Home Administrasi Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret Tanpa Ribet

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret Tanpa Ribet

by Greg Pascal
bayar pajak motor di Indomaret

Pembayaran pajak bermotor sekarang ini semakin berevolusi dengan adanya metode yang lebih mudah, yaitu dengan e-Samsat. Metode ini salah satunya adalah dengan pembayaran yang bisa dilakukan melalui minimarket terdekat yang menyediakan layanan tersebut. Kamu pasti bertanya, apakah bisa bayar pajak motor di Indomaret?

Tentu jawabannya adalah “bisa”. Indomaret telah menyediakan layanan e-Samsat kepada setiap pelanggannya, yaitu dengan Payment Point Online Bank (PPOB) yang terintegrasi dengan kasir dan juga monitor PPOB khusus. 

Fasilitas ini tentunya akan lebih memudahkan para pelanggan Indomaret dan juga para wajib pajak bermotor untuk membayar pajak. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang masih diberlakukan pembatasan kegiatan.

Nah, untuk bayar pajak di Indomaret apa saja langkah yang harus dilakukan? Simak caranya berikut ini!

Syarat Bayar Pajak Motor di Indomaret

Siapapun bisa melakukan pembayaran pajak bermotor baik, sepeda roda dua maupun mobil. Sebenarnya tidak ada syarat yang harus dipenuhi secara khusus, hanya saja pembayaran ini hanya bisa dilakukan bagi Anda yang tidak memiliki tunggakan maksimal 1 tahun.

Agar Anda tidak kesulitan ketika bayar pajak motor ini, sebaiknya bawa beberapa dokumen yang dibutuhkan. Seperti STNK, BPKB, dan juga KTP. Dokumen-dokumen ini diperlukan untuk mengisi data yang digunakan dalam pembayaran pajak bermotor.

Dari data-data yang dibutuhkan tersebut, secara otomatis akan muncul tagihan pajak yang harus dibayarkan. Anda juga tidak perlu bingung, karena kasir Indomaret pastinya akan membantu dalam proses pembayaran ini.

bayar pajak motor di Indomaret

Baca Artikel Selanjutnya :

Pembayaran pajak juga bisa dititipkan kepada orang lain, asalkan membawa semua dokumen yang sesuai dengan kepemilikan kendaran. Contohnya, Anda bisa membayarkan pajak untuk orang tua Anda, dengan membawa KTP, STNK, dan BPKB yang sesuai dengan kepemilikan orang tua.

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Cara bayar pajak motor di Indomaret ini sebenarnya ada dua. Pertama, Anda bisa melakukannya sendiri melalui layar yang telah disediakan oleh toko ritel ini. Biasanya layar PPOB ini diletakkan di bagian tertentu dalam toko.

Cara yang kedua, Anda bisa langsung menuju kasir, dan semua proses dilakukan oleh karyawan toko. Anda hanya diminta untuk menyerahkan beberapa data seperti data diri, dan data kendaraan.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Bagi Indomaret yang menyediakan layar pembayaran PPOB, ketika “Samsat”. Maka layar akan langsung menampilkan tampilan aplikasi pembayaran pajak bermotor.
  • Bagi Anda yang membayarkannya langsung ke kasir, siapkan KTP, STNK, dan BPKB.
  • Kasir akan menanyakan data-data dari dokumen yang dibawa. Yaitu nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan, dan yang terakhir adalah nomor HP Anda.
  • Dari data yang dimasukkan tersebut, akan muncul tagihan yang harus Anda bayarkan.
  • Bayarkan sesuai dengan jumlah tagihan beserta biaya admin Indomaret, yaitu sebesar Rp 5 ribu.
  • Setelah pembayaran dilakukan, dan proses pembayaran sudah selesai, maka Anda akan menerima struk pembayaran dari kasir.
  • Secara otomatis, Anda juga akan menerima SMS yang berisi link bukti pembayaran pajak tersebut. SMS tersebut berisi bitly yang jika Anda buka akan muncul Electronic Registration and Identification (ERI).
  • Klik pesan singkat yang masuk ke SMS Anda, maka akan muncul sebuah gambar. Gambar tersebut berisi bukti pembayaran pajak yang berupa barcode (QR Code).
  • Barcode inilah yang bisa Anda gunakan sebagai bukti pelunasan pajak. Dalam istilah e-Samsat disebut sebagai e-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektronik). E-TBPKP inilah yang bisa digunakan juga untuk pengesahan STNK terbaru.
  • Meski Anda belum melakukan pengesahan STNK, tetap saja barcode tersebut berlaku. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi razia di jalan. Petugas razia akan memverifikasi barcode tersebut dengan men-scannya.
  • Jadi dengan adanya barcode tersebut, Anda tidak perlu lagi datang ke Samsat untuk mencetaknya sebagai bukti pelunasan pembayaran. Karena barcode tersebut sudah dianggap bukti pembayaran pajak yang sah dan valid.
  • Namun, Anda tetap diminta untuk datang ke Samsat untuk mencetak STNK terbaru. STNK ini biasanya dijadikan satu dengan lembaran pajak, yang memang digunakan sebagai dokumen resmi kepemilikan kendaraan bermotor.

Cara bayar pajak di Indomaret ini tentunya lebih mudah dilakukan daripada harus datang ke Samsat. Meski ada langkah yang mengharuskan Anda untuk datang ke Samsat, namun Anda tetap bisa melakukannya dengan lebih cepat. Karena Anda hanya menunggu pihak kepolisian untuk mencetak STNK, jadi tidak perlu menunggu lebih lama.

Itulah cara bayar pajak motor di Indomaret yang pastinya lebih mudah dilakukan dan lebih dekat dengan rumah. Anda juga tidak perlu lagi menunggu waktu yang lebih lama untuk proses tersebut. Jadi, bayar pajak bermotor Anda sekarang juga, tanpa harus datang jauh-jauh ke kantor Samsat.

Related Posts