Home Bisnis dan Usaha Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

by Lara Nifa

Menjalankan bisnis online sejatinya dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk para pelajar sekalipun. Walaupun berstatus sebagai pelajar, Anda tetap dapat memperoleh pendapatan sendiri yang berasal dari bisnis online. Ditambah, kondisi ditengah pandemi membuat banyak orang mempunyai waktu luang untuk menjalankan bisnis khususnya berbisnis online tanpa modal.

Namun, tetap saja ada modal yang perlu disiapkan, karena bisnis ini dilakukan secara online, tentu akan memerlukan laptop, PC atau smartphone hingga kuota internet sebagai penunjang saat menjalankan bisnis online. Karena kecanggihan teknologi saat ini, memungkinkan seseorang untuk dapat menjangkau pasar hingga seluruh dunia, kondisi membuat siapa saja dapat menghasilkan uang dari bisnis online, termasuk pelajar.

Bagi Anda seorang pelajar yang sedang mencari referensi untuk menjalankan bisnis online. Cobalah untuk simak ulasan yang ada di bawah ini hingga selesai.

1.       Menjadi Reseller atau Dropshipper

Bisnis online tanpa modal yang cocok untuk para pelajar yakni menjadi seorang reseller atau dropshipper suatu produk. Untuk dapat menjadi reseller atau dropshipper, Anda hanya memerlukan akun sosial media. Apalagi pada aplikasi marketplace pada umumnya juga tidak sedikit yang membutuhkan sosok jasa reseller atau dropshipper dari produk yang mereka miliki.

Keuntungan dari menjalankan profesi tersebut yaitu Anda sudah tidak perlu lagi menyetok barang di rumah yang dapat meminimalisir risiko yang dapat terjadi. Upaya yang harus Anda lakukan yakni mempromosikan produk, lalu ketika ada calon konsumen, Anda tinggal meneruskan ke agen utama supaya segera mengirimkan pesanan ke konsumen tersebut.

2.       Jasa Penulisan Konten

Apabila Anda mempunyai hobi menulis, menjadi penulis konten dapat menjadi salah satu bisnis online yang bisa Anda jalankan. Selain tidak memerlukan modal apapun, pekerjaan satu ini juga dapat memberikan Anda uang jajan tambahan.

Agar dapat menjadi seorang penulis konten di sebuah website atau media online lainnya, Anda hanya memerlukan laptop atau PC. Kemudian Anda bisa memposting sebuah iklan ke media sosial atau lewat berbagai platform online seputar jasa penulisan konten yang Anda tawarkan.

Tidak hanya itu, Anda pun juga dapat masuk ke suatu platform freelancer dimana didalamnya menyediakan berbagai jenis pekerjaan online, salah satunya jasa penulisan konten.

3.       Jasa translator

Selanjutnya yaitu jasa translator. Bagi Anda yang mampu berbahasa Inggris dengan baik, Anda dapat mencoba bisnis online satu ini. Dengan seiring banyaknya kebutuhan translator untuk keperluan subtitle film, artikel-artikel serta dokumen lainnya, hal ini membuat jasa penerjemah semakin banyak dicari, khususnya melalui media online.

Serupa dengan poin pembahasan sebelumnya, Anda dapat bergabung ke komunitas atau grup penulis hingga bergabung di sebuah platform khusus freelancer. Umumnya, disana terdapat banyak pekerjaan sebagai penerjemah.

4.       Jual pulsa online

Sudah banyak para pelajar yang menjadikan bisnis jual pulsa online sebagai pekerjaan sampingan. Cara melakukannya yakni dengan join dengan pihak distributor kemudian pilihlah sebuah media sebagai tempat promosi. Dapat melalui sosial media, pesan singkat Whatsapp, marketplace hingga membuat website Anda sendiri.

Tidak hanya pulsa saja, Anda juga dapat menjual berbagai voucher untuk aplikasi streaming atau game. Kedua voucher ini sedang dibutuhkan oleh banyak orang, karena sekarang ini dunia hiburan di internet banyak macamnya dan bisa dimainkan lewat smartphone.

5.       Jasa Survey Online

Apakah Anda pernah mendengar yang namanya survey online serta bisa menghasilkan cuan? Bila belum mengetahuinya, maka cobalah untuk menemukan situs yang menyediakan jasa survey berbayar. Hal ini dapat Anda jadikan pilihan untuk berbisnis online yang tidak memerlukan modal sedikit pun.

Hal yang perlu Anda lakukan yakni mencari situs web survey berbayar. Kemudian, Anda tinggal melakukan registrasi serta mengisi survey di dalamnya.

Apabila sudah mengisi survey, Anda akan memperoleh banyak poin. Pada proses inilah Anda nanti dapat mengumpulkan semua poin lalu ditukar menjadi sejumlah uang. Makin banyak Anda mendapatkan poin, tentu akan semakin besar uang yang diperoleh.

6.       Jasa desain grafis

Apabila Anda menguasai desain grafis, Anda bisa mencoba untuk membuka jasa desain grafis. Karena jasa tersebut saat ini semakin banyak dicari orang bahkan untuk keperluan perusahaan. Hal ini membuat bisnis online seperti jasa desain grafis bisa dilakukan oleh siapapun termasuk para pelajar. Peluang bisnis ini pun bisa semakin terbuka apabila Anda bergabung ke dalam situs freelancer hingga bergabung ke dalam komunitas atau grup desain grafis melalui berbagai macam media sosial.

7.       Menjadi Admin Sosial Media

Jenis bisnis online lain yang dapat dijalankan oleh para pelajar tanpa modal yaitu menjadi seorang admin sosial media. Begitu banyak brand besar sampai perusahaan yang tidak begitu mampu memaksimalkan media sosial mereka. Kondisi ini membuat banyak perusahaan memerlukan jasa admin sosial media, terutama para freelance untuk bidang tersebut.

Related Posts