Home Bisnis dan Usaha Bisnis Ringan Untuk Pemula

Bisnis Ringan Untuk Pemula

by Lara Nifa

Kabar baik bagi para pelaku Bisnis di Indonesia, tak usah khawatir dengan memulai merintis bisnis di era teknologi yang secara masif mendukung kita untuk melakukan bisnis yang ringan dan mudah. Dalam merintis apapun pasti akan mengalami segudang tantangan dan kendala yang dihadapi. Untuk itu kami kasih beberapa tips  bagi para pemula untuk memulai bisnis yang ringan. 

  • Membuka wawasan yang seluas – luasnya terkait dengan bisnis

Kita coba mula – mulanya dengan mengarahkan keinginan untuk merintis usaha yang diharapkan (Mapping minds). Sehingga kita akan tahu bahwa informasi serta wawasan apa yang akan kita serap yang sesuai kebutuhan kita tentunya. Baik wawasan dari segi produk, produksi, sampai ke pemasaran dari hulu ke hilir.

  • Melakukan Riset dan Jalin relasi dan Komunitas Bisnis

Sebaiknya dilakukan riset terlebih dahulu apablia akan melakukan bisnis, setidaknya kita tahu tentang pangsa pasar yang diminati jaman sekarang, perilaku konsumen jaman sekarang serta gaya kompetitor dan pola pemasaran jaman sekarang. Menjalin relasi dan komunitas bisnis juga penting untuk memberikan kepercayaan kepada mereka sehingga nantinya apabila bisnis yang dijalankan berjalan sudah barang tentu membuka bisnis kita di hadapan mereka.

  • Melatih Keahlian dalam Diri

Sebagai pebisnis pemula yang patut kita garis bawahi adalah keuletan, kreatifitas perlu dioptimalkan dan dilatih disertai dengan pembawaan yang percaya diri. Sehingga kita dapat dipercaya oleh orang lain yang notabene disini adalah relasi dan pelanggan. Dan juga harus mempunyai kesabaran yang cukup tinggi.

  • Belajar Manajemen Keuangan

Dalam sebuah perjalanan bisnis tak kalah penting bagaimana mengoperasikan keuangan kita secara sistematis dan komprehensif. Sebab banyak pelaku bisnis hancur karena manajemen keuangannya sangat tidaklah teratur.

  • Belajar Teknologi yang Berkembang

Sebuah bisnis berjalan juga memanfaatkan teknologi yang ada dan yang berkembang di era nya. Pentingnya belajar hal ini adalah bagaimana perilaku konsumen berubah sehingga mempengaruhi perilaku produsen.

 

Dari kelima point diatas mari kita mencoba bisnis yang ringan – ringan terlebih dahulu, sebagai contoh :

  • Membuat produk makanan atau minuman

Hal dasar dari kebutuhan seorang manusia adalah kebutuhan primer, yakni sandang, pangan dan papan. Oleh sebab itu makan merupakan tradisi yang dilakukan manusia sehari – harinya. Peluang ini tentunya bisa dipakai. Misalkan membuka warung makan, membuat aneka kripik, membuat cireng, siomay bakso, dan lain sebagainya. Tentunya disesuaikan dengan passion dan modal yang ada.

  • Jual pulsa elektrik

Jual jasa pulsa elektrik merupakan salah satu bisnis ringan yang patut dicoba, ketika kita mempunyai teman, saudara, teman kantor dan sebagainya bisa kita tawari pembelian pulsa elektrik dapat melalui anda. Secara umum ketika kita menjadi agen pulsa eletrik cukup dengan mendaftar dan melakukan pembelian deposit pulsa, meslipun secara ketentuan dan syarat – syarat masing – masing provider berbeda – beda.

  • Loundry Kiloan

Perilaku konsumen yang sering berubah karena kehendak jaman yang menghendaki berubah malalui bermacam aspek. Banyak orang sekarang lebih ingin cepat melakukan sesuatu, instan dalam bertindak dan dalam ia mencuci pakaiannya yang kotor sering sekali melakukan laundry sekarang, terlebih bagi para mahasiswa luar daerah.

  • Cuci Motor atau Mobil

Bisnis cuci motor atau mobil sangat digandrungi oleh para pemula bisnis. Jumlah kendaraan yang kian hari makin banyak tak menyurutkan orang untuk membeli kendaraan pribadinya. Peluang bisnis ini sebaiknya dicoba karena tidak banyak dituntut skill yang banyak pula.

  • Reseller 

Bisnis ringan yang hanya membutuhkan perangkat hp untuk menjualkan kembali barang – barang yang laku dijual. Reseller banyak digemari pebisnis sampingan karena ringan dan murah dijangkau.

  • Makelar Properti

Aset tanah dan bangunan selalu naik harganya. Semakin banyak penduduk dan kebutuhan akan hunian membuka peluang bagi anda untuk menjadi makelar tanah atau properti bangunan.

  • Jasa Pengetikan

Di sekitar kampus banyak dibutuhkan jasa pengetikan tugas kuliah maupun skripsi. Hal ini tentunya patut dicoba dengan membuat rental pengetikan atau fotocopy untuk memberikan fasilitas bagi kebutuhan mahasiswa dan pelajar.

  • Les Privat

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah ini banyak sekali ditawarkan oleh para mahasiswa yang sesuai dengan bidannya. Kemampuan ini untuk tambahan biaya dalam kuliahnya.

  • Menjual Pakaian Murah atau Barang Second

Menjual pakaian murah atau barang second banyak dicari anak muda yang selalu menampilkan gaya hidupnya. Banyak produk impor dengan brand yang bagus bagus dijual kembali dengan harga murah. Terbukti banyak yang menggandrungi bisnis ini dan banyak peminatnya dari kaum remaja.

  • Membuka Kafe dengan Working Space

Di Era digital dan di masa pandemic ini banyak lembaga sekolah sampai perguruan tinggi melakukan pertemuan dalam jaringan.sehingga banyak kita temui kafe dengan working space guna menfasilitasi orang – orang yang ingin mengerjakan sesuatu dengan nyantai.

Related Posts