Home Tips Cara Agar Tetap Fokus Saat Kerja dari Rumah

Cara Agar Tetap Fokus Saat Kerja dari Rumah

by Lara Nifa
tips work from home

Bekerja atau kerja dari rumah, mungkin sekarang sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang. Apabila dulu kita harus ke kantor, Namun karena pesatnya penyebaran pandemi virus corona (COVID-19) belakangan ini, pemerintah telah mengeluarkan imbauan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia agar melakukan kebijakan Work From Home (WFH) bagi para karyawannya. Program “di rumah aja” saat ini sedang sangat populer untuk mendukung kemungkinan penyebaran virus covid 19.

Untuk sebagian orang, bekerja dari rumah mungkin mempunyai beberapa keuntungan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan ini akan membuat kita fokus pada pekerjaan yang pada akhirnya menurunkan efisiensi kerja kita sehari-hari.

Saat ini, jelas bahwa meskipun Anda dapat mengatakan bahwa WFH mudah diimplementasikan, ini merupakan tantangan bagi siapa pun. Apalagi kita berada di era yang serba online, artinya segala urusan sistem kerja didukung oleh sistem informasi dan teknologi yang semakin kompleks.

Tantangan Bekerja di Rumah

Bagi mereka yang saat ini bekerja di rumah yang terkena dampak kebijakan WFH, mungkin Anda akan merasa sangat senang dan menyenangkan untuk sementara waktu. Terasa menyenangkan menjadi WFH karena tidak ada orang yang mengawasi Anda bekerja, dan bisa sambil melakukan banyak hal.

WFH memang memberikan banyak kesenangan dan kenyamanan, seperti kebebasan mengatur waktu, baju dan tempat bekerja. Anda bisa bekerja secara nyaman dengan versi Anda sendiri, misalnya berpakaian secukupnya tanpa harus memakai baju kantor yang rapi, plus cara bekerja di ranjang tanpa ada yang mengetahuinya.

Akan tetapi, WFH menghadapi tantangan besar. Bayangkan suasana rumah atau kamar kost anda sangat santai, tentu berbeda sama sekali dengan suasana kantor, suasana kantor dimana ada aktivitas kerja di setiap sisi. Belum lagi godaan untuk selalu berbaring di ranjang atau sofa kesayangan, atau godaan untuk berselancar di Internet dan media sosial, atau godaan untuk menonton series saat jam kerja. 

Itulah beberapa kesenangan dan kebebasan saat Anda menjalani Work From Home atau bekerja dari rumah. Tapi ingat, walaupun bekerja dari rumah, hal ini bukan liburan, tapi tetap bekerja. Kebiasaan untuk melakukan banyak hal saat jam kerja saat WFH sebaiknya dihindari. Hal tersebut sama saja membuang waktu produktif Anda yang sebenarnya untuk melakukan pekerjaan. Jangan sampai pekerjaan Anda menumpuk nantinya.

Lalu bagaimana cara agar Anda tetap bisa fokus saat bekerja di rumah?kali ini kita akan membahas beberapa tips dan cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa fokus saat bekerja di rumah.

Cara Agar Tetap Fokus saat Bekerja di Rumah

work from home

  • Disiplin dan Membatasi Membuka Sosial Media

Saat bekerja dari rumah, cobalah belajar untuk selalu disiplin. Bahkan jika Anda tidak adai atasan untuk mengawasi Anda, Anda harus bisa mengatur waktu Anda sendiri. Hindari terus menerus bermain media sosial dan batasi waktu online Anda di media sosial. 

Salah satu godan saat bekerja dari rumah adalah kebebasan waktu. Dalam kedua kasus tersebut, Anda cenderung malas dan Anda kehilangan banyak waktu produktif. Pastikan Anda lebih komitmen dan disiplin dengan diri sendiri agar semua tugas diselesaikan dengan benar sesuai dengan batas waktu.

  • Membuat Daftar Prioritas

Tentunya berbagai tugas tetap menjadi tanggung jawab Anda dan harus diselesaikan dengan benar. Jangan campurkan antara pekerjaan rumah dengan pekerjaan kantor yang ada, karena akan membuat segalanya berantakan. Kembangkan jadwal Work From Home yang jelas dan selesaikan semua pekerjaan, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan leluasa tanpa diganggu oleh pekerjaan rumah lainnya.

  • Ruang Kerja yang Nyaman

Alangkah baiknya memiliki ruang kerja khusus di rumah saat WFH, di mana Anda bisa fokus pada pekerjaan tanpa terganggu oleh berbagai hal lain. Anda dapat mengatur ruangan ini sepenuhnya sesuai dengan keinginan Anda dan Anda dapat bekerja dengan nyaman. Ini akan berdampak positif pada berbagai tugas yang Anda lakukan.

Jika Anda belum memiliki area kerja sendiri, silahkan buat sudut kerja yang nyaman untuk bekerja. Oleh karena itu, di sini Anda dapat mengerahkan kreativitas yang lebih besar, misalnya memilih sudut yang nyaman tempat Anda dapat bekerja dalam waktu lama, baik di atas meja atau di lantai, dan dapat membuat diri Anda nyaman.

  • Mood Positif

Untuk memulai hari baru, bangunlah lebih awal dan awali hari baru dengan kebiasaan sehat. Anda perlu mandi dan mengenakan pakaian yang nyaman sebelum Anda benar-benar bisa mulai bekerja. Semakin awal Anda mulai bekerja, semakin cepat Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Mulailah hari Anda dengan membaca kutipan inspiratif atau mendengarkan musik favorit Anda sambil menikmati teh atau kopi sebelum memulai kerja dari rumah

Related Posts