Home Bisnis dan Usaha Bisnis Tanaman yang Paling Menguntungkan dan Tidak Ada Matinya

Bisnis Tanaman yang Paling Menguntungkan dan Tidak Ada Matinya

by Lara Nifa
bisnis tanaman hias

Bisnis tanaman adalah salah satu yang bisa jadi pertimbangan Anda untuk dijalankan. Pada kenyataannya, bisnis tanaman sendiri hingga sekarang ini masih memiliki peluang yang sangat besar. Lalu, bisnis tanaman apa saja yang paling menguntungkan? Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasannya berikut ini. 

Bisnis Tanaman Paling Menguntungkan Saat Ini 

Tidak dapat dipungkiri bahwa tanaman apapun bisa menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Jika Anda ingin menjalankan bisnis yang satu ini, maka berikut ini adalah rekomendasinya: 

Sayur-sayuran 

Jenis bisnis tanaman pertama yang sangat menjanjikan dan untungnya besar adalah sayur-sayuran. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat yang pasti membutuhkan sayuran sebagai asupan makanan dalam kebutuhan sehari-hari. Ada beberapa jenis sayuran yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan bisnis, seperti berikut ini: 

1. Cabai 

Jenis tanaman yang satu ini sendiri paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Mengingat bahwa hampir seluruh masakan di Indonesia menggunakan cabai. Untuk budidaya tanaman yang satu ini juga tidak terlalu sulit. Dari segi kebutuhan sudah jelas sangatlah tinggi. Sehingga jika Anda ingin berbisnis cabai, ada peluang besar. 

2.Bayam 

Sama seperti cabai, bayam juga sayuran favorite bagi orang Indonesia. Terlebih lagi untuk memasak bayam tidaklah sulit. Kebutuhan masyarakat akan sayuran ini sangatlah tinggi. Apalagi bayam terbilang terjangkau, sehingga banyak masyarakat yang memilih bayam untuk dijadikan lauk pauk. 

3. Terong 

Sayur ini juga terbilang sangatlah laris dan cara menanamnya pun tidaklah terlalu sulit. Walaupun ada orang yang tidak suka dengan jenis sayuran ini, tapi tetap saja permintaan pasar terbilang sangat tinggi. Jadi, jelas Anda mempunyai peluang besar untuk mengembangkan bisnis di sayuran terong. 

4. Kangkung 

Kalau ada bayam, pasti ada kangkung. Tidak heran bila kangkung juga menjadi sayuran yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayuran ini juga terbilang sangat mudah untuk dibudidayakan. Dimana yang paling penting adalah Anda mendapatkan tanah yang subur dan cukup banyak air. 

Masih banyak lagi tanaman sayur yang bisa Anda jadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Apalagi jika Anda membuka bisnis sayuran organik yang sekarang ini juga banyak dicari oleh masyarakat. 

Tanaman Herbal

Selanjutnya ada juga tanaman herbal yang mungkin bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis tanaman. Tanaman herbal sendiri di Indonesia termasuk yang sangat laris. Selain untuk urusan kesehatan, tanaman herbal juga bisa digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan minuman. Berikut ini adalah jenis tanaman herbal yang banyak dicari: 

1. Jahe 

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang paling umum dan banyak yang dicari masyarakat. Jahe dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaat. Tidak hanya dikonsumsi untuk sehari-hari, jahe juga dijadikan bahan obat. 

2. Kunyit 

Salah satu tanaman herbal yang juga banyak dibutuhkan adalah kunyit. Tanaman yang satu ini sendiri juga mempunyai banyak sekali khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Sehingga tidak heran jika kunyit sering dijadikan bahan jamu dan juga bumbu dapur. 

3. Temulawak 

Selanjutnya ada temulawak yang seringkali digunakan sebagai obat dan juga multivitamin. Bahkan temulawak bisa jadi bahan ekspor yang sangat menjanjikan. Karena banyak sekali negara yang membutuhkan temulawak ini. 

Ada beberapa tanaman herbal lain yang juga bisa Anda budidayakan, sebut saja sereh, kayu secang dan lain sebagainya. 

Tanaman Hias 

Bisnis tanaman selanjutnya yang juga sangat berpotensi bisa menjadi ladang uang untuk Anda adalah tanaman hias. Adapun contoh dari tanaman hias yang memiliki harga tinggi dan juga bisa Anda budidayakan: 

1. Anggrek 

Bunga yang satu ini sendiri hingga sekarang masih memiliki harga yang tinggi dan tetap menjadi primadona. Anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang paling favorite. Bahkan ada beberapa jenis anggrek yang mempunyai harga fantastis hingga mencapai puluhan juta rupiah. 

2. Mawar

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini. Mawar adalah salah satu tanaman hias yang selalu dibutuhkan dan permintaan pasar selalu tinggi. Mawar biasanya dijual dalam bentuk tangkai, dimana sering dijadikan buket bunga, dekorasi dan lain sebagainya. Pendapatan dari bisnis mawar ini sendiri bisa mencapai ratusan juta dalam satu bulan. 

3. Bonsai 

Kalau berbicara rajanya tanaman hias, maka jelas bonsai ada di peringkat teratas. Bonsai merupakan tanaman yang dikerdilkan dan sekarang ini tidak hanya menjadi penghias taman, tapi juga karya seni. Maka jangan heran jika harganya mencapai miliaran rupiah. 

Itulah beberapa contoh bisnis tanaman yang paling menguntungkan dan tidak ada matinya hingga sekarang. Bisa diambil kesimpulan bahwa bisnis dalam bidang ini memberikan peluang yang cukup besar. Hanya saja, Anda harus benar-benar memahami kebutuhan setiap tanaman yang Anda budidayakan. 

Related Posts