pasar modal. Nah, jika Anda tertarik untuk berinvestasi di pasar modal, berikut ini adalah caranya. 

Cara Investasi di Pasar Modal 

Investasi di pasar modal sudah jelas membutuhkan banyak sekali persiapan. Dimana tidak hanya urusan dana saja. Tapi, juga kemampuan Anda dalam menganalisa sangat dibutuhkan dalam hal ini. Hal ini sendiri karena investasi, khususnya saham, mempunyai resiko yang terbilang tinggi. Maka daripada itu, Anda harus tahu bagaimana cara agar investasi bisa berhasil. Berikut ini adalah caranya: 

Mencari tahu saham perusahaan yang akan dibeli 

Ketika Anda ingin berinvestasi di pasar modal dan ini merupakan pertama kalinya Anda ingin membeli saham. Ada satu hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu dengan mencari tahu tentang saham perusahaan yang akan dibeli. Hal ini sendiri tidak boleh Anda remehkan, terlebih lagi jika Anda adalah seorang pemula. 

Maka mengenal tentang saham perusahaan akan membantu Anda untuk bisa mengetahui resiko yang mungkin akan terjadi. Hal penting yang harus Anda ketahui adalah dengan melihat rekam jejak dari perusahaan, kemudian bagaimana kinerja serta kredibilitasnya. Tidak hanya itu saja, Anda pun harus melakukan analisis tentang manajemen yang mereka jalankan. 

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang, lebih baik memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

  • Memilih saham dengan ROE (tingkat pengembalian saham) yang tinggi. 
  • Memilih saham yang mempunyai kekebalan terhadap krisis. 
  • Pastikan bahwa laba bersih dalam perusahaan terus mengalami pertumbuhan. 
  • Perusahaan yang Anda pilih sangat loyal akan membagikan dividen. 
  • Untuk kapitalisasi pasar lebih baik di atas 500 miliar rupiah. 
  • Pilih model bisnis yang sangat jelas. 
  • Pergerakan dari saham terbukti wajar. 

Kelola uang dengan baik 

Selain dari mengecek saham dalam perusahaan, Anda juga harus memastikan bahwa pengelolaan uang yang telah dijalankan sudah baik. Hal ini sangatlah penting agar Anda bisa menginvestasikan sebagian pendapatan. Karena yang harus Anda dahulukan ketika ingin berinvestasi adalah harus memastikan bahwa kebutuhan pokok telah terpenuhi. 

Perhatikan gaji yang Anda peroleh setiap bulannya, dimana ada baiknya Anda menyisihkan sekitar 10% hingga 15% untuk dijadikan modal investasi. Jumlah tersebut pun sudah terbukti lebih aman agar Anda tidak salah melakukan perhitungan. Karena yang paling penting Anda telah memenuhi seluruh kebutuhan pokok. 

Awasi pergerakan harga 

Ketika Anda memutuskan untuk investasi di pasar modal, maka mengawasi pergerakan saham adalah hal yang sangat penting. Perlu Anda tahu, bahwa saham kadang harganya tidak seperti keadaan ekonomi negara. Ada beberapa kasus saham malah meroket padahal ekonomi sedang dalam keadaan yang tidak baik. 

Tapi, pada saat ekonomi sedang naik pun, saham tidak selamanya ada di atas. Bisa saja terjadi penurunan yang tentu saja bisa menjadi kerugian. Hal inilah yang harus Anda awasi agar bisa tahu kapan harus membeli dan menjual saham. Jadi, pastikan bahwa Anda terus memperhatikan gerak dari harga di pasar modal. 

Belilah saham secara bertahap 

Cara selanjutnya agar Anda bisa berinvestasi yang menghasilkan keuntungan adalah dengan membeli saham secara bertahap. Hal ini sendiri bisa Anda lakukan ketika ada harga saham yang sedang turun. Dimana Anda tahu bahwa saham dari perusahaan tersebut jarang turun, maka lebih baik Anda membelinya. 

Tentu saja, Anda tidak perlu membeli dalam jumlah banyak. Beli saja bertahap agar semakin lama saham yang Anda miliki akan terus bertambah. Sehingga pendapatan di masa depan pun bisa semakin tinggi. Dengan membeli secara bertahap juga akan menghindari dari kemerosotan harga yang bisa saja terjadi setiap saat. 

Jangan investasi di pasar modal hanya karena ikut teman 

Inilah salah satu kesalahan yang kerap kali dilakukan para investor pemula. Dimana mereka hanya ikut-ikutan saja karena melihat teman atau seseorang bisa sukses. Perlu Anda tahu, bahwa dalam investasi tidaklah mudah seperti Anda berjualan kacang. Butuh banyak sekali ilmu yang perlu Anda pelajari. 

Tidak bisa seenaknya, karena jika Anda tidak siap, maka kerugian total bisa saja terjadi. Maka daripada itu, sebelum Anda berinvestasi, pastikan Anda sudah mengerti cara secara mendasar. Dimana nantinya Anda pun akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak sehingga di masa depan sudah bisa menjadi seorang investor  handal. 

Itu adalah beberapa cara untuk bisa berinvestasi di pasar modal. Anda harus benar-benar memperhatikan banyak hal. Karena ketika sudah terjun dalam dunia investasi, akan ada resiko yang perlu sekali untuk dipertimbangkan. 

Related Posts