Home Bisnis dan Usaha Bisnis Tas Kulit Asli, Segini Perkiraan Modalnya

Bisnis Tas Kulit Asli, Segini Perkiraan Modalnya

by Lara Nifa

Saat ini masih banyak para pecinta tas dengan kulit asli. Permintaan konsumen yang tidak sedikit ini menjadi peluang kesempatan bisnis oleh beberapa orang. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang ingin menjalankan bisnis tas kulit asli ini? 

Jika kamu serius dengan bisnis ini, mulai lah dari memperkirakan jumlah modal yang harus kamu keluarkan jika menjalankan bisnis tas kulit asli. Siapkan semuanya dengan matang agar di kemudian hari tidak ada masalah mengenai keperluan yang kurang.  Nah, sebelum membahas tentang perkiraan modal untuk bisnis tas kulit asli, kamu harus memperhatikan beberapa hal ini. 

Mempelajari Tentang Dunia Bisnis Tas Kulit Asli

Dalam menjalankan jenis bisnis apapun, hal yang paling pertama dilakukan sebelum memperkirakan modal yaitu mempelajari dahulu tentang bagaimana dunia bisnis tas kulit asli. Informasi seputar bisnis tas kulit ini bisa kamu dapatkan dari google, majalah, buku ataupun langsung dari orang yang ahli dalam bidang nya. 

Hal yang bisa kamu pelajari seputar bisnis ini yaitu mengenai jenis-jenis kulit yang bisa diproduksi, model tas yang sedang hits, harga sampai target pasar untuk penjualan barang. Ini harus dilakukan agar bisnis yang kamu jalankan tidak mudah ditipu atau dirugikan orang lain di kemudian hari. 

Memilih Bahan Untuk Tas Kulit Asli

Jumlah modal yang dikeluarkan bisa kamu ketahui melalui bahan apa yang nantinya akan kamu pakai untuk produk tas. Karena ini adalah tas kulit asli berarti kamu harus mencari berbagai jenis kulit yang berkualitas dan mencari tahu harga bahan tersebut. Barulah memperkirakan modal setelah mendapatkan jenis kulit yang cocok. 

Mencari Supplier Kulit Asli

Setelah mengetahui jenis kulit mana yang cocok dengan produksi dalam bisnis yang kamu jalani, hal selanjutnya yaitu mencari supplier yang pas dan terpercaya untuk mempercayakan bahan yang akan kamu dapat nantinya. Sehingga dari penyuplai ini kamu bisa dengan pasti menentukan harga beli bahan baku yaitu kulit. 

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, kamu bisa melangkah pada tahap selanjutnya yaitu memperkirakan modal yang harus dikeluarkan untuk bisnis tas kulit asli ini. 

Perkiraan Modal Bisnis Tas Kulit Asli

Langsung saja, untuk perkiraan modal dalam bisnis tas kulit asli ini sekitar kurang lebih Rp. 20 juta. Modal awal ini bisa kamu gunakan untuk pembelian bahan baku yaitu kulit asli, biaya akomodasi dari distributor atau supplier kulit khusus tas. Tetapi modal tersebut belum termasuk uang tambahan jika kamu menggunakan pekerja atau pengrajin tas kulit asli. 

Berikut rincian penggunaan jumlah modal yang disebutkan sebelumnya:

  • Anggaran dipakai untuk membeli peralatan pengrajin seperti gunting, kertas, pensil, alat tulis, lem, palu, penggaris dan peralatan pembantu lainnya. 
  • Anggaran dipakai untuk membeli bahan baku tas kulit seperti kulit asli, amplas, vinil, sol, benang jahit dan yang lainnya. 
  • Anggaran dipakai untuk membeli mesin-mesin pembuatan tas kulit asli. 
  • Anggaran dipakai untuk biaya promosi tas, baik dalam sosial media, iklan, brosur, katalog dan yang lainnya. 

Nah dari modal tersebut kamu bisa menentukan harga tas mulai dari Rp. 400 ribu rupiah sampai jutaan sesuai dengan kualitas dan merk yang kamu jual. 

Tetapi perkiraan modal ini juga bisa sangat simpel kalau kamu menjalankan bisnis tas kulit ini hanya menjadi seller produk, bukan orang yang memproduksi tas kulit asli. Kamu bisa mengambil atau membeli beberapa tas dari pabrik tas dan menjualkan kembali tas kulit asli ini. Jadi perkiraan modal yang kamu keluarkan bisa menyesuaikan berapa jumlah dan harga tas yang sebelumnya kamu beli. Kamu hanya perlu mempromosikan saja. 

Omzet yang di Dapat

Jika dalam sebulan kamu dapat menjual 10 tas kulit asli, dengan harga satuannya Rp. 400.000 ribu rupiah maka omzet yang kamu dapatkan bisa mencapai 4 juta. Apalagi jika 10 tas perharinya. Ini akan menutupi semua modal yang dikeluarkan sebelum nya. 

Perencanaan modal yang kamu siapkan harus dihitung dengan sematang mungkin. Karena bahan kulit asli adalah bahan baku yang tidak murah dan sulit di cari. Sehingga modal yang dikeluarkan tidak sedikit. Nah semoga perkiraan modal ini bisa kamu jadikan contoh untuk perkiraan modal bisnis yang kamu jalani. 

Modal yang akan kamu keluarkan akan berpengaruh dari kualitas dan harga barang yang kamu beli untuk kebutuhan awal bisnis tas kulit asli. Selain itu seperti yang sudah dijelaskan bahwa kamu juga bisa memulai bisnis dengan menjadi seller, sehingga tidak banyak memikirkan perkiraan modal yang rumit. Hanya tinggal membeli tas kulit asli yang sudah jadi dan menjualkan nya kembali. Modal yang disiapkan juga tergantung dari tas yang kamu beli sebelumnya. 

Related Posts