Home Perencanaan Biaya Sekolah Pilot

Biaya Sekolah Pilot

by Lara Nifa
biaya sekolah pilot

Pilot menjadi salah satu cita – cita yang dibayangkan oleh anak – anak. Tidak beda pula untuk orang dewasa. Pilot adalah salah satu pekerjaan yang paling diinginkan karena memiliki gaji yang besar. Tentunya sebelum menjadi pilot, Anda  harus menjalani pendidikan sekolah pilot dahulu. Namun Anda  tahu nggak sih berapa Biaya Sekolah Pilot yang harus Anda  siapkan? Simak terus artikel ini ya. Kita akan membahas biaya yang harus Anda  sediakan jika ingin menjadi pilot.

Pilot merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang bekerja dalam mengoperasikan pesawat terbang. Pilot hanya berfokus bekerja dengan alat transportasi pesawat mulai dari persiapan terbang, ketika di udara, hingga proses mendarat yang aman.

  • Biaya Sekolah Pilot 

Pasti Anda  tahu kalau biaya sekolah pilot itu sangat mahal. Tahukah Anda  kenapa biaya sekolah pilot sangat mahal? Ini dikarenakan peralatan yang digunakan juga sangat mahal. Sekolah pilot dipenuhi dengan peralatan – peralatan berteknologi tinggi. Selain itu , untuk tenaga pendidiknya pasti orang yang memiliki gelar lulusan terbaik dan sudah mempunyai pengalaman bertahun – tahun.

  1. Deraya Flying School

Biaya sekolah di Deraya Flying School untuk masa pendidikan selama 1,5 tahun sebesar Rp 855.000.000,- dan untuk masa pendidikan selama 2 tahun sebesar Rp 1.000.000.000,-. Lisensi yang akan didapat : lisensi MER, IR, CPL, dan PPL

  1. Nusa Flying School

Biaya sekolah di Nusa Flying School yang harus disiapkan dengan masa pendidikan selama 1,5 tahun adalah sebesar Rp 827.000.000,- hingga Rp 830.000.000,-. Lisensi yang akan didapat : lisensi IR, CPL, PPL.

  1. Aero Flyer Institute

Biaya sekolah di Aero Flyer institute dengan menempuh masa pendidikan selama 2 tahun adalah sebesar Rp 845.000.000,- hingga Rp 850.000.000,-. Lisensi yang akan didapat : lisensi MER, IR, CPL, PPL.

  1. Bali Internasional Flight Academy

Biaya sekolah di Bali International Flight Academy dengan masa pendidikan selama 1,5 tahun adalah sebesar Rp 670.000.000,- hingga Rp 700.000.000,-. Lisensi yang akan didapat : lisensi IR, CPL, PPL .

  1. Bandung Pilot Academy

Biaya sekolah di Bandung Pilot Academy dengan masa pendidikan 1 tahun adalah sebesar Rp 845.000.000,- hingga Rp 850.000.000,-. Lisensi yang akan didapat : lisensi MER, IR, CPL, PPL.

  1. Genesa Flight Academy

Biaya sekolah di Genesa Flight Academy dengan masa pendidikan 1 tahun 2 bulan adalah sebesar Rp 913.000.000,- hingga Rp 930.000.000,-. Lisensi yang akan didapat : lisensi MER, IR, CPL, PPL.

  1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Biaya sekolah di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) dengan program pendidikan D3 dan D4 adalah sebesar Rp 65.150.000,- hingga Rp 88.350.000,-. 

sekolah pilot

  • Lisensi Pilot Yang Harus Diketahui

Lisensi – lisensi pilot yang harus Anda  ketahui adalah sebagai berikut:

  1. MER (Multi-Engine Rating)

MER atau Multi-Engine Rating merupakan lisensi atau izin terbang yang khusus untuk menerbangan pesawat multi-engine atau pesawat bermesin ganda atau banyak. Resiko yang diperoleh pemegang lisensi ini lebih tinggi karena kinerja mesin – mesinnya harus selalu seimbang dan dalam menerbangkan pesawat bermesin ganda ini harus memiliki kinerja dan kecepatan yang lebih baik dan cepat. Dengan memiliki lisensi ini, Anda  juga dapat menjadi instruktur sekolah pilot.

  1. IR (Instrument Rating)

Instrument rating atau disingkat IR merupakan lisensi terbang tambahan yang melengkapi CPL untuk pilot yang sudah professional, di mana pilot boleh atau bisa menerbangkan pesawat baik pada saat siang atau malam hari dengan kondisi cuaca buruk atau dalam kondisi serta situasi apapun yang  mampu menghalangi penglihatan, namun tetap berada di bawah IFR dan VER.

  1. CPL (Commercial Pilot License)

CPL atau Commercial Pilot License merupakan lisensi atau surat izin untuk bisa menerbangkan pesawat komersial yang membawa penumpang setelah sebelumnya melalui jam terbang selama 200 jam (berlaku di Indonesia). Pilot berlisensi CPL ini masih dibatasi untuk jam terbang dan jarak tempuhnya apabila belum memiliki lisensi IR (Instrument Rating).

  1. PPL (Private Pilot License)

PPL atau Private Pilot License adalah lisensi paling awal yang diperoleh bagi siswa untuk dapat menerbangkan pesawat dengan mesin tunggal agar dapat memenuhi kebutuhan pribadi setelah melalui jam terbang selama 60 jam (berlaku di Indonesia). 

Pilot yang memegang lisensi ini dapat menerbangkan helikopter dan pesawat jet yang diperuntukan untuk rekreasi atau bisnis pribadi. Namun hanya boleh menerbangkan selama siang hari saja. Pemegang untuk lisensi PPL tidak dapat dipekerjakan oleh maskapai penerbangan atau operator penerbangan di mana pun atau untuk penerbangan yang dibayar

Demikian pembahasan mengenai Pendidikan sekolah pilot yang Anda  perlu tahu. Biaya Sekolah Pilot memang sangat mahal namun jangan menjadikan penghalang untuk meraih cita – cita menjadi pilot. Anda  bisa mulai merencanakan dan mempersiapkan dengan matang. Karena perlu Anda  tahu bahwa sekarang ini banyak pendidikan sekolah pilot yang menawarkan program beasiswa. Selalu semangat, ya.

Related Posts