Bisakah Membangun Bisnis Tanpa Modal?

Anda tidak selalu memerlukan modal yang banyak agar bisa memulai suatu bisnis. Tapi faktanya, Kadang bisnis juga dapat dimbangun dengan modal yang sediti atau bahkan

Lara Nifa

[addtoany]

Anda tidak selalu memerlukan modal yang banyak agar bisa memulai suatu bisnis. Tapi faktanya, Kadang bisnis juga dapat dimbangun dengan modal yang sediti atau bahkan tanpa menggunakan modal sama sekali. Memulai sebuah bisnis tanpa modal mungkin di awal tampak seperti pemikiran yang dibuat-buat, namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan.

Memang benar bahwa dalam suatu bisnis dalam skala apapun, Anda akan memerlukan hal yang tidak semuanya mengenai uang. Anda mungkin akan butuh yang namanya investor, mitra, serta rencana yang akurat terkait bagaimana Anda memanfaatkan semua yang ada untuk mengembangkan suatu bisnis.

Apalagi hidup dijaman yang sudah sangat modern, begitu banyak hal baru yang dulunya tidak mungkin terjadi, tapi di era yang semuanya sudah serba digital, hal tersebut mungkin-mungkin saja terwujud. Lewat kecanggihan teknologi internet, seorang pebisnis bertemu dengan berbagai macam orang yang mungkin saja satu diantara jutaan orang tersebut dapat berpengaruh di hidup Anda, termasuk untuk mengembangkan suatu bisnis.

Bila Anda berpikir soal bagaimana bisa membangun bisnis tanpa modal, berikut ini merupakan beberapa ide atau cara membangun suatu bisnis tidak menggunakan modal yang bisa Anda ikuti. Nah, untuk ulasan lebih lengkapnya simak artikel ini sampai habis ya.

Berpikir Lebih Jauh untuk Membangun Bisnis Tanpa Modal

1.       Memikirkan Apa yang Dapat Dilakukan hingga Memperoleh Secara Gratis

Mulai untuk memikirkan semua hal penting terkait bisnis yang akan Anda bangun. Apakah bisnis tersebut membutuhkan situs website atau media promosi lain? Apakah jauh lebih masuk akal bila Anda mendesain materi promosi Anda sendiri di Canva? Apakah bisa menukarnya dengan sebuah keahlian atau produk dan sumber daya yang Anda miliki kepada pihak lain sebagai bentuk pengganti pembayaran sejumlah dana?

Bila Anda sudah menemukan berbagai kemungkinan tersebut, berikutnya buat daftar tentang apa saja sekiranya yang Anda butuhkan dalam bisnis tersebut serta kemudian cari tahu alternatif gratis lainnya yang dapat diaplikasikan.

2.       Mengumpulkan Uang Pribadi  Sekitar 6 Bulan Kedepan

Memang, menyangkut rekening tabungan pribadi sebagai modal bisnis tertentu bukanlah kondisi yang ideal. Akan tetapi, hal ini merupakan praktik yang sangat umum dilakukan oleh kalangan pebisnis sukses.

Ketika mereka merancang rencana suatu bisnis, mereka akan menulis secara rinci mengenai berapa banyak uang yang akan digunakan untuk berbelanja kebutuhan serta berapa banyak penghasilan yang kemungkinan akan diperoleh dari bisnis tersebut. Lalu, realistis terhadap berapa lama masa waktu yang diperlukan sebelum Anda memperoleh keuntungan.

Umumnya, membutuhkan sekitar 6 bulan sebelum Anda mulai melihat sendiri arus uang yang masuk, dan buatlah sasaran dalam menghemat pengeluaran hidup sekitar 5 bulan, dengan begitu Anda bisa membagi antara pendapatan pribadi untuk usaha baru Anda tersebut.

3.       Pinjamlah Uang Tambahan dari Keluarga, Kerabat atau Teman

Anda bisa menyasar orang-orang sekeliling Anda, atau orang-orang terdekat ketika melakukan promosi. Anda bisa menggunakan kerabat, keluarga dan teman sebagai suatu sumber daya usaha yang menguntungkan. Walau terlihat sama sekali tidak profesional, tapi memulai bisnis lewat dukungan keluarga merupakan cara paling ekonomis untuk bisa berkembang.

Mintalah umpan balik lewat orang-orang terdekat mengenai bisnis yang saat itu sedang Anda jalankan serta saat Anda sudah siap untuk meluncurkan bisnis. Anda pun bisa menanyakan apakah mereka bisa membantu dengan memberikan pinjaman dana untuk memulai bisnis tersebut. Jangan lupa untuk memastikan melakukan pencatatan seluruh pinjaman secara tertulis serta kapan sekiranya Anda bisa membayar uang yang dipakai kepada mereka. Syukur-syukur bila keluarga atau orang tua Anda memberinya dengan cuma-cuma tanpa harus dibayar.

4.       Mengajukan Pinjaman Usaha Ketika Memerlukan Modal Tambahan

Bila Anda modal lebih banyak serta sudah beroperasi menggunakan anggaran yang terbatas. Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan pengajuan pinjaman usaha kecil. Mulai dari bank hingga aplikasi pinjaman online sudah tersedia untuk menawarkan berbagai bentuk pinjaman usaha kecil ke para nasabah yang sedang mencari dana tambahan hingga dana investasi.

Apabila Anda tidak mencari opsi pinjaman dana sekaligus, Anda bisa mempertimbangkan untuk opsi memilih jalur kredit bisnis. Pilihan ini merupakan opsi terbaik dalam hal memenuhi kebutuhan bisnis seperti membeli item-item yang memang diperlukan dalam menjalankan roda bisnis Anda.

5.       Mencari Investor

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang angel investor. Dimana angel investor umumnya merupakan pihak pertama yang berinvestasi pada bisnis Anda diluar perusahaan. Tidak seperti halnya perusahaan luar atau para pemilik modal ventura lainnya, angel investor menaruh udang pribadinya sendiri.

Mereka pun bisa menjadi sosok mentor terbaik dan dapat dijadikan sebagai mitra bisnis, sebab kebanyakan dari mereka ini merupakan mantan pebisnis yang sudah mengetahui bagaimana cara mengatur pendanaan perusahaan. Apabila Anda ingin bisa atau bahkan sukses membangun usaha tanpa mengeluarkan modal apapun, cobalah untuk menemukan jenis investor seperti ini.

Related Post