Home Bisnis dan Usaha Daftar Bisnis Rumahan Modal Kecil

Daftar Bisnis Rumahan Modal Kecil

by Lara Nifa

Memulai dan menjalankan suatu bisnis saat ini dapat dikatakan lebih gampang dibanding jaman dulu. Hal ini disebabkan, perkembangan teknologi begitu luas sehingga orang-orang dapat membuka usaha hanya dari rumah. Bahkan, cukup sering ditemukan ide usaha rumahan dengan modal kecil dapat menghasilkan keuntungan besar.

Menjalankan bisnis rumahan tentu tidak membutuhkan sebuah tempat serta modal yang besar. Bisnis yang satu ini pun dapat menjadi usaha sampingan, akan tetapi usaha rumahan bisa menjelma sebagai bisnis besar sekaligus pekerjaan utama Anda di kemudian hari.

Hal paling rumit dilakukan ketika membangun suatu bisnis tertentu yakni mencari inspirasi atau ide kreatif. Nah, untuk Anda yang sedang mencari ide usaha rumahan dengan modal kecil. Silahkan untuk menyimak ulasan pada artikel di bawah ini sampai habis.

1.       Menjual Paket Data dan Pulsa

Apabila Anda ingin membuka bisnis rumah, Anda dapat mencoba menjadi penjual paket internet atau data serta agen pulsa untuk memiliki usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa dicoba. Kebutuhan akan paket internet dan pulsa saat ini semakin meningkat apalagi dilihat dari beberapa tahun terakhir, khususnya di masa pandemi.

Pilihan hiburan juga begitu banyak ditemukan di internet, sehingga tidak sedikit masyarakat yang rela menghabiskan waktu mereka untuk terus berhadapan dengan layar ponsel mereka.

Agar dapat menjalan bisnis satu ini, Anda tidak perlu mempunyai counter fisik berupa toko ponsel besar atau sejenisnya. Hal yang harus Anda siapkan hanya sebuah smartphone serta spanduk yang menjadi sumber informasi di halaman rumah Anda. Bahkan, Anda dapat mempromosikan bisnis tersebut lewat media sosial atau pesan singkat.

2.       Membuka Warung atau Toko Kelontong

Walaupun jaman sekarang sudah banyak bermunculan minimarket hingga supermarket, akan tetapi membuka warung atau toko kelontong juga termasuk salah satu ide usaha rumahan dengan modal kecil. Hal ini dikarenakan masyarakat masih banyak yang memilih untuk berbelanja di toko kelontong daripada di minimarket atau sejenisnya. Selain harga produk lebih murah, tempat atau lokasinya pun lebih dekat dari tempat tinggal warga.

Bahkan, Anda dapat membuka bisnis lainnya, misalnya pembayaran PPOB, agen pulsa, bensin eceran dan lain sebagainya.Cara tersebut tentu lebih gampang dijalankan serta dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Agar dapat membuka warung kelontong, pastikan untuk menawarkan harga yang lebih murah serta berikan juga diskon sewajarnya supaya Anda memperoleh pelanggan setiap.

3.       Bisnis Konveksi

Dapat dikatakan, usaha konveksi sudah ada dari jaman dulu. Namun bedanya saat ini sudah perlu lagi menyewa toko atau ruko khusus sebab dapat kerjakan dari rumah. Kondisi seperti tentunya membuat bisnis konveksi termasuk salah satu ide usaha rumahan yang bisa Anda lakukan.

Berbicara mengenai modal. Anda hanya memerlukan mesin jahit serta smartphone yang sudah dilengkapi dengan jaringan internet. Anda dapat mulai mempromosikan bisnis konveksi ini lewat media sosial atau pesan singkat. Itu berarti, Anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan banyak modal terkait pemasaran hingga mencari-cari lokasi untuk menyewa toko.

4.       Menjual Kerajinan Tangan

Usaha seperti kerajinan tangan ini merupakan salah satu jenis usaha yang terbilang umum serta masuk dalam kategori bisnis rumahan dengan modal tidak terlalu besar. Apabila Anda mempunyai keahlian tertentu, itu berarti kerajinan tangan tersebut dapat menjadi inovasi usaha rumahan yang bisa Anda coba. Pada prosesnya, Anda dapat menyesuaikan dengan hobi serta perkembangan tren saat ini.

Supaya lebih mudah, Anda dapat menciptakan barang atau produk yang mempunyai nilai pakai berupa aksesoris, tas, pakaian dan sebagainya. Terkait pemasarannya, Anda pun dapat mempromosikan bisnis tersebut melalui media sosial atau lewat berbagai jenis platform lainnya.

5.       Menjadi Tentor atau Guru Les

Di tengah pandemi membuat anak-anak sekolah dipaksa belajar daring. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa sebagai guru les sebagai belajar tambahan.

Menjalankan bisnis ini Anda hanya membutuhkan smartphone yang sudah terhubung oleh internet serta tidak pelu melakukan tatap muka. Ide usaha rumahan satu ini cukup banyak yang melakukannya dan tentunya dapat menghasilkan uang sebagai pekerjaan sampingan.

Tidak hanya  membuka bimbingan belajar saja, Anda juga dapat les privat di bidang tertentu, misalnya jasa desain grafis, pembuatan website, dan masih banyak lagi.

6.       Menjual Makanan Ringan

Bisnis rumahan modal kecil berikutnya yakni membuka usaha makanan ringan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir semua orang menyukai yang namanya makanan ringan. Dengan kemudahan melakukan pemasaran di era saat ini, Anda dapat membangun bisnis tersebut dari rumah.

Modal yang dibutuhkan pun tidak besar dan itupun tergantung jenis makanan yang Anda buat. Anda dapat mencari agen makanan ringan ini atau malah mengkreasikannya sendiri lalu menjualnya lewat internet. Dimana saat ini sudah banyak sekali platform yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran secara gratis.

Related Posts