Home Tabungan Bunga Deposito Bank-bank BUMN

Bunga Deposito Bank-bank BUMN

by Lara Nifa
deposito bank BUMN

Mungkin sebagian dari Anda sering mendengar tentang bunga deposito, di mana deposito sendiri adalah salah satu produk perbankan yang mungkin tidak sepopuler produk lain yang ditawarkan oleh bank. Padahal bisa dikatakan deposito adalah salah satu jenis investasi yang menjanjikan. Jadi sebenarnya apa itu deposito? Mari kita simak pembahasan di bawah ini. 

Pengertian Deposito 

Pengertian deposito bisa dikatakan sebagai tabungan berjangka. Perbedaan dari deposito dengan tabungan biasa ini adalah jika tabungan dapat diambil sewaktu-waktu saat Anda membutuhkan, sedangkan deposito sendiri tidak bisa Anda ambil jika belum masanya. Biasanya nasabah memilih tabungan jenis ini karena ada suku bunga deposito yang akan didapatkan. 

Deposito ini sendiri memang diperuntukan bagi Anda yang menyimpan uang dalam kurun waktu tertentu. Jangka waktu yang disediakan untuk tabungan deposito ini sendiri minimal 3 bulan dan paling lama hingga 2 tahun. Nasabah pun dapat memperpanjang jangka waktu yang sama, semisalnya awal Anda deposito 3 bulan, maka perpanjangan juga 3 bulan. 

Bisa dikatakan bahwa deposito bisa masuk menjadi salah satu investasi masa depan yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan adanya tabungan ini, maka keamanan finansial dapat diperoleh oleh seluruh masyarakat. Ada 3 jenis deposito yang diterapkan oleh lembaga keuangan yaitu deposito berjangka, deposito on call dan sertifikat deposito.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa ketika menabung deposito akan ada bunga yang didapatkan. Di mana hampir seluruh bank menyediakan angka suku bunga deposito yang berbeda-beda. Namun, tetap sesuai aturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Untuk bank di bawah naungan BUMN juga memiliki angka bunga yang berbeda. 

Keuntungan Tabungan Deposito 

bunga deposit bank BUMN

Selain masa bunga, sebenarnya apa saja keuntungan dari tabungan deposito ini. Berikut ini adalah keuntungannya: 

  • Bunga yang cukup besar 

Deposito sendiri mempunyai besaran bunga yang cukup tinggi per tahunnya, di mana minimal angkanya berada di 3% hingga mencapai 7%. Tentu saja ini akan menjadi salah satu keuntungan yang cukup besar di waktu jatuh tempo. 

  • Gratis biaya administrasi 

Keuntungan selanjutnya yang bisa diperoleh oleh nasabah tabungan deposito adalah gratis biaya administrasi. Jika pada tabungan biasa, Anda akan terkena biaya administrasi per bulannya, maka untuk deposito ini tidak. Anda hanya perlu membayar pajak sekitar 20% dari bunga yang didapatkan. Di mana tentu saja jumlah yang didepositokan tidak akan berkurang. 

  • Tidak terpengaruh kondisi ekonomi 

Maksmimal nominal uang yang didepositokan adalah 2 milyar rupiah. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak deposito uang lebih dari 2 milyar rupiah. Di mana uang yang didepositokan akan aman walaupun terjadi krisis ekonomi. Makanya ini menjadi salah satu cara tepat untuk menyimpan uang tanpa harus khawatir tentang masalah kondisi ekonomi. 

  • Prosesnya mudah 

Untuk bisa menabung deposito sendiri adalah Anda tidak akan menjalani proses yang merepotkan. Seluruh proses menabung deposito sangatlah mudah dan cepat. Di mana proses akan selesai dalam kurun waktu sehari. 

Setelah melihat keuntungan yang didapatkan, sudah jelas bahwa menabung deposito dapat menjadi pilihan tepat untuk investasi. 

Suku Bunga Bank BUMN 

BUMN sebagai instansi pemerintah sendiri, mempunyai beberapa bank yang juga memiliki produk deposito yang bisa dipilih masyarakat, di mana suku bunganya pun berbeda-beda. Berikut ini adalah daftar bank BUMN untuk tabungan deposito beserta bunganya: 

  • Bank BNI 

Bank Negara Indonesia atau BNI adalah salah satu bank milik BUMN. Bank ini sendiri menyediakan banyak sekali produk tabungan yang tentu saja dapat digunakan oleh nasabah dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Bank ini juga menyediakan tabungan deposito yang suku bunganya bisa mencapai 5,8%. 

  • Bank BRI 

Satu lagi bank milik BUMN yang juga menyediakan segala jenis fasilitas agar masyarakat bisa menabung dengan aman dan juga nyaman. Bank Rakyat Indonesia sendiri juga berkomitmen untuk membantu masyarakat agar bisa mendapatkan fasilitas perbankan, termasuk dalam tabungan deposito. Suku bunga deposito yang diberikan oleh bank BRI sendiri mencapai angka 5,8% per tahunnya. 

  • Bank BTN 

Mungkin saat ini Bank Tabungan Negara atau BTN memberikan suku bunga yang cukup tinggi untuk deposito yaitu hingga mencapai 6% per tahunnya. Tentu saja pemberian suku bunga ini tergantung dari berapa jangka waktu yang diambil nasabah untuk menyimpan depositonya.

  • Bank Mandiri 

Jika Anda memilih menabung deposito di Bank Mandiri, maka suku bunga yang ditawarkan mulai dari 3% hingga 5%, tergantung dari produk deposito apa yang dipilih. Jika dihitung angka ini juga tentu saja sudah cukup besar. 

Itu adalah beberapa penjelasan tentang bunga deposito dan suku bunga yang diberikan oleh Bank BUMN. Di mana memang angka paling besar yang bisa didapatkan oleh nasabah dalam hal bunga mencapai 6%. 

 

Related Posts