Home Bisnis dan Usaha Bisnis Tanaman Modal Kecil Untung Besar

Bisnis Tanaman Modal Kecil Untung Besar

by Lara Nifa
bisnis tanaman modal kecil

Bagi anda yang ingin mulai usaha di bidang pertanian namun terkendala modal kecil, jangan khawatir karena masih banyak peluang usaha pertanian yang tidak memerlukan banyak modal.

Anda bisa menjalankan usaha pertanian hanya dengan memanfaatkan pekarangan rumah atau dengan menggunakan metode hidroponik untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Saat ini, banyak petani modern yang membuka peluang usaha pertanian secara kreatif bahkan untuk bertani tidak hanya di pedesaan melainkan di daerah perkotaan juga.

Usaha Pertanian Modal Kecil

Usaha pertanian ini termasuk jenis bisnis yang cocok dan sangat prospektif di masa depan, terlebih lagi bisnis pertanian ini bisa anda dilakukan dirumah dengan memanfaatkan lahan yang ada.  melihat akan hal tersebut membuat kebanyakan orang ingin sekali mulai membuka bisnis ini.

Bisnis pertanian akan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan di masa sekarang dan masa depan, Hal ini terjadi karena begitu derasnya permintaan pasar atau masyarakat di tanah air mengenai produk-produk pertanian seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di indonesia. Ditambah produk pertanian ini termasuk dalam kategori kebutuhan primer yang harus ada setiap harinya.

Seperti apa saja usaha pertanian  modal kecil namun memiliki keuntungan yang besar, laris manis serta dapat dijalankan dilahan yang tidak terlalu besar, berikut ini beberapa jenis bidang pertanian yang perlu anda coba dan tentunya hasil yang didapat akan menguntungkan. 

  • Usaha Tanaman Sayuran Organik

Akhir-akhir ini, sudah banyak masyarakat yang mulai beralih untuk mengkonsumsi makanan menyehatkan. Peluang ini menjadikan banyaknya bisnis tanaman organik. Bukan hanya aman serta sehat, Anda juga bisa menjadikan tanaman organik sebagai peluang bisnis baru yang menjanjikan. 

Anda bisa memulai dari jenis tanaman organik yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Tidak harus dengan ukuran lahan yang besar, berbekal lahan yang kecil sekalipun Anda bisa menjalani bisnis tanaman ini dan mendapatkan omset yang menjanjikan. 

  • Usaha Budidaya Tanaman Rempah

Rempah menjadi salah satu tanaman yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Rempah banyak dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa dalam makanan. Konon sudah banyak yang mengungkapkan khasiat jenis tanaman satu ini. Berbekal hal tersebut, tentu menjadi peluang yang menarik jika Anda berbisnis rempah-rempah. 

Modal yang Anda butuhkan untuk berbisnis juga tidak besar, pasalnya harga bibit tanaman rempah-rempah ini juga terjangkau. Mulailah dengan menanam rempah-rempah yang memang banyak dibutuhkan dalam kebutuhan sehari-hari. Anda bisa menanam di halaman belakang rumah. Setelah mulai berkembang dan peluangnya semakin menjanjikan, Anda bisa mulai menyewa lahan untuk mengembangkan bisnis. 

Dengan demikian, bisnis rempah akan menghasilkan pundi-pundi pendapatan yang lumayan. Terlebih jika Anda bisa memanfaatkan pemasaran secara online, bisnis rempah-rempah yang Anda tekuni bisa semakin berkembang. 

  •  Usaha Tanaman Hias

Satu lagi ide bisnis pertanian yang punya peluang keuntungan cukup besar namun dengan modal kecil adalah membuka usaha jualan tanaman hias. Usaha ini seperti tidak lekang dimakan waktu, mengingat pangsa pasarnya yang sangat luas.

Namun, sebelum memulai usaha ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan survey pasar tentang jenis tanaman hias yang sedang laris atau tren di pasaran. Ada beberapa rekomendasi tanaman hias yang saat ini banyak diburu para penggemar tanaman hias, seperti adenium, bonsai, atau tanaman dolar.

  •  Usaha Budidaya Cabe

Seperti yang kita tahu, hampir semua masyarakat Indonesia suka pedas. Berbagai tempat makan bahkan menyajikan menu berbahan cabe dengan banyak level. Oleh karena itu, memiliki kebun cabe bisa jadi solusi bisnis pertanaian yang sangat menguntungkan.

Tidak perlu lahan besar, cukup dalam polybag dan letakkan di halaman rumah. Selain itu, cara budidaya cabe juga mudah, tinggal kasih pupuk dan menyiramnya secara rutin. Anda bisa menitipkan ke warung dekat rumah atau berjualan di pasar.

Itulah beberapa jenis usaha pertanian dengan modal kecil yang perlu anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian, maka akan membuat setiap orang punya peluang untuk menjalankan ide bisnis pertanian. Kuncinya yakni selalu update informasi produk dan pasar untuk mencari celah peluang yang lebih menguntungkan.

Related Posts