Home Bisnis dan Usaha Bisnis Rice Bowl: Keuntungan dan Prospeknya Hari Ini

Bisnis Rice Bowl: Keuntungan dan Prospeknya Hari Ini

by Lara Nifa

Bisnis kuliner yang akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, sebab para pelaku usaha di sektor ini selalu berlomba dalam mengembangkan kreasi masakannya agar dapat memberikan pengalaman baru kepada para pelanggannya. Karena itu apabila Anda ingin terjun ke bidang ini pastikan untuk bisa selalu berinovasi.

Rice bowl menjadi salah satu jenis yang belakangan ini diminati oleh para pebisnis kuliner. Mengapa? Karena dianggap sebagai solusi dalam mengimbangi kesibukan masyarakat luas. Rice bowl terbilang praktis, ekonomis, mudah untuk disantap dan tentunya mengenyangkan. Sebagaimana namanya, kemasan dari rice bowl biasanya berupa box atau paper cup dan berisikan nasi serta lauk pauknya.

Untuk menunya sendiri, tergantung dari apa yang ingin Anda sajikan. Misalnya makanan tradisional, oriental hingga kontinental. Peminat dari rice bowl juga terbilang banyak, sebab mereka menganggap bila ini bukanlah fast food. Apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini? Berikut adalah prospek serta keuntungannya.

Peluang pasar bisnis rice bowl

Anak muda menyukai hal yang baru serta berbeda, maka tidak heran jika saat ini rice bowl sangat diminati oleh anak muda. Selain itu hiruk pikuk keluarga muda dengan segala aktivitas kerja membuat mereka membutuhkan hal-hal yang praktis, termasuk dari segi menu.

Rice bowl jadi solusi karena dapat dibawa dan juga bisa dimakan di tempat dengan pelayanan yang cepat. Melihat pangsa pasar yang besar untuk acara semi formal karena banyak orang menginginkan rice bowl yang beda dari biasanya, dengan visual yang tentunya lebih menarik serta menu yang bervariasi.

Lokasi toko tergantung target pasarnya, contohnya menu untuk remaja harus memenuhi selera remaja yang saat ini suka ayam crispy dan aneka sambal. Misalnya di pusat perbelanjaan, dekat kampus, sekolah, fasilitas bimbingan belajar dan lain-lain.

Jika target pasarnya adalah anak-anak, lokasi yang dipilih mungkin dekat dengan taman bermain. Dari sisi ekonomi, penyesuaian harga menu juga harus diperhatikan. Jika harga jualnya tinggi akan disesuaikan dengan lokasi usaha, misalnya akan dijual di mall-mall yang sering dikunjungi konsumen kelas menengah ke atas.

Cara memulai bisnis rice bowl

Untuk menunya sendiri, tergantung dari apa yang ingin Anda sajikan. Misalnya makanan tradisional, oriental hingga kontinental. Peminat dari rice bowl juga terbilang banyak, sebab mereka menganggap bila ini bukanlah fast food. Berikut adalah cara memulainya :

Membuat konsep serta branding

Menu untuk rice bowl sendiri sebenarnya sangat bervariasi, dari mulai menu tradisional oriental hingga kontinental. Karena itu supaya bisnis Anda mempunyai identitas atau brand yang mudah dikenali, maka Anda harus menentukan terlebih dahulu konsep yang diinginkan. Apakah ingin berkonsep Indonesia, fusion atau makanan asing?

Bahkan akan lebih baik apabila konsepnya lebih terkejut, ini bertujuan supaya branding bisnis anda menjadi lebih jelas serta berbeda dari yang lainnya. Kemudian, apabila sudah menentukan konsepnya selanjutnya adalah membuat nama dan juga logo pastikan jika kedua hal ini mudah untuk dilihat, diingat dan didengar oleh calon konsumen Anda.

Setelah konsep menu kemudian memperoleh nama brand dan menciptakan logo tahap selanjutnya adalah Anda harus menentukan konsep untuk kemasan yang mana haruslah sesuai dengan brand yang Anda miliki. Sebab kebanyakan orang lebih melihat kepada kemasan sebelum mencicipi makanannya, selain itu pilihlah kemasan yang tidak akan merusak rasa, anti air serta dapat dihangatkan di dalam microwave.

Mempunyai banyak variasi menu

Selanjutnya adalah dengan menciptakan beragam menu yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli. Setidaknya Anda harus memiliki tiga hingga lima menu rice bowl, hal ini bertujuan agar pelanggan tidak bosan dan mempunyai pilihan lain ketika akan membeli.

Contohnya menu nasi dengan chicken katsu dan makanan pendamping. Bisa juga rice bowl berisi nasi kuning dan lauk pauknya atau menu lainnya. Hal yang paling penting adalah Anda harus bisa memberikan rasa terbaik di setiap menu yang ada pada resto anda jangan sampai pelanggan kecewa karena rasa masakanya tidak terlalu enak.

Pilihlah beras dengan kualitas terbaik

Karena yang ada jual adalah Rice bowl sudah pasti beras yang digunakan haruslah memiliki kualitas baik sehingga bisa menghasilkan nasi yang pulen dan enak karena itu Anda haruslah jeli serta teliti. Nasi ini juga bisa anda sesuaikan berdasarkan dengan konsep masakan yang ditawarkan, misalkan konsep Anda adalah makanan Jepang maka bisa membeli beras khusus makanan Jepang.

Tetapi bila yang dipilih adalah makanan tradisional atau makanan Indonesia Indonesia sendiri memiliki begitu banyak pilihan beras yang mempunyai cita rasa khas misalkan Anda bisa menggunakan beras rojo lele atau yang lainnya. Kemudian yang paling penting adalah tidak melebihi budget yang sudah Anda persiapkan.

Menentukan harga yang sesuai

Terakhir yang paling penting adalah menentukan harga dari Rice bowl yang akan dijual pastikan anda menetapkan harga yang sesuai dengan target pasar, di mana tidak terlalu tinggi tapi juga tidak terlalu rendah atau sesuaikan saja dengan kualitas dari bahan baku yang dipergunakan.

Namun bisa juga ini sesuai dengan lokasi tempat anda berjualan misalkan Anda memilih berjualan di mall tentu harganya tidak bisa disamakan ketika anda berjualan di toko yang ada di luar mall atau di dekat sekolah kampus atau perkantoran.

Related Posts