Home Tips Cara Agar Memperoleh KPR dari BTN yang Mudah

Cara Agar Memperoleh KPR dari BTN yang Mudah

by Lara Nifa

Halo semuanya, Kredit pemilikan rumah (KPR) adalah salah satu pemilihan pembiayaan rumah yang populer di kalangan masyarakat, banyak sekali pengajuan KPR yang bisa anda ajukan di berbagai Bank di Indonesia, namun pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai KPR di Bank BTN. KPR di Bank BTN ini memfasilitasi kredit yang digunakan untuk membeli rumah dengan jaminan rumah itu sendiri. 

Saat ini KPR merupakan cara bayar yang paling disukai atau menjadi favorit bagi masyarakat. Alasan masyarakat memilih metode KPR karena kenaikan harga rumah itu relatif cepat dibandingkan dengan kenaikan gaji, jadi banyak diantara masyarakat berpikir untuk mengajukan KPR agar dapat memiliki rumah secepat mungkin. Alasan lain masyarakat memilih metode KPR adalah masih banyak kebutuhan dana cash lainnya seperti dana untuk usaha, pendidikan anak, rencana renovasi rumah, dll. Nah, dengan adanya KPR ini akan sangat membantu orang-orang untuk membeli rumah tanpa mengganggu kebutuhan lainnya karena KPR bisa nyicil. Metode KPR ini bisa teman-teman ajukan di salah satu Bank di Indonesia, contohnya saja di Bank BTN, berikut merupakan penjelasannya. 

Syarat-Syarat Dokumen Pengajuan KPR Bank BTN

Seperti yang kalian tahu, di era modern seperti sekarang ini kebutuhan memiliki rumah itu menjadi wajib dimiliki oleh setiap masyarakat di dunia, terlebih bagi kamu yang sudah berkeluarga. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai tempat untuk investasi jangka panjang. Seperti yang sudah kalian ketahui juga, harga dari sebuah rumah maupun tanah tidak akan pernah turun dan akan semakin naik dari waktu ke waktu. Sehingga, rumah menjadi salah satu pondasi ladang investasi terbaik. Oleh karena itu, Bank BTN memberikan kemudahan bagi kamu sebagai masyarakat Indonesia untuk mendapatkan rumah dengan cara kredit. Namun, tetap harus melalui mekanisme dan persyaratan yang telah disepakati bersama. Terdapat beberapa berkas dokumen yang diperlukan untuk melakukan pengajuan KPR serta proses apa saja yang akan kamu lewati ketika mengajukan KPR di Bank BTN. Untuk kelengkapan berkas yang perlu kamu siapkan ketika hendak melakukan pengajuan KPR di Bank BTN adalah:

  1. Fotocopy KTP, kamu wajib untuk menyiapkan berkas ini sesuai dengan yang terdaftar pada disdukcapil, karena akan sangat menyulitkan jika KTP kamu tidak terdaftar. Selain KTP pemohon, kamu juga wajib melampirkan KTP pasangan jika sudah menikah. 
  2. Foto berwarna 3×4, selain foto pemohon, kamu juga wajib melampirkan foto pasangan jika sudah menikah. 
  3. Fotocopy Kartu Keluarga. Kamu wajib menyiapkan berkas ini sesuai dengan yang terdaftar pada disdukcapil, karena akan sangat menyulitkan jika KK yang kamu miliki tidak terdaftar di disdukcapil. Jika kamu sudah menikah namun belum memperbarui KK, maka persiapkan buku nikahmu. 
  4. Fotocopy surat nikah/surat keterangan belum menikah (asli). Surat ini bisa kamu dapatkan di kelurahan/desa setempat. 
  5. Fotocopy NPWP. 
  6. Surat keterangan perusahaan atau instansi. Surat ini diwajibkan bagi pemohon yang memiliki penghasilan tetap maka harus melampirkan surat kerjanya dari perusahaan/instansi terkait. 
  7. Slip gaji/perincian gaji (asli). Surat ini diwajibkan bagi pemohon yang memiliki penghasilan tetap maka harus melampirkan slip gaji yang asli. 
  8. Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir 
  9. SIUP dan TDP. Surat Izin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Perusahaan ini diwajibkan bagi pemohon sebagai wirausaha. 
  10. Bagi wirausaha wajib melaporkan keuangan/nota usaha selama 6 bulan terakhir. 
  11. Bagi wirausaha wajib melakukan mutasi rekening tabungan selama 6 bulan terakhir. 
  12. Wajib bagi pemohon membuka rekening tabungan BTN Batara. Tabungan BTN batara ini akan digunakan sebagai alat untuk kamu mengangsur selama masa kredit di Bank BTN. 

Proses Pengajuan KPR Bank BTN

Setelah kamu menyiapkan dan mengajukan berkas dokumen kepada pihak Bank BTN, maka selanjutnya kamu harus melakukan pengisian formulir pengajuan KPR di Bank BTN dan akan melewati 5 proses sebagai berikut: 

  1. Wawancara pemohon dan petugas Bank BTN 
  2. Verifikasi KPR. Analisa ini dilakukan untuk verifikasi data pemohon dan verifikasi dokumen pribadi pemohon dan pasangan.
  3. Analisa kredit/analisa KPR. Analisis ini dilakukan untuk mengecek riwayat kredit calon debitur melalui BI Checking/klik. Lalu analisa kredit ini dilakukan untuk verifikasi dan taksasi nilai agunan (appraisal)
  4. Putusan KPR/Kredit (disetujui atau tidak), lalu jika disetujui maka akan dilakukan order notaris untuk checking dokumen dan pembayaran pajak-pajak serta melakukan akad jual beli.
  5. Realisasi kredit/KPR

Nah, Seperti itulah syarat dan proses pengajuan KPR di Bank BTN. Cukup mudah ya ternyata. Pastikan sebelum kamu mengajukan KPR, kamu sudah menemukan dan memilih calon rumah yang pas dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan untuk membayar. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

 

Related Posts