Home Bisnis dan Usaha Bisnis Pertanian Modal Kecil

Bisnis Pertanian Modal Kecil

by Lara Nifa

Tak terasa, hantaman virus korona yang terjadi di tahun 2020, hingga saat ini masih belum pulih sepenuhnya. Dengan adanya peristiwa besar ini, banyak orang-orang yang dipaksa untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada supaya tetap bisa bertahan meski hidup di tengah perekonomian negara yang sedang menurun.

Begitu banyak perusahaan dan industri bisnis terkena imbas pandemi, dimana mereka juga harus rela hingga bisnis mereka ditutup. Selain itu, bagi masyarakat yang berprofesi sebagai karyawan juga tidak sedikit yang rela di PHK dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Akan tetapi, seluruh kejadian yang tidak menyenangkan ini, ternyata di tengah pandemi justru membukakan peluang bisnis yang bisa memberikan prospek bagus.

Tapi dibalik semua kejadian buruk itu, ternyata pandemi membawa banyak peluang usaha tersendiri, lho. Nah, berbicara soal bisnis. Pada artikel ini akan mengulas tentang bisnis pertanian modal kecil yang bisa Anda coba sendiri dirumah.

1.       Pembuatan Pupuk

Bisnis pertanian pertama yaitu pembuatan pupuk, khusus kompos dapat menjadi salah satu jenis bisnis dengan modal kecil sebab cukup mudah dibuat dengan menggunakan sampah rumah tangga. Bukan hanya itu saja, pupuk kompos pun mempunyai potensi besar, khususnya ketika pandemi saat ini.

Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang timbul hobi baru dalam kehidupan mereka yakni bercocok tanam berbagai jenis tumbuhan. Maka dari itu, Anda dapat menjual pupuk tersebut ke masyarakat yang membutuhkan, pemasarannya pun dapat dilakukan secara online. Bisa melalui sosial media atau platform lainnya.

2.       Menjual Tanaman Hias

Sekarang ini aktivitas bercocok tanaman menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat. Tepatnya setelah pandemi melanda. Dengan banyak waktu untuk berada di dalam rumah, memicu orang untuk mencari kegiatan lainnya diluar dari pekerjaan utama mereka.

Tanaman hias mempunyai prospek besar tersendiri, karena selain bisa memperindah rumah serta memberi kesan sejuk, tanaman hias pun juga mudah untuk dirawat. Nah, untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis tersebut, Anda dapat memilih tanaman hias seperti Cryptanthus Red, Monstera atau Janda Bolong, Lidah Mertua, Calathea, Philodendron Micans, Sri Rejeki atau Begonia.

3.       Menjual Alat Berkebun

Jika Anda merasa menjalankan bisnis di bidang pertanian dibagian tanaman terlalu rumit untuk Anda karena kurang memahami, Dengan begitu Anda bisa mencoba menjual peralatan kebun.

Seperti halnya tingkat permintaan tanaman yang tinggi, bisnis satu ini juga memiliki prospek yang bagus dimana kebutuhan akan alat berkebun juga meningkat.

Untuk membuka bisnis penjualan alat kebun, Anda tidak akan memerlukan modal yang besar. Dimulai dengan membeli beberapa jenis alat kebun berupa penyiram tanaman, sekop, pot dan sebagainya, yang nantinya akan dijual kembali.

Selain itu, Anda juga dapat menjadi supplier dan reseller, sebab umumnya mereka akan memberi potongan harga bila Anda membeli barang dengan jumlah besar. Terkait cara penjualannya, Anda dapat memanfaatkan media sosial serta e-commerce, sebab berbisnis melalui online terbilang efektif saat ini, mengingat masyarakat Indonesia sudah mulai terbiasa berbelanja online.

4.        Menjual Bumbu Dapur dan Bahan Masakan

Masih seputar memanfaatkan waktu luang masyarakat yang lebih banyak di dalam rumah, Anda juga dapat menjual bumbu dapur dan bahan masakan sebagai salah satu peluang bisnis pertanian dengan modal kecil.

Saat ini, makanan yang siap masak sedang populer dan tinggi peminatnya, karena sebagian orang masih ada yang ragu untuk ke pasar atau berada di keramaian karena masih takut dengan ancaman virus korona, alhasil mereka ingin sesuatu yang simple dan praktis, yaitu dengan memesan makanan siap masak.

Hal tersebut semakin menarik sebab para pembeli tidak hanya dapat mengkreasikan sendiri masakan ini dirumah, namun juga tidak akan bingung lagi memilih bumbu dapur dan bahan masakan sebab umumnya makanan siap masak telah disajikan dalam bentuk paket yang telah dibagi per menu.

Dengan begitu, konsumen bisa langsung memasak menu yang diinginkan, dan Anda sebagai penjual dapat menyiapkan semua bumbu dapur dan bahan masakan. Untuk urusan pemasaran, Anda bisa melakukannya secara online yaitu dengan memanfaatkan e-commerce dan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan produk. Sebab target dari produk seperti ini merupakan orang-orang yang lebih banyak menghadap layar smartphone.

5.       Bisnis Tanaman Hidroponik

Untuk Anda yang belum begitu mengetahui apa itu tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik merupakan cara menanam tanpa menggunakan media tanah, akan tetapi menanamnya menggunakan media air.

Tanaman hidroponik tersebut tentu dapat Anda lakukan di rumah, serta termasuk salah satu peluang bisnis pertanian modal kecil yang bisa memberikan keuntungan yang cukup besar jika dilakukan lebih serius.

Perlu Anda ketahui juga bila sayuran yang ditanaman dengan metode hidroponik memiliki nilai jual yang tinggi dibanding cara tanaman konvensional.

Related Posts