Home Bisnis dan Usaha Tips Jitu buat yang Mau Memulai Bisnis Rental Mobil

Tips Jitu buat yang Mau Memulai Bisnis Rental Mobil

by Lara Nifa

Usaha rental mobil sekarang ini juga termasuk salah satu bisnis yang juga menjanjikan. Karena Anda dapat memulai bisnis tersebut hanya dengan bermodal uang 5 juta saja. Dapat memperoleh keuntungan berkali-kali lipat.

Bagaimana cara agar dapat menjalankan bisnis tersebut serta bagaimana proses supaya bisnis ini dapat berjalan seperti yang diinginkan? Nah, untuk mengetahui alur secara rinci soal bisnis rental mobil bagi pemula, silahkan simak ulasan dibawah ini sampai habis.

1.       Menyiapkan Modal 5 Juta

Pertama Anda perlu menyiapkan uang sekitar 5 juta sebagai DP saat Anda akan melakukan kredit mobil. Anda dapat mengumpulkan uang ini bisa dari meminjam ke saudara atau bekerja. Tapi disarankan untuk Anda mempunyai uang untuk membayar DP sendiri yang berasal dari pejuangan sendiri agar mengurangi yang namanya berhutang, apalagi bisnis tersebut pun baru akan berjalan ketika mobil sudah ada di genggaman.

2.       Mengajukan Persyaratan Untuk Kredit Mobil

Setelah menyiapkan dp sebesar 5 jutaan. Silahkan untuk memilih mobil yang cicilannya dapat Anda bayar, setidaknya untuk tempat selama 5 tahun.Mendapatkan mobil murah adalah pilihan yang bijak, asal pemilihannya sesuai market yang terjadi di pasaran.

Kebanyakan orang-orang membeli mobil yang mempunyai kapasitas besar. Anda dapat memilih mobil yang berkapasitas tujuh orang, atau Anda dapat menganalisa pasar yakni dengan melakukan beberapa survei berbentuk form serta lihat respon dan juga tanggapan para responden. Setelah melihat hasilnya, Anda dapat mengambil kesimpulan.

Kemudian Anda dapat memilih harga termurah, dengan kapasitas 7 orang. Disini Anda tidak boleh sembarangan, disarankan untuk memilih unit baru agar terhindar dari berbagai kerusakan di masa akan datang yang tentunya dapat merugikan Anda sendiri.

Sekarang ini sudah banyak mobil yang harganya dibawah 100 jutaan yang bisa dmenjadi pilihan serta sesuai oleh cicilan yangdapat Anda bayar.

3.       Mempersiapkan Strategi Bisnis Rental Mobil

Mempersiapkan strategi untuk menjalankan bisnis rental mobil adalah hal yang wajib dilakukan. Sebab cicilan bulan sudah menunggu Anda. Lakukan promosi dengan beriklan di berbagai situs gratis serta bisa menghasilkan konversi untuk Anda yang merupakan pemilik dari bisnis rental mobil tersebut.

Anda dapat mengiklankan ke beberapa e-commerce atau bahkan sosial media, atau di beberapa situs otomotif yang paling banyak dicari. Bahkan bila perlu, Anda dapat membuat situs website sendiri dan dikhususkan untuk mengiklankan serta mempromosikan jasa rental mobil milik Anda sendiri.

4.       Mempersiapkan Jaminan serta Kebutuhan Bisnis

Mempunyai bisnis rental mobil itu berarti Anda wajib siap oleh berbagai macam risiko yang bisa terjadi di masa akan datang. Salah satunya seperti unit kendaraan Anda dilarikan oleh klien, atau mobil dicuri oleh kawanan perampok. Maka dari itu, harus bisa menyiasati dengan melengkapi kendaraan dengan GPS.

Dengan GPS ini, selain bisa mematikan mesin kendaraan ketika dicuri, juga dapat mengetahui semua percakapan didalamnya. Anda pun juga dapat mendaftarkan mobil untuk memakai asuransi TLO supaya bila mobil dicuri, mobil akan diganti oleh pihak asuransi tersebut.

5.       Mempersiapkan Dana Darurat Untuk Bisnis Rental

Apabila sudah menjalankan bisnis tersebut dengan mengiklankannya di beberapa platform. Selanjutnya Anda juga perlu mempersiapkan dana darurat untuk bisnis rental mobil ini.

Sudah menjadi hal yang wajar apabila mobil yang direntalkan mengalami berbagai kerusakan di bagian bodi kendaraan karena beberapa hal secara tidak sengaja bisa terjadi. Anda pun dapat mengumpulkan dana ini kemudian ditabung secara terpisah dari rekening yang digunakan untuk membayar angsuran kredit mobil.

6.       Membangun Branding Bisnis Rental Mobil

Seiring berjalannya waktu, tentu bisnis rental mobil Anda akan dikenali oleh masyarakat. Dengan demikian, tentu Anda akan mempunyai pendapatan yang begitu besar dan bahkan melebihi jumlah cicilan dan kredit Anda setiap bulannya.

Misalnya, Anda menawarkan tarif rental per harinya 250 ribu. Anggap saja rental laku sekitar 20 hari dalam sebulan. Berarti Anda memiliki keuntungan kotor sekitar 5 jutaan. Anda dapat membayar cicilan sebesar 2 juta misalkan. Kemudian sisa uang tersebut bisa Anda ambil sekitar 500 ribu sebagai simpanan dana darurat, lalu selebihnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Semua hal yang dilakukan secara maksimal dan berawal dari niat yang baik, maka kemungkinan besar akan berdampak baik juga untuk kesejahteraan para pelakunya. Memulai bisnis rental mobil dengan peluang bisa meraup keuntungan besar juga akan menjadi daya tarik tersendiri apalagi bila menjalankannya dengan modal yang tergolong kecil, yang membuat para pemula tuut memiliki kepercayaan diri untuk bisa sukses di bidang usaha satu ini.

Demikian penjelasan mengenai bisnis rental mobil yang bisa dilakukan oleh para pemula, agar tidak mengalami kerugian yang besar apabila mengalami berbagai risiko yang ada.

Related Posts