Home Bisnis dan Usaha Bisnis Makanan Tradisional Masih Menjanjikan, Ini Cara Memulainya

Bisnis Makanan Tradisional Masih Menjanjikan, Ini Cara Memulainya

by Lara Nifa

Kamu suka jajan? Sudah pernah coba jajanan anti mainstream belum? Alih-alih mencoba jajanan kekinian, mencoba makanan tradisional juga seru lho! Kamu pasti tidak asing dengan berbagai macam makanan tradisional Indonesia, setidaknya kamu pernah mendengar nama makanan tersebut. Mie aceh, kerak telor, rendang, pempek, karedok, bika ambon merupakan beberapa jenis makanan tradisional yang sudah dikenal luas.

Ciri makanan tradisional

Makanan tradisional menjadi populer karena pengolahannya yang khas dan menonjolkan ciri khas daerah tersebut. Setiap daerah mempunyai cara tersendiri dalam mengolah makanan tradisionalnya, juga berbagai rempah yang digunakan untuk menambah kelezatan masakan tradisional tersebut. Berikut perbedaan makanan tradisional dengan makanan modern:

Resep

Resep makanan tradisional biasanya diturunkan secara turun temurun kepada generasi penerus dan tidak berubah dalam cara pengolahannya. Termasuk didalamnya bahan-bahan dan bumbu rahasia yang menambah kelezatan dari makanan tradisional tersebut.

Alat

Alat yang digunakan untuk mengolah makanan tradisional biasanya pun juga masih mengandalkan  penggunaan alat tradisional untuk mengolahnya. 

Teknik

Setiap daerah punya teknik dan cara tersendiri dalam mengolah makanan tradisional sehingga mendapatkan cita rasa makanan yang unik. Tidak mengherankan mengapa makanan tradisional banyak disukai oleh berbagai kalangan. 

Walaupun saat ini sudah banyak makanan modern kekinian, tapi tetap tidak dapat menggeser makanan tradisional karena keunikan dan cita rasa yang berbeda dari masakan tradisional tidak bisa kamu dapatkan pada makanan modern kekinian.

Keuntungan bisnis makanan tradisional

Tingginya minat para pecinta kuliner makanan tradisional membuat bisnis makanan tradisional ini masih sangat menjanjikan peluangnya. Kesempatan memulai bisnis makanan tradisional bisa dikatakan. 

Jadi, salah satu kesempatan bisnis dengan keuntungan yang sangat besar jika dikelola dengan baik. Ada beberapa alasan mengapa  bisnis makanan tradisional ini sangat menjanjikan untuk kamu coba:

Tidak lekang waktu

Makanan tradisional tidak lekang waktu, banyak orang mencari kuliner makanan tradisional selain cita rasanya yang unik dan berbeda juga untuk mendapatkan rasa nostalgia, mengenang waktu saat mereka kecil atau di desa dulu ketika mencoba makanan tradisional khas daerahnya. 

Melestarikan budaya lokal

Menjaga warisan budaya lokal ternyata juga bisa dilakukan dengan menjaga makanan tradisional daerah tersebut tidak punah dan menghilang lho. Dengan memulai bisnis makanan tradisional.

Kamu sudah membantu melestarikan budaya makan tradisional khas daerah kamu tidak hilang dan juga kamu secara tidak langsung memperkenalkannya kepada orang lain budaya daerah kamu lewat masakan tradisionalnya.

Wisata kuliner

Bisnis makanan tradisional tetap digemari karena keotentikan nya, hal inilah yang dicari terutama oleh para wisatawan asing ketika mereka berkunjung ke suatu daerah.

Bukan hanya menikmati keindahan dan objek wisata daerah tersebut, mereka juga mencari pengalaman yang baru dengan menikmati kuliner masakan tradisional daerah tersebut. Ini bisa menjadi peluang buat kamu memulai bisnis masakan tradisional.

Memulai bisnis makanan tradisional

Begitu beragamnya masakan tradisional di Indonesia membuat kamu mempunyai banyak pilihan untuk memulai bisnis makanan tradisional. Berikut beberapa hal yang bisa kamu jadikan acuan untuk memulai bisnis makanan tradisional

Modal

Memulai bisnis makanan tradisional tidak terlalu sulit prosesnya dan mudah jika kamu mempersiapkannya dengan baik. Yang membuat bisnis makanan tradisional ini banyak diminati adalah karena kamu tidak memerlukan modal awal yang besar untuk memulai bisnis makanan tradisional kamu. 

Kamu bisa memulai bisnis makanan tradisional dengan sistem home industri atau dimulai dari dapur rumah kamu sehingga tidak memerlukan biaya besar untuk menyewa tempat. 

Jadi siapapun bisa memulai bisnis  makanan tradisional ini, kamu yang kaum mageran pun juga bisa memulai bisnis makanan tradisional ini, kamu bisa bekerja sama dengan orang yang memiliki bisnis makanan tradisional atau memproduksi makanan tradisional dengan sistem reseller ataupun dropship.

Kamu bisa mulai dengan menawarkannya ke teman-teman terdekat kamu, teman sekolah atau teman kampus, teman kantor kamu atau tetangga rumah kamu. 

Kenali Konsumen dan Pasar

Kamu juga harus melakukan riset untuk menentukan siapa yang akan menjadi konsumen makanan tradisional kamu. Contohnya jika kamu tinggal dekat objek wisata terkenal di daerahmu, maka kamu tinggal memanfaatkannya untuk mempromosikan masakan tradisional khas daerah tersebut selain objek wisatanya kepada para wisatawan asing yang berkunjung.

Bahan Baku dan perlengkapan

Makanan tradisional umumnya dibuat dari bahan lokal yang mudah ditemukan dan dicari, karena proses pengolahannya secara sederhana. Kamu bisa mendapatkan bahan-bahan untuk memulai bisnis makanan tradisional kamu dengan membelinya di pasar tradisional di area tempat tinggal kamu, juga dengan peralatan yang dibutuhkan untuk mengolah masakan tradisional kamu.

Demikian beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis makanan tradisional kamu. Jangan lupa gunakan kecanggihan teknologi untuk mempromosikan bisnis kamu lewat media sosial kamu. Selamat mencoba!

Related Posts