Home Bisnis dan Usaha Bisnis Unik: Ekspor Cicak ke Hong Kong

Bisnis Unik: Ekspor Cicak ke Hong Kong

by Lara Nifa

Siapa yang menyangka jika reptil sekecil cicak mempunyai nilai ekspor yang tinggi dibandingkan dengan tokek yang selama ini sering diburu oleh banyak orang karena khasiatnya. Kepopuleran cicak ini juga sebenarnya bukan tanpa alasan.

Di luar negeri cicak memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan karena itu biasanya digunakan sebagai salah satu bahan obat dan yang paling banyak menggunakan cicak pada komposisi obat herbal adalah Hongkong.

Karena itu Doni editiawarman merupakan salah satu pengusaha yang berasal dari Sumatera barat memiliki ketertarikan tersendiri untuk mulai berbisnis cicak kering. Bahkan baru-baru ini beliau mengekspor sebanyak 670 kilo gram cicak kering ke Hongkong. Dodi juga menjelaskan bila ia memperoleh cicak-cicak tersebut dari rumah-rumah yang ada di daerahnya dan juga dari pulau lain salah satunya adalah pulau Jawa.

Kemudian Dodi juga menjelaskan supaya ketika di ekspor cicak tidak mengeluarkan aroma tidak sedap mereka harus melakukan sejumlah proses mulai dari pengeringan secara langsung di bawah sinar matahari hingga penggunaan formalin yang diletakkan pada saat pengemasan. Untuk pengirimannya sendiri Dodi mempergunakan transportasi udara dengan rute Padang-Jakarta kemudian Jakarta-Hongkong.

Mitos hewan cicak

Seperti yang kita ketahui bersama jika cicak adalah hewan yang kerap ditemukan di sekitar rumah di dalam ataupun di tempat-tempat lain bahkan Anda juga bisa menemukannya di hutan. Keberadaan hewan ini memang tidak terlalu dipedulikan oleh orang-orang, kecuali ketika si cicak jatuh dan menimpa bagian tubuh tertentu.

Karena seperti yang Anda ketahui di Indonesia masih banyak sekali orang yang mempercayai hal-hal tab atau mitos tentang cicak. Apalagi jika anda tinggal di area pedesaan dan masih kental dengan budaya serta adat istiadatnya. Berikut adalah beberapa mitos yang kerap didengar :

Kejatuhan cicak di kaki

Mitos pertama yang cukup banyak didengar yaitu tentang kejatuhan cicak di area kaki ini katanya pertanda akan terjadi hal buruk. Contohnya rencana yang sudah Anda susun bisa gagal, akan mengalami kerugian dalam hal finansial, bahkan ada pula yang mengatakan jika dapat mempengaruhi kesehatan.

Namun, ternyata jatuhnya cicak tergantung di sebelah mana, misalnya jatuh di sebelah kiri maka kesulitan yang anda alami tersebut didatangkan dari orang yang tidak Anda kenal. Kemudian jika jatuh di sebelah kanan maka ada saudara atau kerabat dekat yang sedang mengalami kesulitan ada pula mitos yang mengatakan ketika cicak tersebut jatuh kemudian dia memanjat kaki ini pertanda bisa terjadi hal buruk kepada Anda.

Kejatuhan cicak di kepala

Mitos yang satu ini termasuk yang paling populer dan cukup banyak yang mempercayainya, yaitu kejatuhan cicak tepat di atas kepala. Sebab menurut mitos yang beredar jika anda kejatuhan cicak di kepala ini akan memunculkan hal-hal negatif dalam kehidupan.

Kemudian ada pula mitos yang mengatakan jika hal ini terjadi pada anda kemungkinan akan ada anggota keluarga yang meninggal dunia atau menjadi pertanda bila orang tersebut akan kecelakaan atau tertimpa musibah.

Kejatuhan kotoran cicak

Menurut mitosnya apabila Anda kejatuhan kotoran dari hewan ini, katanya kondisi kesehatan Anda dapat terganggu. Karena itu disarankan ketika kejatuhan sebaiknya segera mandi atau mengganti pakaian bahkan ada juga yang mengatakan ketika Anda sedang beraktivitas, maka hentikanlah kegiatan tersebut untuk sementara apalagi jika berada di luar rumah.

Manfaat hewan bagi kehidupan manusia

Walaupun mitos tentang cicak tersebar luas di masyarakat dimulai dari cicak yang memiliki ekor bercabang bisa dijadikan jimat atau hal-hal lainnya, namun pada kenyataannya hewan ini sendiri mempunyai manfaat di kehidupan manusia dan hal ini jarang disadari oleh kita seperti :

Pemakan serangga

Anda bisa memperhatikan ketika di rumah tidak ada cicak biasanya mulai muncul serangga-serangga kecil yang bisa mengganggu aktivitas di rumah. Contohnya semut, lalat, nyamuk dan serangga lain yang merupakan makanan alami dari cicak. Jadi, walaupun Anda jijik atau geli melihat cicak ada baiknya tidak mengurangi populasi mereka di dalam rumah sebab hewan ini merupakan predator alami dari serangga-serangga tersebut.

Makanan bagi binatang peliharan

Untuk yang satu ini mungkin merupakan sebuah pengetahuan baru bagi pemilik kucing anjing ataupun hewan piaraan lain yang ada di rumah. Karena ternyata cicak juga bisa dijadikan sebagai salah satu pakan atau cemilan bagi hewan peliharaan Anda, sebab pada kenyataannya protein yang terdapat di dalam tubuh cicak bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Bagaimana apakah Anda juga tertarik untuk melakukan bisnis ekspor cicak kering seperti yang dilakukan oleh Dodi, namun ada baiknya apabila anda memang ingin berbisnis pada bidang tersebut cari tahulah terlebih dahulu tentang prosedur prosedur yang harus dilakukan supaya cicak yang dikirim tidak bau dan tetap aman sampai di tempat tujuannya.

Related Posts