Home Perencanaan Biaya Sekolah Paket C dan Syarat Pendaftarannya

Biaya Sekolah Paket C dan Syarat Pendaftarannya

by Lara Nifa
biaya sekolah paket C

Pernahkah mendengar tentang sekolah paket C? Program paket C adalah program pendidikan kesetaraan Sekolah Menengah Atas atau SMA. Di mana biasanya program kesetaraan ini diikuti dari usia muda bahkan yang sudah mencapai 40 tahunan. Adanya program paket C ini sendiri diperuntukan bagi masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan ijasah setara SMA. Lalu bagaimana syarat pendaftaran dan juga biaya sekolah paket C ini? Mari simak ulasan berikut ini. 

  • Tentang Pendidikan Paket C 

Sebelum masuk ke dalam syarat serta biaya yang diperlukan, ada baiknya Anda mengetahui secara garis besar tentang pendidikan paket C ini. Secara garis besar, paket C sendiri adalah pendidikan tidak formal, berbeda dengan sekolah pada umumnya. Di mana yang mengikuti pendidikan ini sendiri dari jenjang usia yang beragam. 

Program yang satu ini sendiri diselanggarakan di bawah naungan lembaga miliki pemerintah bernama PKBM. Pada awalnya lembaga ini sendiri diperuntukan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan tapi terkendala biaya, namun perkembangannya sekarang siapa saja bisa mendaftar untuk bisa mendapatkan ijasah setara sekolah formal. 

Program pendidikan ini juga tidak hanya untuk Paket C yang setara dengan SMA, tapi juga ada paket A yang setara dengan sekolah dasar serta paket B yang setara dengan SMP. Siapapun bisa mendaftar pada program paket pendidikan kesetaraan ini, walaupun sudah bukan usia produktif lagi. Sehingga memang paket ini menjadi pembuka jalan agar pendidikan di Indonesia dapat merata. 

biaya sekolah

Waktu pendidikannya pun sedikit berbeda bagi yang sudah diluar usia produktif, di mana bagi yang berumur di atas usia sekolah akan bersekolah selama 4 semester saja atau dua tahun dan hanya perlu datang seminggu 3 kali. 

Sedangkan untuk yang masih umur produktif akan menjalani masa pembelajaran sama dengan sekolah formal yaitu 6 semester ataupun 3 tahun. Tapi, sama dengan sebelumnya, di mana waktu kedatangan juga hanya 3 kali dalam seminggu dan bisa disesuaikan dengan keinginan siswa yang mendaftar. Pembelajaran sendiri bisa dilakukan secara online atau dengan datang langsung ke PKBM terdekat. 

Syarat Pendaftaran Paket C 

Sebelum Anda mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar program pendidikan kesetaraan ini, ada baiknya mengetahui syarat apa saja yang dibutuhkan. Berikut ini adalah syarat untuk bisa sekolah paket C: 

  • Ikut PKBM 

Syarat pertama agar Anda bisa mengambil sekolah paket C ini adalah mencari PKBM. Lembaga yang berada di bawah naungan kementrian pendidikan dan kebudayaan ini sendiri sudah tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Sehingga mudah sekali ditemukan, di mana jika Anda sulit menemukan bisa mencari lembaga PKBM terdekat melalui internet. 

  • Menyiapkan dokumen yang diperlukan 

Sama seperti saat mendaftar sekolah, apabila Anda ingin mendaftar program paket C ini, maka ada dokumen yang diperlukan. Pada dasarnya dokumen yang dibutuhkan di PKBM setiap daerah hampir sama, walau ada beberapa yang memberikan persyaratan tambahan. 

Namun, kebanyakan PKBM meminta Anda untuk membawa ijazah asli, pas foto berwarna ukuran 3×4 dengan menggunakan kemeja putih lengan panjang dan mengisi formulir pendaftaran dari PKBM. Formulir ini sendiri bisa didapatkan dari website PKBM tempat Anda mendaftar atau dengan langsung datang ke alamat PKBM terdekat. 

  • Kirim dokumen 

Apabila seluruh dokumen sudah siap, maka Anda bisa langsung mengirimkannya dengan cara langsung atau melalui email. Apabila memang tidak ada PKBM yang dekat dengan Anda, bisa mengirimkan seluruh dokumen melalui email. Anda juga dapat mengirimkan email dengan jasa pengiriman. Tapi, bagi Anda yang dekat dengan lokasi PKBM, maka bisa datang langsung untuk menyerahkan seluruh dokumen pendaftaran. 

  • Waktu pendaftaran 

Perlu dicatat, bahwa PKBM tidak membuka pendaftaran setiap hari. Di mana ada dua periode yang perlu Anda catat ketika ingin ikut sekolah paket C ini. Walaupun tanggal pendaftaran setiap PKBM tidaklah sama, namun kebanyakan pendaftaran dibuka pada bulan Juni dan Oktober. Sehingga, bagi Anda yang memang ingin mendaftar lebih baik mencari tahu kapan PKBM yang dipilih membuka pendaftaran. 

Biaya Sekolah Paket C 

Setelah melihat syarat apa saja yang dibutuhkan ketika ingin mendaftar sekolah paket C, maka selanjutnya adalah mengetahui besaran biayanya. Perlu diingat bahwa ada beberapa PKBM yang menetapkan tidak ada biaya sama sekali, namun tidak semua PKBM gratis. Perkiraan biaya untuk sekolah paket C ini sendiri tergantung dari di mana tempat pembelajaran yang Anda pilih. Karena setiap PKBM mempunyai sistem pembayaran yang berbeda-beda. 

Biaya yang perlu Anda persiapkan ketika ingin mendaftar sekolah paket C adalah biaya pendaftaran serta pendidikannya. Biaya pendaftaran sendiri biasanya akan dikenakan sekitar 50 ribu hingga 200 ribu rupiah. Adapun lembaga yang tidak meminta biaya pendaftaran sama sekali. 

Sedangkan untuk biaya bimbingan, bagi jurusan IPS adalah sekitar 3 juta rupiah dan untuk jurusan IPA sekitar 5 juta rupiah. Di mana biaya tersebut bisa diangsur selama 10 bulan tergantung dari kebijakan PKBM. Adapun lembaga PKBM yang menetapkan biaya per bulan, di mana biayanya sekitar 250 ribu rupiah. 

Perkiraan biaya yang akan diberikan ini sendiri hanya bisa Anda jadi patokan saja. Karena setiap lembaga PKBM bekerja sama dengan swasta, sehingga biaya sekolah paket C tergantung kebijakan dari masing-masing lembaga PKBM.

Related Posts