Home Bisnis dan Usaha Bisnis yang Cocok bagi Karyawan yang Sudah Pensiun

Bisnis yang Cocok bagi Karyawan yang Sudah Pensiun

by Lara Nifa

Banyak orang yang bekerja sebagai pegawai swasta, pegawai BUMN bahkan pegawai negeri yang nantinya akan menghadapi masa pensiun. Banyak dari pegawai yang telah memiliki usaha saat masih menjadi pegawai atau karyawan suatu perusahaan, guna mendapatkan sumber cuan serta beberapa alasannya untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa penat bekerja atau di akhir pekan. Ada juga karyawan yang sudah menginjak usia yang sudah lebih dari 50 tahun menyiapkan usaha guma mengisi hari tua pasca pensiun di masa yang akan datang. Tentunya akan memerlukan jenis usaha yang sesuai dengan usianya, misalnya pekerjaan atau usaha yang tidak menggunakan banyak tenaga fisik.

 

Demi menjamin hari tua supaya siap di setelah pensiun nanti,  maka mencoba membuka usaha bisnis dapat mengisi waktu luang. Jika hendak membuka atau menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk bisnis nanti. 

 

Rekomendasi Bisnis Setelah Pensiun

 

Di bawah ini merupakan ulasan-ulasan mengenai apa saja rekomendasi peluang bisnis yang cocok untuk mengisi hari tua atau setelah pensiun. 

 

Rumah Kos atau Membuka Kontrakan 

 

Jika akan memulai bisnis rumah kos atau kontrakan, maka lakukan sebuah survei mengenai segala potensi dari bisnis ini, lakukan survei di lingkungan sekitar Anda dahulu, misalnya di wilayah dekat kampus, dekat pabrik, dekat perkantoran.

 

Dalam proses menyiapkan bangunan untuk rumah kos atau kontrakan rumah akan membutuhkan modal yang terbilang jumlah yang besar. Anda dapat memanfaatkan dana tabungan, dana dari pesangon untuk modal ini.

 

Apabila bangunan kos dan kontrakan audah selesai dibangun, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan, yaitu harus menyediakan segala fasilitas dengan kualitas yang bagus tentunya agar calon pengguna kos merasa nyaman dan bertahan lama. Kemudian, lakukan segala perhitungan harga sewa yang sebanding dengan fasilitas yang Anda sediakan. 

Peternakan atau Perkebunan

 

Apabila Anda sudah pensiun dan tinggal di lingkungan pedesaan, maka jenis usaha yang satu ini akan cocok untuk Anda. Membuka peternakan atau perkebunan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan pasar. 

 

Pada jenis usaha membuka suatu peternakan yang dapat Anda pilih dapat berupa ternak ayam pedaging atau ayam petelur, kemudian bisa juga membuka ternak sapi pedaging bahkan sapi perah juga bisa, lalu bisa juga menjalankan ternak bebek, bahkan budidaya burung kicau. 

 

Jika hendak membuka usaha di bidang perkebunan, Anda juga dapat memulai dari beberapa kebun kecil, misalnya kebun buah atau sayur. Segala usaha memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing, maka dari itu jika belum memiliki dasar pengetahuan mengenai peternakan dan pertahaniam, maka lebih baik konsultasikan dulu kepada yang lebih ahli di bidangnya. 

Toko Kelontong

 

Membuka usaha bisnis toko kelontong seperti warung 24 jam juga cocok menjadi bisnis yang dilakukan khususnya setelah pensiun, tentunya tidak membutuhkan bangak tenaga fisik. Target pasar dari warung kelontong pastinya adalah masyarakat yang tinggal di sekitar rumah Anda.  Bisnis ini bisa dibilang bisnis yang mudah dilakukan karena dapat dilakukan di rumah sendiri dengan memanfaatkan salah satu ruang di dalam rumah untuk dijadikan sebuah warung dengan sedikit sentuhan renovasi. Produk yang akan dijual di toko kelontong harus berupa kebutuhan sehari-hari. 

Rental Kendaraan

 

Memulai bisnis seperti membuka rental kendaraan bermotor ataupun mobil, merupakan ide yang tidak buruk. Bisnis ini cocok untuk seseorang yang baru saja pensiun. Bisnis ini akan sangat diminati apabila Anda membuka jasa penyewaan mobil/motor di area tempat wisata dan di tengah pusat kota. 

 

Hal yang pasti jika Anda memulai bisnis rental kendaraan maka, wajib mempunyai banyak unit sepeda motor dan beberapa unit mobil yang memang khusus untuk disewakan. Apabila Anda tidak mempunyai kendaraan tersebut maka solusinya Anda dapat membelinya dengan cara kredit dan bila mampu juga bisa dengan cara yang tunai.

 

Lalu, supaya perjalanan bisnis yang Anda jalani bisa menghasilkan keuntungan maka Anda wajib melakukan segala promosi. Jika sudah memberlakukan promosi yang tepat sasaran, maka Anda akan mendapatkan pelanggan yang tetap serta dipercaya. 

Demikian beberapa ide untuk mengisi waktu luang setelah pensiun. Meskipun usia Anda masih mudah, tidak ada salahnya melakukan perencanaan rinci mengenai apa saja yang akan Anda lakukan untuk mengisi waktu luang Anda sebagai seorang karyawan yang sudah pensiun di masa yang akan datang. Jika sesuatu sudah tersiapkan maka akan memudahkan Anda menjalani hari, asalkan semua kegiatan pengisi waktu luang Anda adalah hak yang bermanfaat baik untuk Anda pribadi maupun untuk orang lain di sekitar Anda. Berdasarkan beberapa ulasan di atas semoga sudah mendapatkan inspirasi mengenai rencana Anda kelak ketika sudah Pensiun. Karena membuka usaha bisnis tetap harus menggunakan modal yang cukup. Semoga bermanfaat!

 

Related Posts