Cara Aman Saat Membuka Usaha dengan Pasangan

Untuk dapat membangun sebuah usaha terkadang kita membutuhkan partner yang benar benar memiliki visi dan misi yang sama. Hal ini tentu saja sulit untuk ditemukan

Lara Nifa

[addtoany]

Untuk dapat membangun sebuah usaha terkadang kita membutuhkan partner yang benar benar memiliki visi dan misi yang sama. Hal ini tentu saja sulit untuk ditemukan pada orang baru. Untuk itu, mengajak pasangan untuk membuka usaha adalah salah satu solusi yang tepat. Ketika mmebangun usaha bersama pasangan akan banyak keuntungan yang didapat. Selain tidak lagi terlalu sulit untuk menyatukan visi dan misi, membangun usaha bersama pasangan akan membuat hubungan kalian lebih bernilai.

Tetapi sebelum membangun usaha bersama pasangan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan berjalan sesuai keinginan. Untuk itu di bawah ini sudah dijelaskan beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuka usaha bersama pasangan. 

Tips Agar Aman Membuka usaha Bersama Pasangan

  • Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar tetap aman ketika membangun usaha bersama pasangan adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Komunikasi merupakan salah satu pondasi terkuat yang harus kamu miliki agar semua dapat berjalan dengan lancar. Terlebih dalam menjalankan suatu usaha pastinya akan banyak terjadi permasalahan yang harus dihadapi secara bersama. Dengan memiliki komunikasi yang baik ini, kamu dan pasangan akan lebih bisa memikirkan jalan keluar terbaik.

Jangan sampai kamu membiarkan masalah dalam usaha mu sampai berlarut larut karena enggan melakukan komunikasi bersama pasangan mu. Masalah yang dibiarkan berlarut larut tersebut nantinya tidak akan dapat terselesaikan dan malah menjadi semakin runyam. Oleh Karena itu jangan pernah gengsi untuk memulai komunikasi terlebih dahulu demi keberlangsungan hubungan dan tentu saja usaha yang sedang dijalani bersama.

  • Open Minded

Ketika memutuskan untuk membuka usaha bersama pasangan berarti kamu harus telah siap dengan segala konsekuensi yang akan terjadi. Termasuk ketika pasangan mu harus bekerja dengan lawan jenis walaupun demi profesionalitas dalam bekerja. Disini kamu tidak boleh marah ataupun cemburu, oleh karena itu pikiran mu pun harus lebih terbuka  untuk hal hal yang dirasa demi penting untuk  usaha yang sedang kalian jalankan. 

 

Keprofesionalan mu dengan pasangan juga harus tetap terjalin dengan baik agar memiliki pikiran yang lebih terbuka. Terlebih akan banyak tantangan yang akan kalian hadapi berasaman nantinya. Dengan memiliki pikiran yang lebih terbuka kalian akan lebih mudah untuk melakukan diskusi dan lebih tenang ketika menyampaikan argumen satu sama lain tanpa adanya ego. Sampaikan segala yang mengganggu pikiranmu terlebih jika hal tersebut berkaitan dengan usaha yang sedang kalian jalankan. 

  • Memiliki Pembagian Tugas yang Tepat

Setelah memutuskan membuka usaha bersama pasangan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pembagian tugas. Dengan melakukan pembagian tugas sedari awal akan membuatmu bersama pasangan lebih mengetahui setiap langkah yang akan dijalankan. Selain itu, melakukan pembagian tugas yang baik akan membuat kalian terhindar dari perasaan akan memiliki beban yang lebih berat. Lakukan pembagian tersebut sesuai dengan kemampuan masing masing, dan jangan paksakan suatu tugas yang sekiranya tidak mampu kamu jalankan. 

 

Bukan hanya mengenai pembagian tugas yang sesuai, pembagian keuntungan juga harus dibicarakan sedari awal. Apakah seluruh keuntungan tersebut akan digunakan untuk kebutuhan bersama atau dibagi dua untuk masuk ke kantong masing masing. Hal ini juga salah satu bentuk profesionalisme yang harus dibicarakan sebelumnya.

  • Terbuka Mengenai Keuangan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, uang merupakan salah satu hal yang sangat sensitif dan dapat menjadi sumber perselisihan dalam hubungan.Terlebih untuk masalah bisnis yang memiliki lebih kompleks mengenai masalah keuangan. Untuk itu, terbuka mengenai setiap laporan keuangan menjadi salah satu yang dapat meminimalkan terjadinya kesalahpahaman. Hal ini juga dapat menjadi salah satu bukti keterbukaan mu bersama pasangan. Jangan sampai ada hal yang kamu tutupi agar hubungan asmara maupun bisnis mu bersama pasangan dapat berjalan dengan baik.

 

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk lebih dapat terbuka mengenai keuangan adalah membuat perjanjian sedari awal bahwa masalah keuangan adalah hal yang  harus diatur secara bersama. Oleh Karena Itu, pembuatan laporan keuangan juga dilakukan secara bersama sama tanpa ada yang disembunyikan karena merupakan tanggung jawab bersama. 

  • Memisahkan Uang Bisnis dan Pribadi

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan ketika membangun usaha bersama pasangan adalah memisahkan uang bisnis dan pribadi yang kalian miliki. Dengan tidak mencampurkan uang tersebut, keuangan bisnis mu akan lebih mudah untuk dihitung. 

 

Dengan memisahkan keuangan juga dapat lebih memudahkan kalian untuk melakukan evaluasi setiap akhir bulan. Kemudian kalian dapat melihat kemana uang masuk dan keluar untuk mengetahui jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan. 

 

Related Post