Home Bisnis dan Usaha Bisnis Rumah Modal 100.000

Bisnis Rumah Modal 100.000

by Lara Nifa

Berbicara soal bisnis, saat ini semakin banyak orang mulai mencobanya, ada yang menjadikan bisnis sebagai sampingan bahkan sebagai sumber pendapatan utama. Bisnis memang identik dengan modal awal tapi jangan takut karena sekarang kamu pun bisa memulainya dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali. 

Di era serba modern ini yang di dukung dengan kecanggihan teknologi digital, tidak mengharuskan kamu mempunyai toko untuk mulai berbisnis. Semua bisa dimulai dari rumah dengan modal minim tanpa perlu menghitung biaya operasional dan biaya lainnya. Bisnis bisa dijangkau hampir semua kalangan hanya dengan memanfaatkan ponsel.

Simak beberapa referensi bisnis rumahan di bawah ini yang bisa dimulai dengan modal awal maksimal hanya Rp. 100.000

  • Cemilan Eceran

Cemilan merupakan favorit setiap orang untuk menemani berbagai aktivitas seperti menonton tv/film, bekerja dan bersantai. Melihat kebutuhan tersebut, permintaan cemilan pun semakin meningkat. Nah, bisnis cemilan eceran bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin berjualan dengan modal minim. 

 

Belilah dari produsen langsung atau supplier yang menyediakan cemilan dalam jumlah kiloan. Dengan modal Rp. 100.000 kamu bisa mendapat berbagai macam jenis cemilan contoh aneka keripik pedas, makaroni, atau cemilan manis lainnya. Lalu  tinggal kamu buatkan kemasan sesuai dengan yang diinginkan.

 

Harga jual cemilan ecer ini pun terbilang cukup murah dan bervariasi dibandrol mulai dari Rp. 5.000-20.000 per kemasan dengan berat 250 gram. Kamu juga cukup menjualnya secara online atau menitipkan di warung-warung terdekat.

 

  • Bergabung menjadi reseller/dropshipper

Istilah reseller dan dropshipper pasti sudah tidak asing buat kamu. Sistem jualan seperti ini sangat diminati banyak orang karena minimnya modal dan berbagai kemudahan yang bakal didapatkan. 

 

Dengan menjadi reseller, kamu hanya perlu menjualkan produk orang lain atau pihak pertama sesuai ketentuan dan syarat yang diberikan oleh pihak pertama tersebut. Ada yang mengharuskan untuk melakukan pembelian produk di awal dan beberapa tidak perlu mengeluarkan modal tapi ada pembagian keuntungan antara pihak pertama dengan reseller. Sedangkan sistem dropshipper sama sekali tidak perlu stok barang dan yang mengirimkan langsung ke konsumen adalah pihak pertama, dikirim dengan menggunakan merk atau nama tokomu.

 

Berbagai jenis produk seperti pakaian, produk kecantikan, peralatan dapur dan masih banyak lagi yang bisa diterapkan dengan sistem ini. Kamu hanya perlu menjalin kerja sama dengan pihak pertama dan mengikuti ketentuan dan syarat yang berlaku.

 

  • Sistem Pre Order (PO)

Jika kamu mempunyai keahlian di bidang kuliner, berjualan dessert atau makanan dengan sistem PO bisa menjadi pilihan menarik buat kamu. Berbagai jenis dessert bisa dibuat mulai dari kue kering, kue basah dan dessert box. Makanan ringan seperti dimsum, risol hingga katering diet yang saat ini sedang banyak diminati juga bisa menjadi referensi.

 

Produk yang dijual hanya akan dibuat ketika ada pesanan dari konsumen. Jadi yang perlu kamu lakukan yaitu melakukan penawaran terlebih dahulu kepada orang sekitar atau bisa juga melalui media sosial. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami kerugian karena produk tidak laku yang berakibat pada produk rusak atau tidak layak konsumsi. Modal untuk pembelian bahan-bahan pun bisa didapatkan dari para pemesan setelahnya. 

 

  • Menjual pulsa selular

Tidak dipungkiri bahwa teknologi saat ini semakin berkembang pesat. Mayoritas dari kalangan anak-anak sampai orang tua menggunakan ponsel untuk saling berkomunikasi. Nah, untuk bisa melakukan komunikasi (sms atau telepon) dan mengakses internet dibutuhkan pulsa maupun paket data.

 

Dengan modal awal mulai dari Rp. 100.000 kamu bisa mengisi saldo ke agen pulsa lalu mulai menjualnya melalui marketplace atau ditawarkan kepada orang-orang terdekat. Jika permintaan sudah naik, modal bisa ditingkatkan lagi agar penjualanmu tidak mempunyai batasan/limit.

 

  • Kerajinan Tangan

Apakah kamu termasuk orang yang kreatif dan hobi membuat kerajinan tangan ? Jika iya maka kelebihan itu bisa dikembangkan melalui bisnis dan sudah pasti menguntungkan. Kamu bisa berkreasi dengan berbagai limbah yang sulit terurai seperti limbah plastik, kaca dan lainnya. Selain ikut menjaga lingkungan dari pencemaran, bisnis ini termasuk yang membutuhkan modal sedikit. 

 

Harga murah bisa kamu dapatkan jika kamu bekerja sama dengan para pengepul sampah. Kemudian limbah cukup kamu bersihkan dan dibuat kreasi menjadi produk-produk yang unik dan berguna misalnya tas, vas bunga, tempat tisu dan masih banyak lagi. Keuntungannya yang bisa kamu dapat pun bisa mencapai ratusan hingga jutaan.

Lima contoh bisnis rumahan di atas bisa dilakukan semua hanya dari rumah. Namun selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi yang bisa kamu jadikan referensi. Dengan modal kecil kamu bisa memutarkan uangmu dan bukan tidak mungkin keuntungan yang besar bisa di dapatkan. 

Related Posts