Home Perencanaan Biaya Tes TOEFL dan Tips Agar Lulus dengan Skor Tinggi

Biaya Tes TOEFL dan Tips Agar Lulus dengan Skor Tinggi

by Lara Nifa
Biaya Tes TOEFL dan Tips Agar Lulus dengan Skor Tinggi

Sangat penting untuk mengetahui biaya untuk mengikuti tes TOEFL yang perlu Anda persiapkan agar bisa memperoleh sertifikat bahasa Inggris. Karena berbagai universitas dan beasiswa yang ada di dalam dan luar negeri mewajibkan pelamar mempunyai sertifikat tes TOEFL bahasa Inggris dengan jumlah poin tertentu. 

Bahkan, di sejumlah pilihan pekerjaan juga mewajibkan pelamarnya mempunyai sertifikat tes TOEFL. Tujuan adanya tes TOEFL bahasa Inggris ini untuk mengetahui sejauh mana Anda bisa berkomunikasi, menulis dan paham tentang bahasa Inggris dari lisan hingga tulisan dengan bahasa Inggris. 

Berikut adalah informasi tentang biaya tes TOEFL, serta beberapa tips untuk membantu Anda lulus dan memperoleh poin yang baik.

Biaya tes Toefl 

Biaya untuk mengikuti tes TOEFL di sejumlah lembaga pendidikan mempunyai harga yang berbeda-beda yakni mulai dari Rp 500 ribu sampai jutaan. Di bawah ini biaya tes TOEFL berdasarkan jenis-jenisnya. 

  • ITC Indonesia = Rp 3.382.000 (IBT) 
  • ETS = Rp 2.886.400 (IBT) 
  • Alfalink English Test Center = Rp 2.886.400 (IBT) 
  • Sun Education Group = Rp 2.675.485 (IBT) 
  • Balai Bahasa Upi Bandung = Rp 500.000 
  • Pusat Bahasa FIB Univ. Airlangga = Rp 510.000 
  • Lembaga Bahasa Internasional = Rp 575.000
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan
  • Budaya Universitas Indonesia

Harus Anda ingat jiwa biaya di atas ini dapat berubah-ubah tergantung dengan kebijakan dari perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan penyelenggara. Untuk itu, pastikan Anda mengontak setiap lembaga pendidikan agar bisa mengetahui berapa biaya untuk tes TOEFL yang pasti.

Cara lulus tes TOEFL 

Untuk memastikan biaya tes TOEFL yang Anda keluarkan tidak gratis dan Anda lulus tes bahasa Inggris dengan bagus, Anda bisa mengikuti kiat-kiat  ini sebelum mengikuti tes bahasa Inggris. Anda dapat mengikuti tips dan strategi ini setidaknya 3-6 bulan sebelum mengikuti tes bahasa Inggris. Kiat-kiat ini meliputi:

Strategi dan tips ini dapat Anda lakukan 3 sampai 6 bulan sebelum melakukan tes TOEFL bahasa inggris. Beberapa caranya seperti berikut ini:

  • Setelah Anda memutuskan berapa lama untuk mempersiapkan diri, latih diri Anda untuk berbicara bahasa Inggris kepada orang-orang terdekat Anda. 
  • Kunci untuk aktif berkomunikasi dengan bahasa Inggris adalah menguasai tata bahasa yang baik. Ini adalah bagian tersulit. Untuk itu kamu harus mempelajarinya dengan serius, ya! 
  • Pelajari juga ungkapan atau idiom dalam bahasa Inggris sehingga pemahaman Anda tidak terbatas pada arti setiap kata dalam setiap kalimat bahasa Inggris. 
  • Tidak hanya keterampilan verbal, tetapi juga non-verbal atau menulis dengan bahasa Inggris. Mulailah dengan menulis 5-6 kalimat menggunakan bahasa Inggris. 
  • Selain tata bahasa, penting sekali untuk memperluas kosakata Anda. Untuk melakukan ini, baca artikel atau berita dalam bahasa Inggris. 
  • Terakhir, sebelum  tes bahasa Inggris yang sebenarnya, Anda dapat mengikuti tes simulasi kecakapan bahasa Inggris. Tujuannya supaya Anda terbiasa dengan bentuk pertanyaan saat mengikuti tes bahasa Inggris.

Materi yang harus dikuasai 

Supaya biaya ujian TOEFL yang Anda keluarkan tidak gratis, Anda perlu mempersiapkan diri dengan lebih baik dan  berbahasa Inggris. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan mempelajari tiga materi penting ini, yaitu percakapan, tata bahasa dan kosa kata, serta bahan bacaan. Ketiga materi utama ini umumnya tersedia untuk siswa yang mahir berbahasa Inggris selama kursus kemahiran bahasa Inggris atau tes latihan.

  • Speaking 

Ketika berpartisipasi dalam kursus atau berlatih bahasa Inggris, keterampilan bahasa merupakan yang terpenting. Fokus pelatihan adalah bagaimana menjawab soal-soal dalam tes lisan sesuai dengan waktu yang diberikan. 

  • Grammar 

Materi grammar dan vocabulary akan melatih kemampuan Anda dalam menjawab berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan pemakaian kalimat yang benar saat menggunakan bahasa Inggris. Jika Anda mempelajari tata bahasa dan kosa kata tanpa menyadarinya, tata bahasa dan kosa kata Anda akan bertambah. Anda akan mempersiapkan diri untuk tes TOEFL dan tes bahasa Inggris lainnya.

  • Reading 

Materi  terakhir yang satu ini tentunya akan melatih kemampuan Anda membaca menggunakan bahasa Inggris secara cepat. Anda akan diberikan serangkaian pertanyaan dalam bahasa Inggris yang akan mencakup setidaknya tiga sampai empat paragraf. Jangan abaikan membaca. Anda akan diajarkan untuk membaca bahasa Inggris secara cepat dan akurat dalam jangka waktu yang ditentukan.

Keuntungan mengikuti tes TOEFL 

Selama ini kita hanya membicarakan biaya tes TOEFL tanpa mengetahui apa tujuan sebenarnya dari tes bahasa Inggris itu. Padahal kita tinggal di Indonesia. Ini bukan hanya tes kemampuan bahasa Inggris. Terdapat banyak sekali pendaftaran yang memerlukan sertifikat tes bahasa Inggris, seperti tes TOEFL, diantaranya: 

  1. Syarat masuk dan mendapatkan beasiswa di luar negeri. 
  2. Syarat melamar kerja di sebuah perusahaan yang mewajibkan memiliki hasil test TOEFL. 
  3. Syarat untuk dipromosikan untuk naik jabatan jika bekerja di instansi pemerintahan. 

Related Posts