Home Perencanaan BPJS Kesehatan: Manfaat dan Besaran Iurannya

BPJS Kesehatan: Manfaat dan Besaran Iurannya

by Lara Nifa
bpjs kesehatan untuk masyarakat indonesia

Saat ini Pemerintah telah meluncurkan badan usaha yang memberikan layanan jaminan kesehatan kepada masyarakat Indonesia yaitu BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan sendiri merupakan pembaruan dari layanan Askes yang telah diberikan atau telah ada sebelumnya. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan adalah organisasi yang memiliki misi untuk memberikan perlindungan kesehatan dasar bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebelum berubah dan diperbarui  menjadi BPJS Kesehatan seperti sekarang ini, organisasi tersebut bernama PT Asuransi Kesehatan Indonesia atau ASKES (Persero), dan telah ada dari tahun 2014 dan diatur di dalam undang-undang BPJS.

Sekilas Mengenai Manfaat BPJS Kesehatan 

iuran bpjs kesehatan

Pemerintah tidak hanya membentuk BPJS Kesehatan, akan tetapi pemerintah juga memberikan program berupa BPJS Ketenagakerjaan yang sebenarnya pembaruan dari lembaga sebelumnya yaitu PT. Jamsostek. Sementara itu BPJS Ketenagakerjaan sudah mulai diselenggarakan dari pertengahan tahun 2015. Kedua program tersebut tentu mempunyai manfaatnya masing-masing, dan juga membawa keuntungan bagi masyarakat.

Bagi Anda yang sudah mempunyai BPJS tetapi belum mengetahui manfaat apa yang bisa didapat, berikut ini kami akan membahas manfaat BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  • BPJS Mengcover Semua Jenis Penyakit

Manfaat pertama dari BPJS Kesehatan adalah BPJS Kesehatan dapat menanggung semua layanan kesehatan bagi peserta BPJS bersifat pengobatan. Intinya, penyakit yang masuk dalam indikasi medis sudah sesuai dengan prosedur JKN akan ditanggung atau dicover oleh BPJS.

Berdasarkan panduan pelaksanaan JKN pada Permenkes No 28 Tahun 2014, pernyataan tersebut menyatakan bahwasanya semua penyakit akan dicover oleh BPJS kecuali secara jelas dinyatakan beberapa hal yang menyangkut estetika, infertilitas, terapi alternatif dan terapi atau pengobatan alternatif tidak akan ditanggung oleh BPJS.

  • BPJS Mengcover Penyakit yang Tidak Dicover Asuransi Lain

BPJS Kesehatan sendiri merupakan lembaga asuransi yang menjalankan sistem gotong royong dimana orang sehat akan membantu orang yang membutuhkan. Maka dari itu Manfaat BPJS kesehatan yang lain yaitu sebagai jaminan yang sangat membantu peserta BPJS yang mempunyai penyakit, apapun kondisi dan penyakitnya tanpa terkecuali.

Selain itu, BPJS juga akan membantu peserta yang mengalami penyakit serius seperti kanker, gagal ginjal, jantung dan penyakit lain yang biasanya tidak ditanggung oleh asuransi lainnya.

  • Iuran BPJS Kesehatan Cukup Murah

BPJS dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya, maka untuk manfaat berikutnya adalah iuran yang relatif murah. Namun murah bukan berarti penuh dengan kekurangan, BPJS Kesehatan bisa memberikan manfaat bagi seluruh peserta.

Besarnya iuran BPJS kesehatan yang dibebankan kepada peserta BPJS tergantung dari kelas dan fasilitas kesehatan yang dipilih. Dengan biaya yang relatif murah, BPJS kesehatan sudah bisa menanggung banyak penyakit, rawat inap, operasi, pengobatan dan persalinan. Selain itu, BPJS Kesehatan juga bisa menanggung program cuci darah.

  • Jaminan Seumur Hidup

Manfaat BPJS kesehatan selanjutnya yang dapat Anda rasakan yaitu BPJS Kesehatan yang beroperasi hanya dengan iuran dari peserta, maka seluruh peserta BPJS Kesehatan dapat menikmati jaminan untuk seumur hidup.

Semua manfaat tersebut merupakan hak masing-masing peserta, tentunya jika peserta dapat memenuhi kewajibannya maka semua manfaat tersebut dapat diberikan. Yang perlu diingat, kewajiban peserta adalah membayar iuran tepat waktu dan mematuhi aturan medis yang diatur oleh BPJS Kesehatan.

  • Cara Pembayaran Iuran yang Mudah

BPJS n bekerja sama dengan berbagai jenis layanan pembayaran dan Anda dapat menggunakannya selama Anda membayar iuran setiap bulan. Disinilah manfaat atau keuntungan yang dirasakan, karena BPJS menawarkan kemudahan melalui berbagai layanan.

Anda tidak perlu membayar iuran BPJS kesehatan secara manual melalui Bank atau ATM, akan tetapi Anda juga bisa membayar iuran melalui internet atau mobile banking dari berbagai Bank yang menjalin kerjasama. Selain itu Anda juga bisa membayar iuran melalui berbagai platform digital dengan sangat mudah, seperti melalui Bukalapak, Tokopedia, Gopay, dan beberapa platform lain.

Iuran BPJS Kesehatan

Iuran BPJS Kesehatan telah mengalami kenaikan sejak awal tahun ini. Kenaikan iuran ini khusus untuk jenis Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau lebih dikenal dengan peserta mandiri serta untuk jenis Bukan Pekerja (BP).

Seperti kita ketahui bersama, BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri terbagi dalam tiga kategori atau tiga kelas. Dilansir dari beberapa sumber, mengacu pada Keppres terbaru, kenaikan iuran yang harus dibayar hanya untuk kelas III. Sedangkan untuk tahun ini tidak ada kenaikan iuran untuk BPJS untuk kelas I dan II, karena sudah sejak pertengah tahun 2020 lalu sudah mengalami kenaikan.

Sebagai tambahan bagi kita semua, berikut ini rincian iuran BPJS Kesehatan dari ketiga kelas yang sudah mengalami kenaikan :

  • Kelas I   : Rp 150.000
  • Kelas II   : Rp 100.000
  • Kelas III    : Rp 25.500

Related Posts