Home Regulations Bisa Kirim Uang ke Luar Negeri, Ini Keuntungan Menggunakan Layanan Remittance

Bisa Kirim Uang ke Luar Negeri, Ini Keuntungan Menggunakan Layanan Remittance

by Lara Nifa
Bisa Kirim Uang ke Luar Negeri, Ini Keuntungan Menggunakan Layanan Remittance

Tidak banyak yang mengetahui mengenai istilah dari Remittance yang menjadi layanan transfer berbentuk valuta asing. Dan, bagaimanakah cara kerja dan keuntungan yang bisa didapatkan jika memakai layanan ini? Untuk itu, simak penjelasannya di bawah. 

Pengertian Remittance 

Pernahkah Anda mengetahui istilah ini sebelumnya? Bagi Anda yang tidak tahu, remittance merupakan layanan pengiriman uang atau jasa pengiriman uang  yang dilakukan oleh perorangan maupun  perusahaan dari negara asalnya ke luar dan juga sebaliknya, serta umumnya dilakukan oleh lembaga keuangan misalnya bank dan non-bank. Proses pengiriman uang ini bisa dikatakan lumayan rumit sebab memakan waktu yang lama. 

Hal ini karena sistem perbankan Indonesia mengikuti sistem Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications (SWIFT), berbeda dengan sistem perbankan asing yang mengikuti sistem International Bank Account Number (IBAN). Meski memakan waktu, layanan ini mempunyai banyak sekali keuntungan, terutama bagi perkembangan ekonomi sebuah negara. Misalnya, uang yang dikirim oleh TKI yang bekerja di luar negeri merupakan sumber pendapatan yang baik bagi negara.

Cara kerja Remittance

Layanan remittance ini mempunyai mekanisme sendiri yang diberlakukan ke seluruh bank dengan cara yang hampir sama. Lengkapnya, cara kerja remittance yaitu seperti berikut ini:

  • Pertama pengirim dapat pergi ke bank yang menawarkan layanan remittance.  
  • Kemudian mereka dapat meminta formulir untuk diisi. Memberikan informasi yang  lengkap dan benar mengenai jumlah uang atau nilai nominal  yang akan dikirim, identitas penerima dan pengirim, hingga bank tujuan penerima kiriman uang itu. 
  • Setelah formulir lengkap terisi, selanjutnya yaitu bank mulai memproses permintaan remittance yang berbentuk valuta asing melewati debit tabungan valas milik pengirim jika pengirim memiliki status menjadi nasabah. Jika bukan nasabah, jumlah uangnya akan dikonversi ke bentuk valuta asing terlebih dahulu.
  • Bank pengirim memproses permintaan transfer dengan bank koresponden sebagai penghubung dengan bank tujuan untuk penerima uang 
  •  Bank tujuan menerima transfer dan diberikan ke penerima sesuai perintah dari pengirim. 

Keuntungan menggunakan Remittance 

Pastikan untuk memakai layanan pengiriman uang ke luar negeri yang sudah terpercaya dan dilindungi oleh Bank Indonesia (BI). Proses pengiriman uang harus berjalan dengan lancar dan aman. Berikut adalah manfaat memakai remittance ini yang dapat berdampak untuk masyarakat dan negara. 

Untuk negara 

  • Dapat menjadi sumber penghasilan bagi sebuah negara untuk berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi negara.
  •  Ketika suatu negara mengalami krisis, kementerian ini dapat membantu sebab penghasilan dari layanan terbilang sangat stabil dan jumlah yang besar. 

Untuk masyarakat

  • Menyediakan layanan  pengiriman uang internasional atau luar negeri untuk memudahkan pengiriman uang kepada keluarga atau anak-anak yang belajar di luar negeri.
  • Prosesnya sederhana, aman dan fleksibel, sebab dapat dilakukan lewat website dan transfer biaya juga terbilang rendah dibandingkan dengan layanan transfer lainnya. 
  • Keamanan bertransaksi juga sudah terjamin sebab dilindungi langsung oleh Bank Indonesia dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Kekurangan Remittance 

Berkembangnya perbankan secara digital ini menjadikan sejumlah bank saat ini mempunyai layanan transfer uang dengan lebih mudah, praktis dan tidak memungut biaya. Hal tersebut menjadikan sejumlah orang akhirnya meninggalkan layanan Remittance ini dan menggunakan layanan perbankan digital sebab terdapat sejumlah kekurangan seperti: 

  • Layanan ini mempunyai biaya admin hingga mencapai US$25 jadi masyarakat yang menggunakannya merasa keberatan dengan biaya yang mahal ini. 
  • Proses pengiriman yang lama, umumnya bisa memakan waktu sampai 1 hingga 2 hari. Tentunya untuk orang yang sedang membutuhkan uang dengan cepat, layanan ini tidak membantu. 

Jenis-jenis Remittance 

Seperti halnya transaksi keuangan biasanya, remittance mempunyai dua jenis, yaitu pengirim dan penerima. Proses ini dapat berlangsung dalam dua arah, yaitu dari dalam ke luar dan dari luar ke dalam. Oleh sebab itu, layanan remittance juga dibagi menjadi dua jenis: 

  • Outgoing (Pengiriman uang ke luar negeri) 

Outward remittance merupakan layanan yang memungkinkan siapa saja untuk mengirim atau mentransfer uang dari (Indonesia) ke bank asing dengan bentuk mata uang asing. Layanan ini sering dipakai oleh orang Indonesia yang ingin mengirim uang ke keluarganya yang berada di luar negeri. Pelajar yang ingin kuliah di luar negeri seringkali mendapat uang saku dari keluarganya. 

Meski tidak semua, sebagian besar bank nasional sudah menawarkan jenis layanan pengiriman uang ini. Anda harus mengetahui keunggulan masing-masing produk  layanan ini di bank sebelum memakainya. 

  • Incoming remittance (Pengiriman uang dari luar negeri) 

Incoming remittance ini merupakan layanan sebaliknya dari layanan yang ada di atas. Layanan ini adalah sebuah layanan pengiriman dari luar negeri yang berbentuk mata uang asing yang ditujukan untuk dikirim ke rekening bank yang ada di dalam negeri. 

Related Posts