Home Perencanaan Cara Bayar BPJS Kesehatan Online maupun Offline

Cara Bayar BPJS Kesehatan Online maupun Offline

by Lara Nifa
bayar bpjs kesehatan

Cara bayar BPJS kesehatan ternyata sangat mudah, terlebih program dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sudah diselenggarakan selama 7 tahun, sejak tahun 2014 lalu. BPJS Kesehatan didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses layanan kesehatan di Indonesia. Dengan cara ini, setiap warga bisa merasakan manfaatnya. 

Namun hingga saat ini, beberapa anggota komunitas masih belum bisa menggunakan fitur ini karena belum mengetahui cara menggunakan dan mengelolanya, termasuk juga masih banyak yang belum mengetahui bagaimana bayar BPJS kesehatan.

Cara pengurusan BPJS atau pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pendaftaran offline maupun pendaftaran secara online, karena sekarang ini sudah banyak perkembangan teknologi yang memungkinkan segalanya menjadi lebih cepat dan mudah. Pendaftaran BPJS online bisa dilakukan dimana saja dan menggunakan prosedur dan syarat yang juga sama. Sedangkan pendaftaran offline bisa langsung memberikan beberapa dokumen dan dokumen yang diperlukan ke kantor BPJS.

Langkah Mudah Bayar BPJS Kesehatan Online

bayar bpjs kesehatan online

BPJS Kesehatan adalah asuransi dan juga layanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Seperti halnya asuransi pada umumnya, tentunya Anda harus membayar premi asuransi atau disebut iuran dalam BPJS. Oleh karena itu, kesempatan kali ini kita akan membahas langkah bayar BPJS Kesehatan melalui berbagai cara yang cukup mudah.

Merujuk pada Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018, pembayaran iuran BPJS Kesehatan ada dua cara, dapat melalui lembaga perbankan atau juga bisa melalui lembaga non perbankan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini:

  • Melalui Lembaga Perbankan

Jika Anda lebih memilih untuk bayar BPJS Kesehatan online melalui jalur bank, Anda memiliki beberapa pilihan sebagai berikut:

  • Melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), alat yang memberikan layanan kepada nasabah bank tanpa harus melalui teller atau tanpa harus datang ke bank langsung. Anda hanya perlu mencari ATM terdekat dari tempat tinggal atau tempat Anda bekerja.
  • Electronic Data Capture (EDC) yang merupakan alat kecil untuk menerima pembayaran, atau semacam ATM kecil.
  • Penarikan otomatis melalui metode Auto Debet, yaitu dana di akun Anda secara otomatis dipotong untuk membayar iuran BPJS. Cara ini menjadi yang cukup efektif, karena Anda tidak perlu meluangkan waktu setiap bulan untuk membayar iuran secara manual.
  • Melalui Teller Bank, Anda bisa datang langsung ke Bank dan membayar lewat Teller.
  • Melalui SMS Banking, layanan perbankan yang dapat Anda gunakan melalui SMS melalui ponsel atau handphone.
  • Melalui Internet Banking, dengan cara mengakses melalui website atau aplikasi yang disediakan oleh Bank.

Menggunakan opsi pembayaran bank, tentu saja Anda dapat membayar biaya iuran BPJS Kesehatan dengan mudah dan cepat. Pembayaran iuran kepesertaan hanya bisa dilakukan di bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,seperti melalui Bank Mandiri, BCA, BTN, BNI dan BRI.

  • Melalui Lembaga Non Perbankan

Melalui sistem PPOB Payment Point Online Bank, Anda dapat memilih cara pembayaran pembayaran BPJS Kesehatan di luar sistem  perbankan. PPOB adalah sistem pembayaran tagihan online dengan menggunakan fasilitas perbankan. Jadi Anda dapat membayar iuran BPJS melalui berbagai cara sebagai berikut:

  • Kantor BPJS Kesehatan

Cara bayar BPJS Kesehatan online melalui kantor BPJS langsung, makan Anda hanya perlu melampirkan kartu atau memberikan informasi nomor kepesertaan Anda. Setibanya di sana, Anda akan diarahkan ke loket khusus untuk membayar iuran BPJS Kesehatan dan Anda tinggal menunggu prosesnya.

  • Indomaret atau Alfamart

BPJS Kesehatan telah menjalin kerjasama dengan dua minimarket terbesar yang ada di Indonesia, yaitu Alfamart dan Indomaret. Kedua minimarket terbesar ini menjadi salah satu metode mudah dan populer di kalangan masyarakat untuk pembayaran tagihan BPJS Kesehatan Anda.

Anda bisa datang langsung ke salah satu dari dua minimarket yang terdekat dari rumah atau tempat tinggal, tunjukkan kartu keanggotaan atau nomor keanggotaan Anda di kasir, lalu kasir akan memproses pembayaran iuran BPJS Kesehatan Anda.

  • Kantor Pos

Kantor pos juga telah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk memudahkan masyarakat membayar iuran bulanan. Anda hanya perlu membawa kartu kepesertaan BPJS Kesehatan ke kantor pos terdekat atau memberikan informasi nomor kepesertaan Anda.

  • E-commerce

Kemajuan teknologi niscaya semakin memudahkan kita dalam melakukan segala macam hal. Salah satunya dalam bayar BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan juga menjalin kerja sama dengan berbagai e-commerce dan beberapa perusahaan fintech seperti Traveloka, Tokopedia, Go-Pay, OVO dan juga Dana.

  1. Aplikasi JKN

Untuk yang terakhir selain cara yang sudah disebutkan di atas, BPJS Kesehatan juga mempunyai aplikasi sendiri. Aplikasi ini bisa Anda gunakan sebagai pilihan cara bayar BPJS Kesehatan dan juga untuk keperluan lainnya, seperti mengetahui informasi tagihan iuran dan beberapa fitur lainnya.

Related Posts