Home Tips Buat SIM Secara Online Sekarang Sudah Bisa, Ini Caranya

Buat SIM Secara Online Sekarang Sudah Bisa, Ini Caranya

by Lara Nifa

Selama ini, membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) hanya dilakukan secara konvensional atau datang langsung dan antri ke SATPAS. Terkadang hal itu yang membuat sebagian dari masyarakat yang sedang sibuk bekerja dan belum memiliki waktu yang tepat untuk membuat dan memperpanjang SIM merasa kesulitan.

Belum lagi ketika sudah bisa datang secara langsung kamu harus antri panjang dan jika sudah melewati jam kerja maka terpaksa kamu harus menunggu di hari berikutnya. Tidak hanya itu saja, bahkan jika kamu ingin memperpanjang SIM aturan sekarang yang sudah berlaku, apabila kamu sampai melewati batas waktu perpanjang SIM maka terpaksa kamu harus membuat proses SIM dari awal layaknya baru pertama kali membuat SIM.

Kendati demikian, sekarang kamu tidak perlu khawatir soal itu. Karena sekarang sudah bisa membuat SIM secara online bahkan, bisa melalui smartphone saja.

Jika sudah bisa diakses dengan mudah melalui smartphone maka sudah jelas, kamu yang sedang sibuk bekerja atau sibuk beraktivitas pun akan jadi lebih mudah mengakses di manapun dan juga kapanpun. Tentu saja masyarakat akan lebih mudah dengan adanya pembuatan SIM secara online tersebut.

SIM merupakan dokumen yang penting untuk kamu yang memiliki kendaraan dan mengemudi. Dalam membuat SIM tidak bisa hanya daftar saja, namun harus melalui tahapan tes teori dan juga praktik.

Kalau sudah memiliki SIM, maka perjalananmu jadi lebih aman dan tidak akan kena tilang dari polisi lalu lintas. Maka akan lebih baik jika kamu tahu cara membuat SIM secara online.

Syarat Membuat SIM yang Baru

Membuat SIM juga ada syarat yang wajib dipenuhi, ada beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui juga selain dari pembuatan SIM secara online, yakni syarat yang harus dipenuhi untuk membuat SIM baru. Berikut ini syarat yang harus dipenuhi untuk membuat SIM baru. Simak yuk!

  1. Usia minimal 17 tahun, khusus untuk yang ingin membuat SIM 1, SIM c, dan SIM D. Untuk kebutuhan SIM B I maka minimal harus sudah berusia 20 tahun. Untuk SIM B II minimal sudah berusia 21 tahun. Kemudian untuk tujuan pembuatan SIM A umum maka minimal usianya adalah 20 tahun. Usia minimal 22 tahun untuk pengajuan SIM B umum dan minimal usia 23 tahun untuk mengajukan SIM BII Umum.
  2. Menyiapkan formulir untuk mengajukan pembuatan SIM yang sudah kamu isi sesuai petunjuk yang lengkap.
  3. Siapkan KTP 
  4. Jika kamu warga asing, maka wajib melampirkan dokumen penting berupa paspor dan KITAP (warga asing yang menetap), visa diplomatik, lalu kartu keanggotaan diplomatik, dan bisa juga kartu identitas lain, paspor dinas untuk seorang tenaga ahli pelajar yang sedang belajar, lalu surat izin singgah untuk yang sedang berwisata dan tidak sedang menetap.
  5. Untuk WNA harus ada surat izin kerja bagi yang bekerja (Surat izin dari Kemnaker).
  6. Sertifikat telah lulus pelatihan dalam mengemudi.

Langkah Cara Membuat SIM Online Menggunakan Aplikasi

Kamu harus memiliki aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone yakni fitur SINAR atau SIM Nasional Presisi. Berikut ini adalah langkah cara yang harus dilakukan membuat SIM secara online melalui aplikasi. Intip yuk!

  1. Unduh aplikasi Digital Korlantas Polri di PlayStore atau Appstore.
  2. Lakukan registrasi dalam aplikasi berupa memasukkan data.
  3. Selanjutnya isi nomor telepon yang masih aktif. Tunggu sampai ada SMS pemberitahuan kode OTP. 
  4. Jika sudah mendapatkannya, maka masukkan kode OTP tersebut dan jangan bagikan kepada siapapun.
  5. Buatlah PIN dan lakukan konfirmasi
  6. Isi semua profil dalam menu Profil secara lengkap memakai NIK, nama dan juga alamat email.
  7. Selanjutnya, kamu akan segera mendapatkan email mengenai aktivasi dan verifikasi akun.
  8. Buka emailnya dan tekan verifikasi pada pesan yang ada.

Demikian cara yang bisa dilakukan untuk membuat SIM menggunakan aplikasi secara online. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang SIM dan membuat SIM Baru menggunakan aplikasi yang sama dengan cara online. 

Perpanjang SIM secara online pun bisa dilakukan dalam aplikasi ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Berikut yang wajib diperhatikan dalam perpanjang SIM menggunakan aplikasi yang sama di Digital Korlantas Polri. 

  1. Buka aplikasi, dan jika sudah verifikasi data, klik menu “SIM SINAR”
  2. Klik “perpanjang SIM”
  3. Selanjutnya, unggah dokumen penting yang diperlukan, yakni e KTP, foto SIM lama, tanda tangan diatas kertas berwarna putih, pas foto latar biru, dan hasil tes kesehatan jasmani dan psikologi yang sudah dilakukan di situs https://erikkes.id 
  4. Pilihlah SATPAS yang menerbitkan SIM kamu sebelumnya
  5. Masukkan nomor rekening untuk pengembalian dana apabila terjadi pengajuan perpanjangan SIM “ditolak” dari SATPAS
  6. Pilihlah metode untuk pengiriman dan metode pengambilan SIM. Bisa POS Indonesia dan lainnya
  7. Pilihlah bagaimana metode pembayaran
  8. dan terakhir, periksa status dari transaksi dalam menu “transaksi”.

Related Posts