Home Bisnis dan Usaha Buka Warung Makan Sederhana, Bisa Sukses Dengan Tips Ini

Buka Warung Makan Sederhana, Bisa Sukses Dengan Tips Ini

by Lara Nifa

Membangun bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan ada matinya. Kuliner sendiri merupakan kebutuhan pokok untuk manusia, untuk itu tidak perlu khawatir jika akan memulai bisnis ini. Terlebih jika kamu memiliki hobi memasak.

Kamu dapat menyalurkan hobi kamu dengan membangun bisnis ini. Dimulai dari membuka warung makan sederhana, kamu akan terus bisa mengembangkannya menjadi lebih besar perlahan lahan. Ada banyak cara untuk dapat menjalankan bisnismu agar berjalan lancar. 

Tips supaya warung makan bisa sukses

Melakukan Survei Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan membangun sebuah rumah makan adalah dengan melakukan riset pasar. Pelajari terlebih dahulu makanan apa yang disukai orang orang, kemudian makanan apa yang saat ini sedang popular. 

Selanjutnya sesuaikan selera makanan yang akan kamu jual dengan selera di lingkungan tempat kamu berjualan. Jika hal ini sudah tepat kamu lakukan seharusnya rumah makan yang kamu buka akan dapat dengan mudah untuk menggaet pembeli.

Tentukan Target Pasar

Setelah melakukan survei pasar, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menentukan target pasar mu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar makanan yang kamu buat dapat dengan mudah menggaet targetnya. Kemudian kamu dapat menyesuaikan harga untuk makanan yang kamu jual dengan target pasar yang kamu buat. 

Jangan sampai kamu mendapatkan kendala hanya karena makanan yang kamu jual tidak sesuai dengan pasar yang kamu tuju. Penyesuaian harga terhadap target pasar juga akan menjadi penentu dalam kesuksesan bisnis rumah makan yang sedang kamu jalankan. 

Misalnya jika kamu menentukan target pasar adalah mahasiswa maka harga yang kamu tawarkan harus sesuai dengan kantong mahasiswa. Dan jika kamu menentukan target pasar adalah orang orang kantoran, kamu bisa memasang harga yang lebih tinggi dari harga mahasiswa maupun pelajar.

Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi strategis untuk mendirikan rumah makan sederhana yang kamu buat akan menjadi salah satu penentu banyak tidaknya pembeli yang akan datang. Tentukan lokasi yang gampang untuk di tuju, kemudian cari lokasi yang ramai orang lalu lalang, dan cari lokasi yang strategis sesuai target pasar mu.  

Namun sebaliknya jika rumah makan mu tidak memenuhi kriteria kriteria tersebut maka rumah makan mu kemungkinan besar akan mengalami kebangkrutan karena tidak adanya atau sedikitnya pelanggan yang datang.

Jual Jenis Makanan yang Unik

Jenis makanan yang kamu jual juga akan menentukan sukses tidaknya usaha rumah makan yang sedang jalankan. Pilih jenis makanan yang unik dan tidak banyak di jual di luar sana. Pertama agar kamu tidak memiliki banyak sekali saingan karena menjual makanan yang sama. 

Kedua agar lebih menarik pembeli untuk datang ke rumah makan mu.  Tidak harus sangat berbeda, setidaknya makanan yang kamu jual harus memiliki cita rasanya sendiri yang tidak dimiliki oleh rumah makan lainya. 

Hal ini mempengaruhi tinggi rendahnya pembeli yang akan datang, karena jika cita rasa makanan yang kamu jual berbeda dengan warung makan lainnya walaupun warung makan lainnya menjual makanan yang sama, maka pembeli tetap akan datang ke rumah makan mu pada kesempatan berikutnya.

Pilih Tenaga Kerja yang Tepat

Ketika membuka rumah makan, disini kamu bukan hanya menjual makanan. Kamu juga akan menjual jasa, oleh karena itu pilihlah tenaga kerja yang tepat. Pertama untuk melayani pembeli tenaga kerja yang kamu miliki harus ramah agar pembeli yang datang akan merasa senang. Sebaliknya jika tenaga kerja yang kamu miliki tidak ramah atau cuek.

Pembeli yang akan datang akan merasa tidak puas dan kemungkinan untuk datang kembali kerumah makan mu sangat kecil. Untuk itu, pemilahan tenaga kerja yang tepat juga akan menentukan berjalan baik atau tidaknya usaha rumah makan yang akan kamu jalankan. 

Selain tenaga kerja untuk melayani pembeli, jika kamu tidak memasak makanan yang akan kamu jual sendiri, kamu harus mencari tenaga kerja untuk memasak atau koki yang sesuai. Hal ini agar masakan yang dihasilkan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jangan sampai selera rasa dengan koki yang memasak malah berbeda.

Lakukan Promosi Dengan Gencar

Jika kamu sudah melakukan dengan baik semua hal diatas maka ada satu tips lagi yang harus kamu lakukan, yaitu promosi. Promosi yang baik juga akan menentukan keberlangsungan bisnis  rumah makan yang sedang kamu jalankan. 

Selain dengan membuat spanduk besar di depan rumah makan mu, kamu juga harus melakukan promosi secara online melalui media social. Karena tidak kita pungkiri peran media sosial sangat mempengaruhi semua aspek kehidupan. 

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan rumah makan mu. Seperti melalui facebook, instagram, maupun tik tok yang saat ini sedang sangat populer. Caranya dengan membuat video promosi pendek semenarik mungkin dan di unggah di media sosial kamu. Dengan begitu rumah makan mu akan diketahui banyak orang tanpa batasan wilayah.

Related Posts