Home Administrasi Cara Bayar Pajak Motor Secara Online, Kenali Syarat yang Wajib Disiapkan

Cara Bayar Pajak Motor Secara Online, Kenali Syarat yang Wajib Disiapkan

by Greg Pascal
bayar pajak motor

Membayar pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor. Terdapat 2 kebijakan dalam bayar pajak motor. Pertama pajak motor yang dibayarkan setiap tahunnya untuk memperpanjang STNK. Serta yang kedua, pajak motor dibayar pada tahun kelima untuk memperoleh STNK dan plat nomor baru.

Anda harus membayar setiap pajak motor yang sudah ditentukan secara tepat waktu. Pembayaran pajak motor yang dilakukan terlambat, akan membuat anda diharuskan membayar denda. Selain itu saat ada razia, anda akan memperoleh surat tilang karena belum membayar pajak kendaraan bermotor.

Demi terhindar dari masalah tersebut, anda harus membayar pajak kendaraan bermotor sebelum batas waktu yang ditentukan terdapat pada STNK dan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP).

Lantas, terdapat 2 cara pembayar pajak kendaraan bermotor. Pembayaran pajak bisa dilakukan dengan mendatangi secara langsung kantor Samsat terdekat di daerah anda atau Samsat keliling atau melalui aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas).

Berikut ini cara untuk bayar pajak motor tahunan dan 5 tahunan secara online dan offline yang harus diketahui serta segera siapkan syarat-syarat dokumennya.

Persyaratan bayar pajak motor

Persyaratan dokumen yang harus disiapkan dalam membayar pajak online dan offline tahunan tidaklah jauh berbeda. Anda bisa menyimak syarat bayar pajak motor di bawah ini.

  1. KTP asli dan fotokopi pemilik motor
  2. STNK asli dan fotokopi
  3. BPKB asli dan fotokopi

Jika anda tidak bisa membayar pajak motor secara langsung dan terpaksa diwakilkan, anda harus membawa surat kuasa. Surat kuasa ini juga berlaku ketika membayar pajak motor milik perusahaan.

bayar pajak motor

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara bayar pajak motor secara online dan offline

Setelah menyiapkan dokumen sebagai syarat-syarat dalam membayar pajak, berikut ini cara bayar pajak motor online dan offline.

Selain membayar secara offline dengan datang ke kantor Samsat, sekarang Anda juga bisa membayar pajak motor secara online dengan aplikasi. Berikut cara membayar pajak motor secara online yang bisa anda lakukan:

1. Cara bayar pajak motor tahunan online

Cara membayar pajak secara online ini akan lebih mudah dan praktis, anda tidak perlu antri datang ke kantor Samsat terdekat atau Samsat keliling.

  1. Lakukan pengunduhan aplikasi Samsat Online Nasional di Playstore atau Appstore.
  1. Setelah selesai mengunduh, anda harus mengisi pendaftaran terlebih dahulu pada aplikasi tersebut.
  2. Lengkapilah data diri seperti isi nomor polisi, NIK serta 5 digit nomor rangka terakhir yang dipunyai.
  3. Setelah mengisi pendaftaran, anda akan memperoleh kode pembayaran yang hanya berlaku selama 2 jam. 
  4. Lakukanlah pembayaran pada bank yang dituju dan tersedia pada aplikasi tersebut, serta biasanya terdapat biaya administrasi sekitar Rp5 ribu.
  5. Anda akan memperoleh bukti pelunasan secara elektronik.
  6. Akan ada juga keterangan pada menu e-pengesahan STNK yang menunjukkan pengesahan STNK secara elektronik dan berlaku 1 bulan.
  7. Selanjutnya, anda akan memperoleh TBPKB dan stiker pengesahan STNK yang dikirim melalui ekspedisi ke alamat sesuai STNK.

2. Cara bayar pajak motor tahunan offline 

Cara membayar pajak motor tahunan secara offline bisa dilakukan di kantor Samsat terdekat dengan daerah anda atau Samsat keliling.

  1. Cara pertama, anda harus mengisi formulir yang sudah disiapkan.
  2. Menyerahkan formulir dan menunjukkan persyaratan seperti KTP asli dan BPKB asli.
  3. Membayar pajak motor sesuai ketentuan.
  4. Jika ternyata anda telat membayar pajak, berarti anda diharuskan membayar dendanya dahulu.
  5. Simpanlah bukti pembayaran yang nantinya untuk mengambil STNK
  6. Lakukan pemeriksaan data dan identitas diri di STNK yang baru didapat.

Bayar Pajak Motor 5 Tahunan

Selain membayar pajak motor tahunan, anda juga harus paham untuk membayar pajak motor 5 tahunan. Kenali terlebih dahulu syarat-syarat dalam membayar pajak motor 5 tahunan.

  1. Syarat-syarat bayar pajak motor 5 tahunan
  2. Siapkan KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan
  3. BPKB asli dan fotokopi
  4. STNK asli dan fotokopi
  5. Sepeda motor
  6. Formulir perpanjangan STNK

Cara membayar pajak motor 5 tahunan

Perlu diketahui, jika membayar pajak motor 5 tahunan ini berbeda dengan membayar pajak motor tahunan. Membayar pajak motor 5 tahunan ini hanya bisa dilakukan secara offline yaitu dengan datang ke kantor Samsat terdekat atau Samsat keliling.

  1. Bawalah motor anda ke tempat cek fisik yang akan dilakukan pengecekan oleh petugas dan hasilnya akan langsung keluar.
  2. Serahkan formulir perpanjangan STNK, syarat-syarat lainnya dan hasil cek fisik motor.
  3. Setelah anda mendapatkan panggilan antrean, datanglah ke loket perpanjangan STNK dan ambil nomor antrean lagi.
  4. Bayarlah pajak sesuai biaya yang sudah ditentukan.
  5. Setelah selesai membayar, tunggulah hasil pencetakan STNK baru dan plat nomor baru.

Begitulah ketentuan bayar pajak motor tahunan dan 5 tahunan, jangan lupa siapkan persyaratan dengan baik agar anda tidak kerepotan.

Related Posts