Home Belanja Cara Belanja di Alibaba dari Indonesia dengan Rupiah dengan Mudah 

Cara Belanja di Alibaba dari Indonesia dengan Rupiah dengan Mudah 

by Greg Pascal
Cara belanja di Alibaba

Cara belanja di Alibaba terbilang cukup mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dollar untuk bertransaksi meskipun Alibaba merupakan platform marketplace luar negeri. 

Beberapa orang mungkin masih asing dengan Alibaba. Namun, bagi Anda yang sering shopping barang – barang impor dari luar negeri, pasti sudah tidak asing lagi dengan platform yang satu ini. Alibaba adalah e-commerce yang memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan transaksi jual beli baik lokal maupun internasional. Ini adalah platform paling populer se Asia. 

Alibaba menjadi platform jual beli yang menjadi favorit banyak masyarakat luar negeri maupun Indonesia yang ingin membeli sebuah produk atau barang karena produk yang dijual di platform ini tergolong murah juga

Meskipun kami sudah bilang bahwa belanja di Alibaba bisa dengan menggunakan rupiah, ini sangat berbeda ketika Anda berbelanja dari marketplace di Indonesia seperti Shopee, tokopedia, bukalapak , dan sejenisnya, dikarenakan Alibaba telah menjangkau skala pasar yang luas  dalam skala internasional. 

Sebelum berbelanja di Alibaba, Anda harus tahu lebih dulu kurs rupiah terhadap mata uang negara Tiongkok itu berapa. Jika Anda memiliki paypal atau kartu kredit untuk melakukan pembayaran tentu akan sangat mudah.  Namun, bagaimana jika tidak? Jangan khawatir, Anda masih bisa berbelanja di Alibaba dengan kurs rupiah. Berikut adalah cara membeli barang di Alibaba dengan menggunakan Rupiah

1. Buat Akun Anda lebih dulu di website Alibaba

Sama seperti website e-commerce di platform lainnya, untuk bisa menikmati dan melakukan kegiatan di platform Alibaba, kita harus lebih dulu membuat akunnya. Setelah akun terbuat, maka Anda mencari barang mana yang ingin Anda beli. Setelah ketemu barangnya, Anda bisa melakukan check out dan pembayaran. 

Untuk membuat akun di Alibaba tidaklah sulit, Anda tinggal klik tombol sign up untuk mendaftarkan diri Anda, lalu tinggal mengisi data – data yang dibutuhkan. ‘

2. Mencari Produk yang Diingini

Tahapan ke dua adalah saatnya kalian berbelanja. Anda bisa mengerikan barang yang ingin Anda beli kolom pencarian lalu akan muncul beragam barang sesuai dengan kata kunci yang Anda ketikan tadi. Selanjutnya, Anda tinggal scroll – scroll saja untuk mencari barang mana yang paling sesuai dengan Anda.

Cara belanja di Alibaba

Baca Artikel Selanjutnya :

3. Men-filter hasil pencarian

Setelah melakukan pencarian dengan kata kunci yang Anda inginkan akan muncul banyak sekali barang – barang yang muncul sesuai dengan kata kunci yang Anda ketikan. Untuk menjadikannya lebih spesifik, Anda bisa men-filter hasil pencarian tersebut dengan menggunakan fitur filter pencarian yang disediakan di aplikasi. 

Sebagai contoh, ketika Anda sedang ingin membeli laptop, lalu memasukkan kata kunci laptop ke dalam kolom pencarian, maka akan muncul ribuan laptop dengan beragam spesifikasi merk dan tipe dengan daerah penjual yang beragam juga, padahal, pada waktu itu Anda hanya ingin membeli produk laptop dari negara China. Maka, jika seperti itu, Anda bisa memfilternya berdasarkan asal negara barang Anda supaya yang ditampilkan hanya laptop asal China.

4. Mencari Berdasarkan Supplier

Daripada Anda hanya berfokus untuk mencari produk, lebih baik Anda fokus untuk mencari supplier. Caranya, Anda bisa mengubah tab search dari produk menjadi supplier. Jika Anda pernah bekerja sama dengan supplier yang memiliki barang yang Anda butuhkan, ini akan mempermudah anda untuk menemukan mereka kembali. Selain itu, jika Anda membeli lewat supplier langsung, ini juga akan menjadi lebih murah.

5. Mengirim Permintaan untuk Penawaran (RFQ)

Di Alibaba, ada yang namanya RFQ (Request For Quotation), dengan fitur tersebut, Anda bisa melakukan penawaran terhadap pembeli mengenai kebutuhan produk Anda. Setelah itu, Anda bisa membandingkannya secara langsung dengan berbagai pemasok. Klik RFQ, lalu masukan permintaan Anda di tempat yang Anda inginkan.

6. Hindari Penjual yang Tidak Menggunakan Alamat Email Bisnis

Saat berbelanja, pastikan Anda menghindari penjual yang menggunakan alamat email bukan bisnis. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menjamin keamanan Anda, meskipun belum tentu juga orang yang tidak menggunakan alamat email bisnis itu penjual abal – abal. Namun, dengan hanya membeli di penjual yang menggunakan alamat email bisnis, ini akan mengindikasikan bahwa Anda membeli produk ke penjual atau supplier yang benar – benar profesional.

7. Pilih Metode Pengiriman Barang

Ada beragam jasa pengiriman yang tersedia di Alibaba yaitu EMS, DHL, dan Fedex. Nah, anda bisa memilih salah satunya dari ketiga jasa di atas. Sebagai informasi tambahan ada dua jasa pengiriman yang sudah memiliki kantor di Indonesia yaitu EMS dan DHL. Anda bisa memilih salah satunya dari kedua jasa pengiriman tersebut.

8. Pilih Metode Pembayaran

Ini adalah langkah paling krusial jika Anda ingin membeli barang di Alibaba dengan rupiah. Jangan sampai Anda salah memilih metode pembayaran, karena jika begitu, Anda tidak akan bisa menggunakan rupiah Anda. 

Untuk bisa menggunakan rupiah, Anda bisa memilih metode pembayaran melalui Western Junior. Untuk pembayarannya, Anda bisa menggunakan jasa kantor pos, alfamart, Indomart, dan pegadaian.

Itu saja mengenai cara belanja di Alibaba yang bisa kami jelaskan. Semoga artikel ini membantu kalian yang kini sedang kebingungan mengenai cara belanja menggunakan rupiah di Alibaba. 

Related Posts