Home Investasi Cara Analisis Fundamental Saham Agar Makin Cuan Bagi Investor Pemula

Cara Analisis Fundamental Saham Agar Makin Cuan Bagi Investor Pemula

by Greg Pascal
analisis fundamental saham

Apa itu analisis fundamental saham? Sebagai orang awam terutama bagi kalangan pemula mungkin belum sepenuhnya memahami hal tersebut, maka dalam artikel ini akan dibahas secara detail. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir!

Dalam dunia investasi perlu melakukan analisis saham karena nantinya bisa berhubungan dengan hasil keuntungan yang diperoleh dan keberlanjutan suatu investasi, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek sesuai dengan kebutuhan.

Melalui analisis fundamental inilah yang bisa memberikan banyak cuan saham, yang mana tujuan utamanya menghindari pembelian saham yang tidak layak. Maka dari itu, perlu menggunakan metode analisis yang tepat agar dapat memperoleh hasil yang akurat.

Pengertian Analisis Fundamental

Analisis fundamental adalah suatu teknik menganalisa dan memperhitungkan berbagai macam faktor seperti analisis persaingan usaha, analisis ekonomi dan pasar makro atau mikro, serta analisis kinerja perusahaan dan laporan keuangannya.

Dengan melakukan analisis fundamental, para investor dapat mengetahui perusahan yang tepat untuk dipilih sebagai mitra investasi. Oleh sebab itu, maka diperlukan data dan informasi dari berbagai media untuk dianalisis lebih lanjut. 

Bagi investor pemula, mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan analisis fundamental penting untuk dilakukan, bertujuan agar bisa menjadi acuan dalam pengambilan keputusan sebelum melakukan investasi saham atau membeli saham perusahaan yang tepat.

Lantas, bagaimana cara melakukan analisis fundamental bagi pemula? Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan, seperti yang akan dibahas dalam uraian dibawah ini.

Cara Melakukan Analisis Fundamental

Dengan melakukan analisis fundamental yang tepat bisa mendatangkan keuntungan dan jaminan kehidupan yang tenang, serta terhindar dari pembelian saham yang tidak layak. Maka penting bagi investor pemula untuk perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Kinerja Perusahaan Bagus

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pilih perusahaan yang memiliki fondasi solid dan memiliki kinerja yang bagus prospeknya di masa depan, serta tidak bakal tergerus oleh kemajuan zaman. Misalnya perusahaan perbankan dan lain sebagainya.

2. Harga Saham Sesuai Acuan

Penting untuk memperhatikan acuan harga saham agar bisa mengetahui harga saham di pasaran, bisa dilakukan dengan teknik relative valuation dan intrinsic valuation. Sehingga tidak asal beli ataupun asal ikut kata orang, perlu acuan harga saham yang tepat.

3. Kinerja Manajemen Saham

Perlunya memberikan kesempatan pada manajemen perusahaan untuk bekerja memberikan hasil terbaiknya, biasanya hasilnya akan tercermin pada laporan keuangan dan kinerja secara tahunan atau kuartal tertentu, sehingga anda bisa mengecek perkembangannya lewat laporan keuangan tanpa harus melihat harga saham tiap hari.

analisis fundamental saham

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Analisis Laporan Keuangan

Laporan keuangan menjadi kunci dalam analisis fundamental, maka perlu memahami cara membaca laporan keuangan dengan mempelajari indikator yang umum digunakan sebagai teknik analisa dalam mengevaluasi perusahaan berdasarkan laporan keuangannya.

5. Rutin Membagi Dividen

Dividen menjadi bukti perusahaan memiliki keuntungan dan secara nyata rutin dan konsisten memberikan pembagian dividen, hal ini menandakan perusahaan tersebut memiliki fundamental yang kuat dan layak untuk membeli sahamnya untuk tabungan masa depan.

6. Sumber Informasi Valid

Sumber informasi yang akurat dan valid menjadi kunci kesuksesan analisis fundamental, informasi tersebut berkaitan dengan kinerja keuangan, latar belakang perusahaan dan lain sebagainya, yang bisa diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia (BEI) dan situs resmi perusahaan, serta media lainnya yang valid dan terpercaya.

7. Menyiapkan Mental

Dengan menerapkan teknik analisis fundamental sebagai salah satu langkah menyiapkan mental dalam menghadapi kondisi pasar yang terus berubah-ubah, maka bisa perbanyak literasi melalui buku, forum diskusi dan bahan analisis lainnya melalui internet.

Selain itu, anda juga harus bisa menentukan waktu alokasi dana. Apabila jangka pendek, harga saham bisa bergerak fluktuatif sehingga jauh dari nilai fundamental. Maka perlu dana yang tidak digunakan, kemudian investasi saham minimal untuk jangka waktu lima tahun agar keuntungannya bisa maksimal.

Kesimpulan

Analisis fundamental dalam dunia saham penting dilakukan terutama bagi pemula, agar bisa memperoleh hasil keuntungan yang maksimal untuk memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang maupun jangka pendek, maka perlu memilih perusahaan dengan reputasi yang bagus dan layak terutama soal laporan keuangannya.

Kemudian, dalam melakukan analisis fundamental perlu mencari sumber informasi yang akurat, terkait dengan harga saham hingga kinerja perusahaan. Maka bisa mencari informasi melalui media atau situs resmi dan terpercaya terkait informasi saham.

Hal paling penting dalam analisis fundamental agar memiliki keyakinan dan optimisme yang tinggi dalam berinvestasi, maka perlu menyiapkan mental yang kuat menghadapi segala kondisi terkait perkembangan saham maupun membaca pergerakan saham di pasaran, sehingga perlunya manajemen saham.

Demikian pembahasan terkait analisis fundamental saham yang penting bagi pemula dalam mendatangkan cuan yang besar, maka perlu memperhatikan metode analisis yang tepat dan akurat. Semoga bermanfaat bagi yang sedang belajar dunia investasi.

Related Posts